Sukses

15 Macam Ikan Hias Air Laut yang Paling Diminati Beserta Cara Meliharanya yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Macam ikan hias air laut sering menjadi buruan para kolektor ikan. Pasalnya ikan hias air laut memiliki warna dan karakteristik tersendiri untuk menarik hati para pecintanya. Memelihara ikan hias air asin mempunyai seni tersendiri karena tak cuma memadukan warna indah dari ikan hias air asin, tapi juga merangkai hiasan akuarium menjadi seperti pemandangan dalam laut atau biasa disebut dengan aquascape.

Beragam macam ikan hias air asin bisa Anda dapatkan dan dipelihara dengan mudah di rimah, asalkan paham tentang cara memeliharanya yang tepat. Memelihara ikan hias air laut tidaklah semudah memelihara ikan hias air tawar. Dibutuhkan banyak peralatan dan perlengkapan yang mumpuni untuk memelihara ikan jenis tersebut. Untuk itu harus pintar-pintar dalam memilih ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara.

Ada berbagai macam ikan hias air asin yang bisa Anda rawat dengan mudah dan sering diminati para kolektor ikan hias adalah clown fish, lion fish, butterfly fish, dan masih banyak yang lainnya. Memelihara ikan hias air laut memang dibutuhkan niat yang serius dan telaten.

Berikut ini penjelasan mengenai macam ikan hias air laut beserta cara merawatnya yang tepat, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021).

2 dari 5 halaman

Macam-macam Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

1. Clown Fish

Macam ikan hias air laut bernama Clown Fish atau biasa disebut Ikan Badut ini pasti sudah sering Anda lihat karena merupakan pemeran utama dalam film Finding Nemo. Untuk dapat merawat ikan ini cukup mudah, paling Anda hanya membutuhkan terumbu karang di aquarium agar mereka terasa nyaman.

2. Lion Fish

Macam ikan hias air laut ini cukup unik karena memiliki ornamen-ornamen pada tubuhnya yang berbentuk seperti duri. Untuk dapat memelihara ikan ini, Anda perlu untuk memperhatikan ikan mana saja yang bisa Anda campur dengan lion fish karena mereka mempunyai makanan ikan berbeda.

3. Butterfly Fish

Macam Ikan hias air laut ini memiliki bentuk dan corak bergaris hampir menyerupai sayap kupu-kupu oleh karena itu dinamakan Butterfly Fish. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.

4. Dottyback

Macam ikan hias air laut jenis dottyback adalah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis dan sub tropis indo pasifik yang terkenal memiliki terumbu karang sangat melimpah. Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut indonesia, jadi sangat direkomendasikan memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.

5. Neon Tetra

Neon Tetra merupakan macam ikan hias air laut yang dikenal dengan kekhasan warna keemasan bergaris tipis berwarna biru menyerupai lampu neon dibagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

6. Yellow Tang

Yellow tang merupakan macam ikan hias air laut mudah dipelihara dan cocok bagi pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut. Ikan hias air laut Yellow Tang merupakan jenis paling aktif bergerak dalam keluarga Tang.

7. Blue Tang

Paracanthurus hepatus merupakan nama ilmiah dari ikan hias air laut blue tang. Blue tang juga dikenal dengan nama botana. Ikan botana juga terkenal sebagai karakter ikan bernama “Dory” dalam film “Finding Nemo”. Anda juga bisa menyampurkan blue tang dengan clown fish dalam satu aquarium.

8. Watchman Goby

Watchman Goby adalah macam ikan air laut yang mudah dirawat selanjutnya. Memiliki banyak pilihan warna seperti pink spotted dan bluespotted, ikan air asin satu ini cocok dipelihara untuk pemula karena daya tahannya yang baik.

9. Doctor Fish

Sesuai dengan namanya, macam ikan air laut satu ini bermanfaat untuk membantu menyembuhkan ikan hias air asin lain yang terserang jamur di akuarium milik Anda. Dengan warna yang cukup menarik, ikan hias air asin satu ini terkenal ramah dengan ikan lainnya sehingga cocok untuk dipelihara pemula.

10. Blue Devil

Ikan Blue Devil yang memiliki nama ilmiah Paraplesiops Bleeker adalah pilihan ikan hias air asin lainnya yang bisa jadi pilihan untuk hiasi aquarium air laut yang ada di rumah Anda. Warna kebiruan dengan corak berbintik putih menjadi daya tarik utama dari ikan air laut satu ini. Meski mudah dipelihara, ikan hias satu ini lebih baik dipelihara di aquarium berukuran besar dengan banyak ornamen karang karena habitat asli dari ikan laut ini adalah berada di dasar laut rendah berkarang.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

11. Mandarin Fish

Kerap dijuluki “Naga Cina”, Mandarin Fish merupakan salah satu spesies ikan hias air laut yang populer akan keindahan warnanya. Ikan air laut ini dikenal juga berfisik kuat dan memiliki daya tahan yang baik. Namun, Mandarin Fish memerlukan makanan hidup sehingga bagi Anda yang ingin memelihara macam ikan hias air laut ini harus memiliki perhatian ekstra dalam soal makanan.

12. Firefish

Macam ikan hias untuk aquarium air laut selanjutnya terkenal akan sifatnya yang aktif dan gesit. Tubuhnya yang mungil dengan warna yang cukup mencolok menjadi nilai lebih dari ikan laut satu ini. Sifatnya yang tidak konfrontatif juga membuatnya bisa digabung dengan berbagai ikan hias air laut kesayangan lainnya. Firefish sendiri mengonsumsi alga dan juga zooplankton, sehingga membuatnya menjadi salah satu ikan hias untuk aquarium air laut yang mudah dipelihara.

13. Angelfish

Jenis ikan angelfish bukan hanya untuk ikan hias air tawar saja. Ada juga nama angelfish untuk ikan hias air laut. Macam ikan hias air laut ini memiliki wajah yang lebih cerah dari pada tubuhnya. Pada wajah ikan hias air laut ini terdapat corak biru dan ada pula warna kuning. Hal itulah yang menyebabkan ikan hias air laut yang satu ini disebut sebagai Blueface angelfish atau yellowface Angelfish.

14. Banggai

Sesuai namanya, ikan hias air laut banggai berasal dari Banggai Indonesia. Ikan hias air laut banggai termasuk ikan hias yang cukup terkenal, dan merupakan ikan hias air laut yang hampir punah di habitatnya. Disebabkan adanya penangkapan ikan yang berlebihan. Saat ini ikan hias air laut banggai dikembangbiakkan di penangkaran ikan secara teratur. Baik ikan hias air laut banggai betina maupun ikan jantan akan saling menjaga telur ikan dengan bergantian.

15. Chalk Bass

Macam ikan hias air asin berpola unik, yakni ikan chalk bass. Bagi Anda yang baru memulai pengalaman untuk memelihara ikan air asin, jenis ikan cocok untuk Anda. Selain tahan banting dengan pergantian ekosistem, ia juga tidak mudah terkena penyakit. Bahkan, ia tetap mampu bertahan walaupun kondisi air akuarium tidak optimal.  Walaupun begitu, bukan berarti Anda bisa sembarangan memelihara ikan jenis ini. Jangan terlalu banyak memelihara ikan chalk bass dalam akuarium, seringkali mereka melakukan perebutan teritori yang bisa menyebabkan ikan lainnnya terganggu. 

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Ikan Hias Air Laut

Memelihara ikan hias air laut di akuarium itu gampang-gampang susah. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar ikan hias air laut menjadi nyaman hidup di dalam akuarium. Berikut yang harus Anda perhatikan, diantaranya :

1. Memperhatikan suhu air

Jangan pernah meremahkan suhu air di akuarium, karena ikan hias air laut sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Bila Anda meremehkan maka akibatnya ikan hias Anda akan mati. Suhu air yang baik untuk akuarium ikan hias air laut adakah 23-28 derajat celsius.

2. Menjaga kondisi pH

Anda juga harus memperhatikan derajat keasaman atau Ph. Anda bisa melakukannya dengan alat yang bisa didapatkan di toko penjualan ikan.

3. Perhatikan tingkat derajat keasinan

Untuk tetap hidup dengan baik, ikan hias air laut membutuhkan air dengan derajat keasinan yang tepat. Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan alat bernama hydrometer atau refraktometer.

4. Bersihkan akuarium secara rutin

Membersihkan akurium air laut tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus benar-benar membersihkannya hingga jernih. Ada banyak teknik dan cara membersihkan akuarium air laut yang benar.

5. Bersihkan juga kaca akuarium

Bersihkan kaca akuarium bagian dalam dan luar menggunakan lap bersih. Setelah semua bersih, tuang lagi akuarium dengan air laut yang baru.