Sukses

6 Ruangan Rahasia dalam Pesawat Ini Hanya Bisa Digunakan Pilot, Jarang Diketahui

Salah satu ruangan di dalam pesawat adalah ruangan untuk istirahat.

Liputan6.com, Jakarta Pesawat merupakan salah satu transportasi yang sering digunakan banyak orang. Pesawat pun banyak jenisnya, bahkan untuk pesawat jarak dekat dan jarak jauh terdapat banyak perbedaan yang jarang diketahui penumpang.

Setiap pesawat tentunya mempunyai ruangan khusus yang hanya bisa digunakan oleh awak pesawat. Ruangan-ruangan tersebut tentunya jarang diketahui penumpang karena letaknya yang tersembunyi dan tidak semua penumpang tahu bahwa ada ruangan dalam pesawat tersebut.

Sementara untuk pesawat jarak jauh biasanya akan ada ruangan khusus untuk penumpang, seperti kamar misalnya. Selain itu tentunya banyak fasilitas lainnya yang bisa memanjakan penumpang ketika tempuh perjalanan jauh.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang ruangan rahasia dalam pesawat yang jarang diketahui dan hanya bisa digunakan oleh pilot, Kamis (17/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kamar Tidur

Ruangan rahasia pertama yang hanya bisa digunakan oleh pilot adalah kamar tidur. Saat melakukan penerbangan jarak jauh atau penerbangan lebih dari 6 jam, awak pesawat juga perlu istirahat, seperti halnya pramugari. Jadi biasanya ada 2 kamar tidur tersembunyi di mana para kru bisa tidur siang ketika mereka kelelahan.

Satu area tidur terletak di bagian depan pesawat, dan yang lainnya berada di bagian belakang. Kamar tersebut memiliki beberapa tangga naik ke arah mereka, dan sering menyamar sebagai ruang penyimpanan.

3 dari 7 halaman

2. Kamar Mandi Khusus

Pada gambar memang terlihat seperti kamar tidur. Namun terdapat pancuran yang terletak berdekatan dengan kamar tidur tersebut di mana kru dapat menyegarkan diri setelah bangun tidur. Kamar mandi dengan shower biasanya ditemukan di pesawat komersial yang lebih besar.

Melansir dari Brightside, selama 14-16 jam perjalanan seluruh kru pesawat yang bekerja tentunya butuh istirahat. Jadi, selama penerbangan panjang ini, selalu ada kru tambahan di pesawat untuk menggantikan yang sedang istirahat dan waktu istirahat wajib bagi semua kru penerbangan.

4 dari 7 halaman

3. Masker Oksigen Pilot

Dalam ruangan rahasia yang hanya bisa digunakan oleh pilot, terdapat masker oksigen yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Dalam beberapa keadaan darurat, misalnya, ketika pesawat tidak bertekanan baik, semua orang membutuhkan oksigen dari suatu tempat. Penumpang punya masker oksigen sendiri, begitu juga dengan pilot.

Pada kokpit, ada topeng khusus yang terletak di sisi kiri setiap pilot. Masker pilot tersebut sedikit lebih kompleks daripada yang ada di kabin dan juga bertahan lebih lama karena pilot harus bisa menyelesaikan masalah dan mendarat dengan aman.

5 dari 7 halaman

4. Kamera Video

Tempat pengemudi pilot memang hanya bisa dijangkau oleh pilot. Tentu saja ruangan tersebut disebut ruangan khusus, karena penumpang tak pernah tahu bagaimana keadaan ruangan tempat mengemudi tersebut.

Dalam ruangan tersebut terdapat kamera video. Pilot berkomunikasi sepanjang waktu dengan pengontrol menara udara untuk memverifikasi semua detail penerbangan, tetapi beberapa kokpit juga memiliki kamera video yang merekam pilot.

Awak pesawat juga harus mengetahui hal ini, dan juga mencatat semua data penerbangan. Paslanya, hasil dari rekaman menggunakan kamera video bisa diperiksa nanti karena berbagai alasan.

6 dari 7 halaman

5. Tali Pelarian untuk Evakuasi Pesawat

Ruangan yang hanya bisa digunakan pilot terdiri dari alat-alat penting. Pada setiap kokpit terdapat 2 tali yang dapat digunakan untuk mengevakuasi pesawat melalui jendela. Panjang tali tersebut beberapa meter dan juga diikat. Ini membantu pilot untuk meluncur ke bawah dengan lebih mudah.

7 dari 7 halaman

6. Jendela Geser

Jendela geser tersebut berhubungan dengan tali pelarian yang digunakan untuk mengevakuasi pesawat. Untuk menggunakan tali pelarian, tali tersebut harus mengevakuasi pesawat melalui cara lain jika pintu bukan pilihan.

Untuk opsi lainnya adalah 2 jendela geser di setiap sisi pilot yang terbuka ke dalam. Jendela geser digunakan sebagai sarana evakuasi jika terjadi keadaan darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.