Sukses

Manfaat Daun Binahong untuk Luka dan Kesehatan Lainnya, Simak Cara Mengolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun binahong untuk luka merupakan khasiat paling populer yang sudah diterapkan sejak lama. Daun binahong disebut sebagai penyembuh luka alami. Memiliki julukan obat tradisional, manfaat daun binahong untuk luka adalah ahlinya menyembuhkan infeksi luka di kulit termasuk luka bakar.

Hasil penelitian manfaat daun binahong untuk luka, dijelaskan salep yang mengandung 5 persen ekstrak daun Anredera cordifolia ini terbukti efektif untuk terapi luka bakar topikal pada subjek tikus. Namun demikian, untuk mengetahui efektivitas manfaat daun binahong untuk luka pada manusia, masih perlu penelitian lebih dalam.

Daun Anredera cordifolia atau binahong ini sebetulnya tak hanya ahli menyembuhkan luka, masih ada segudang manfaat daun binahong untuk kesehatan yang bisa diandalkan. Mulai dari mencegah diabetes, menjaga ginjal, mengontrol asam urat, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa merasakan berbagai manfaat daun binahong, cara mengolahnya harus dipahami dan jangan asal mengonsumsi. Selain dibuat ramuan jamu, daun binahong bisa dijadikan jus sekaligus tumisan, loh. Berikut Liputan6.com ulas manfaat daun binahong untuk luka dan kesehatan lainnya, lengkap cara mengolah dari berbagai sumber, Kamis (17/6/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Luka

1. Mengobati Luka Bakar

Manfaat daun binahong untuk luka dapat diandalkan untuk memulihkan luka bakar. Daun binahong telah lama dipercaya sebagai obat tradisional dalam menyembuhkan infeksi luka di kulit termasuk luka bakar. Masyarakat zaman dahulu kerap memanfaatkan daun binahong sebagai penyembuh luka alami.

Manfaat daun binahong untuk luka tersebut karena daun binahong memiliki efek farmakologis antimikroba. Ini yang membuat daun binahong dapat bekerja untuk menyembuhkan luka lebih cepat, utamanya luka bakar.

Studi pernah dilakukan National Center for Biotechnology Information terkait efek salep yang mengandung ekstrak daun binahong untuk penyembuhan luka bakar. Penelitian manfaat daun binahong untuk luka tersebut dilakukan pada tikus albino.

Hasil penelitian manfaat daun binahong untuk luka, salep yang mengandung 5 persen ekstrak daun Anredera cordifolia ini terbukti efektif untuk terapi luka bakar topikal pada subjek tikus. Namun demikian, untuk mengetahui efektivitasnya pada manusia, masih perlu penelitian lebih dalam.

2. Masa Penyembuhan Operasi

Manfaat daun binahong untuk luka juga baik memulihkan luka bekas operasi. Daun binahong memiliki manfaat bagi pasien yang baru saja melakukan operasi melalui konsumsi ramuannya. Dalam masa penyembuhan dengan manfaat daun binahong untuk luka, pasien bisa minum air rebusan daun binahong setiap hari sebagai solusi penyembuhan alami dan efektif. Manfaat daun binahong untuk luka tersebut dapat dijadikan pilihan karena daun binahong mengandung mineral dan protein yang baik.

3. Mengobati Jerawat

Belum banyak yang tahu bahwa manfaat daun binahong untuk luka bisa memulihkan luka akibat peradangan jerawat. Manfaat daun binahong untuk luka jerawat ini berasal dari kandungan antibakteri yang terkandung di dalamnya.

Kandungan tersebut mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit akan kembali mulus seperti sedia kala. Cara merasakan manfaat daun binahong untuk luka juga sangat mudah, kamu cukup menumbuk 4-5 daun Binahong hingga halus.

Selanjutnya, cara merasakan manfaat daun binahong untuk luka adalah oleskan daun binahong yang sudah halus tersebut ke area wajah yang berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan cara ini dengan teratur. Selain dengan cara ditumbuk, kamu bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong sebagai air cuci muka.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Lainnya

4. Mencegah Kanker

Kanker cenderung menjadi salah satu penyakit paling mengerikan karena sifatnya yang berbeda. Ini terjadi karena proses alami yang dikenal sebagai stres oksidatif. Tekanan ini mengarah pada produksi radikal bebas yang merusak sel-sel sehat dan menjadikannya sel kanker.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan dapat mencegah kanker. Daun binahong adalah sumber kaya anti-oksidan pigmen karotenoid esensial seperti Betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas berbahaya. Vitamin A yang terkandung dalam binahong juga memberi manfaat pencegahan kanker.

Ditemukan bahwa konsumsi Vitamin A dan flavonoid memberikan perlindungan dari kanker paru-paru. Ada pula vitamin C yang ditemukan pada daun binahong. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang jauh lebih efektif untuk melawan radikal bebas.

5. Memelihara Mata

Efek berbahaya dari radikal bebas ada pada tingkat sel. Radikal bebas ini merusak setiap sel di jalannya. Radikal bebas bisa merusak retina mata yang menyebabkan katarak atau kehilangan penglihatan mata. Nah, manfaat daun binahong untuk kesehatan dapat menjaga kesehatan mata.

Antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Bersama dengan Vitamin A daun binahong bisa sangat penting untuk penglihatan yang baik. Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya tetapi batangnya adalah sumber vitamin A.

6. Menjaga Jantung

Manfaat daun binahong untuk kesehatan baik menjaga jantung. Makanan kaya antioksidan dan serat sangat penting untuk kesehatan jantung yang optimal. Karena perubahan makanan, seseorang bisa kekurangan banyak nutrisi penting yang diperlukan untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.

Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung dan bahkan kerusakan arteri dan saraf dari radikal bebas. Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

Kalium pada daun binahong juga memainkan peran penting dengan mempertahankan kadar cairan darah. Ini juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, daun binahong memberikan manfaat lengkap untuk jantung dan sistem kardiovaskular.

7. Menyehatkan Pencernaan

Daun binahong menawarkan serat dalam jumlah besar, meningkatkan rasa kenyang. Ini yang membuat manfaat daun binahong untuk kesehatan dapat menyehatkan pencernaan. Serat makanan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme. Serat sangat bermanfaat bagi mereka yang berjuang dengan sembelit, kembung dan gangguan pencernaan. Nutrisi ini membantu menormalkan pergerakan usus dan mendukung kesehatan usus.

Ini juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga jantung berfungsi pada puncaknya. Plus, serat dapat menekan nafsu makan dan meneri rasa kenyang dengan cepat, membuatnya ideal untuk pelaku diet.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Lainnya

8. Menajamkan Ingatan

Kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, daun binahong mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam. Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, misalnya, telah dikaitkan dengan risiko depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Selain menjaga kesehatan organ dalam dan kulit, manfaat daun binahong untuk kesehatan dapat membantu tubuh rileks. Mineral, terutama magnesium dan seng dari daun binahong akan membantu merilekskan seluruh tubuh dan membuat tidur nyenyak. Magnesium dan seng juga dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

9. Mencegah Diabetes

Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika kamu ingin mengendalikannya, selain mengatur pola makan, manfaat daun binahong untuk kesehatan bisa jadi pilihan. Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik.

Bahkan daun binahong dikenal memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal dan menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

10. Mengatasi Asam Urat

Manfaat daun binahong untuk kesehatan bisa mengatasi masalah asam urat. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Jadi, apabila kamu merasa telah makan hidangan seperti jeroan, daging merah, hingga kacang-kacangan dengan porsi berlebihan, ada baiknya mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

11. Mencegah Penuaan

Penuaan adalah efek samping lain karena stres oksidatif. Ini proses alami, tetapi radikal bebas dapat memperburuknya. Radikal bebas merusak sel-sel kulit yang menyebabkan kulit keriput dan rusak. Antioksidan seperti Betakaroten, zeaxanthin, lutein, Vitamin A dan Vitamin C memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Manfaat daun binahong sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Hal ini disebabkan karena daun binahong merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah. Herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Lainnya

12. Mengobati Batuk

Manfaat daun binahong untuk kesehatan bisa mengobati batuk. Air rebusan daun binahonglah yang dapat mengobati batuk. Daun ini terdapat senyawa antibakterial yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk.

13. Meningkatkan Stamina

Daun binahong diketahui bisa untuk meningkatkan stamina tubuh. Manfaat daun binahong untuk kesehatan ini karena ada kandungan cathecin, dapat mambantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan. Daun ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang sering menjalani aktivitas yang berat.

Daun binahong memiliki sifat antiseptik yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tumbuklah daun binahong yang masih segar dan tempelkan pada bagian luka. Sifat antiinflamasi yang ada membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak.

14. Meningkatkan Vitalitas Pria

Mengonsumsi daun binahong bisa menjadi alternatif dari obat kuat agar tahan lama. Manfaat daun binahong untuk kesehatan ini bisa didapat dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong mampu membuat alat vital pria kuat dan tahan lama. Daun binahong memiliki kandungan mineral alami yang lengkap. Selain itu, daun binahong dapat melancarkan peredaran darah.

15. Mengatasi Anemia

Manfaat daun binahong untuk kesehatan bisa dijadikan satu di antara obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal. Zat besi besi yang ada di dalam daun binahong dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

16. Menyehatkan Ginjal

Rebus beberapa lembar daun binahong mampu mengatasi masalah pada ginjal Anda. Manfaat daun binahong untuk kesehatan ginjal ini bisa dirasakan dengan meminum air rebusannya secara teratur. Ginjal sebagai organ utama dalam proses ekskresi tubuh, seperti menyaring urine.

6 dari 6 halaman

Cara Mengolah Daun Binahong

- Cara Mengolah Daun Binahong Menjadi Ramuan

1. Gunakan 9-11 lembar daun bukan yang terlalu muda atau pun terlalu tua, lalu dicuci bersih.

2. Rebus dengan api kecil bersama 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan menjadi satu gelas.

3. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore atau malam hari.

Langkah lain cara mengolah daun binahong kering, cukup diseduh dengan air panas. Semakin nikmat bila ditambahkan madu sebagai pemanis.

Selain itu, daun binahong bisa direbus bersama jahe supaya menambah sensasi cita rasa dan tidak merasa aneh dengan aroma daunnya. Kemudian disaring dan aduk bersama madu.

- Cara Mengolah Daun Binahong Menjadi Jus

Anda bisa membuat jus daun binahong dengan mencampurkannya bersama kreasi buah kesukaan. Atur rasa sesuai selera Anda. Ambil secukupnya daun binahong, lalu tuang susu murni bila suka. Masukkan buah kesukaan. Blender hingga halus dan tambahkan madu (opsional) sebagai pemanis, bila suka.

- Cara Mengolah Daun Binahong Menjadi Tumisan

Cita rasa daun binahong hampir menyerupai sayur kangkung, bayam dan sejenisnya, sehingga sangat cocok bila mengolah daun binahong sebagai tumis. Atau yang paling mudah bisa disantap bersama mie instan. Cukup direbus dengan jumlah sesuai kebutuhan.

Bahan Tumis Daun Binahong:

2 ikat binahong, daunnya saja

1 sdm kecap ikan

1 sdm saus tiram

3 cabai rawit atau keriting, sesuai selera (potong serong)

4 siung bawang putih dicincang halus

1 sdt minyak wijen (opsional)

1 sdm kecap manis

1/2 sdt lada

Bubuk penyedap rasa secukupnya

Gula jawa secukupnya

Garam secukupnya

Minyak goreng untuk menumis

Cara Mengolah Daun Binahong:

1. Tuang minyak goreng, lalu tambahkan bawang putih cincang. Tumis hingga harum. Masukkan cabai dan tumis lagi hingga harum semerbak.

2. Masukkan gula jawa iris secukupnya, sesuai selera Anda. Aduk sebentar, hingga cukup meleleh. Lalu masukkan daun binahong yang sudah dicuci bersih.

3. Tuang saus tiram, kecap manis, minyak wijen, kecap ikan, garam dan bubuk penyedap.

4. Aduk dan diamkan sebentar tumisan daun binahong hingga matang. Koreksi rasa, angkat dan siap disajikan bersama nasi hangat dan lauk kesukaan Anda. Selamat mencoba.