Sukses

Cara Membuat Beras Kencur Enak dan Segar, Simak Manfaatnya bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Mulai pahami cara membuat beras kencur sendiri di rumah agar tidak perlu membeli yang instan. Bahan yang diperlukan cara membuat beras kencur enak dan segar paling utama adalah beras putih dan kencur. Untuk pelengkap cara membuat beras kencur, yakni air, gula jawa, gula pasir, dan asam jawa.

Sesuaikan saja cara membuat beras kencur dengan selera. Bila suka yang manis bisa lebihkan gula. Bila suka yang asam bisa lebihkan asam jawanya. Kunci dari cara membuat beras kencur enak dan segar adalah pilihlah bahan-bahan yang masih baru atau fresh. Lalu simak setiap langkah cara membuat beras kencur yang akan diulas kali ini dengan saksama.

Jamu beras kencur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi masalah kesehatan ringan sampai mencegah masalah kesehatan yang berat seperti kanker, diabetes, dan kolesterol. Langsung saja berikut Liputan6.com ulas cara membuat beras kencur enak dan segar, lengkap manfaatnya dari berbagai sumber, Kamis (17/6/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Beras Kencur Enak dan Segar

Cara Membuat Beras Kencur Pertama

Bahan cara membuat beras kencur:

- 1500 ml air

- 150 gram gula jawa

- 125 gram kencur

- 50 gram beras putih

- 5 sendok makan gula pasir

- 5 cm jahe

- 1/2 sendok makan asam jawa

Cara membuat beras kencur:

1. Cuci bersih beras, kemudian cara membuat beras kencur rendam dalam air selama 1 jam. Setelah itu sisihkan.

2. Rebus asam jawa, gula pasir, gula merah dan jahe dengan air sampai mendidih. Setelah itu cara membuat beras kencur tunggu sampai agak dingin dan saring airnya. Sisihkan.

3. Cuci bersih kencur yang masih segar, kemudian cara membuat beras kencur kupas kulitnya dan potong-potong.

4. Tiriskan air rendaman beras yang sudah direndam tadi. Cara membuat beras kencur selanjutnya blender beras, kencur, dan air rebusan gula tadi hingga halus.

5. Saring jamu beras kencur. cara membuat beras kencur, peras ampas blenderan tadi sampai benar-benar kering.

6. Sajikan beras kencur dengan es batu atau simpan terlebih dahulu di dalam kulkas. Cara membuat beras kencur selesai.

Cara Membuat Beras Kencur Kedua

Bahan cara membuat beras kencur:

- 3 rimpang rempah kencur (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)

- 1 rimpang jahe (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)

- 100 gram beras putih (rendam dalam air selama 3 jam, sangrai lalu haluskan)

- 1 sdm air asam jawa 

- 5 cm kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus) 

- Gula pasir (secukupnya) 

- Gula jawa (secukupnya, sisir halus)

- Air (kira-kira 3 gelas besar)

Cara membuat beras kencur:

1. Panaskan air lalu cara membuat beras kencur rebus kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula jawa.

2. Rebus semua bahan hingga mendidih. 

3. Jika sudah mendidih, saring air rebusan. Lalu cara membuat beras kencur, pisahkan ampas dengan air yang jernih. 

4. Selanjutnya, cara membuat beras kencur masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan. 

5. Jika ingin rasa kencur lebih nendang, cara membuat beras kencur bisa menambahkan kencur mentah yang telah dimemarkan ke dalam air rebusan. 

6. Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah. 

7. Sajikan beras kencur selagi masih hangat untuk membuat tubuh makin hangat dan nyaman. Bisa juga menyajikannya dengan menambahkan es batu di gelas saji dan menjadikan beras kencur sebagai es beras kencur segar.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minum Beras Kencur Rutin

1. Mengatasi Kencing Batu

Jika kalian mempunyai penyakit kencing batu, mengonsumsi rutin manfaat beras kencur untuk kesehatan akan membantu menyembuhkan kencing batu. Hal ini lantaran beras kencur bisa menghancurkan endapan zat-zat di dalam saluran kemih atau disebut juga batu ginjal.

Kalian bisa meracik ramuan beras kencur dengan mengambil dua rimpang kencur. Setelah itu, parutlah kencur tersebut. Langkah selanjutnya yaitu haluskan beras. Lalu campur parutan kencur dan beras halus dengan segelas air hangat. Anda bisa tambahkan gula aren untuk kemudian di seduh.

2. Menyembuhkan Kram Perut

Manfaat beras kencur untuk kesehatan mampu mengurangi rasa sakit perut. Saat mengalami sakit perut yang tak tertahankan, mengonsumsi jamu beras kencur ini dapat menjadi solusi utamanya.

Selain itu, jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi diare. Hal ini karena kencur mengandung serat yang membantu masalah pencernaan. Jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag.

3. Menyehatkan Kulit

Manfaat beras kencur tidak hanya dirasakan untuk mengatasi masalah kesehatan saja. Akan tetapi, beras kencur juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang tidak kalah menariknya. Mengonsumsi beras kencur secara rutin, maka akan membantu mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Selain dikonsumsi secara rutin sebagai jamu, ternyata beras kencur juga dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit. Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang cepat, maka perawatan yang dilakukan dari luar dan dalam tubuh ini akan membantu mengatasi masalah kesehatan kulit kalian.

4. Menyembuhkan Batuk

Beras kencur satu di antara ramuan tradisional yang mampu mengatasi batuk berdahak. Ramuan ini bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

Inilah mengapa Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa menyembuhkan batuk. Beras kencur dikenal juga sebagai minuman herbal yang dikonsumsi, khususnya para penyanyi, sebelum tampil untuk menjaga kondisi pita suara. Mengonsumsi beras kencur membuat tenggorokan terasa lebih lega.

5. Mengatasi Stres

Dalam penelitian Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menyatakan manfaat beras kencur untuk kesehatan ini berasal dari sifat antidepresan. Sifat antidepresan yang ada dalam beras kencur mampu memberikan efek sudatif atau menenangkan sistem saraf pusat.

Mengonsumsi beras kencur sefektif memberikan efek sudatif pada sistem saraf pusat. Manfaat beras kencur untuk kesehatan dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang mengalami stres, cemas, gelisah, dan depresi.

6. Mencegah Karies Gigi

Manfaat beras kencur untuk kesehatan baik untuk mencegah masalah karies gigi. Beras kencur memiliki sifat antimikroba yang ada di dalamnya. Sifat antimikroba mampu membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh. Jika masalah karies gigi dibiarkan, perkembangan bakteri di dalam area mulut akan merusak gigi. Penyakit ini akan menimbulkan lubang, infeksi, dan sakit gigi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minum Beras Kencur Rutin

7. Mengatasi Flu

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat mengatasi flu. Manfaat ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi beras kencur. Sensasi hangat dari kencur bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi jamu beras kencur ini. Bahan utama kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migran.

8. Mengontrol Berat Badan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat menurunkan berat badan. Ada banyak produk herbal yang mengklaim bisa membuat Anda menurunkan berat badan dalam sekejap. 

Namun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi produk-produk semacam ini, karena cenderung memiliki efek samping. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu waktu dan melakukan lebih banyak latihan. 

Juga, mengkonsumsi minuman tradisional adalah salah satu cara paling aman untuk mendukung penurunan berat badan Anda. Manfaat beras kencur untuk kesehatan membantu menurunkan berat badan dengan cara yang paling alami dan sehat.

9. Kesuburan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bagi wanita bisa membantu menyuburkan rahim. Jamu ini sangat baik terutama untuk kamu yang pernah mengalami keguguran. Kamu bisa menggunakan jamu beras kencur dicampur dengan daun sirih dan bawang putih.

Ketiga bahan ini dihancurkan seperti biasa kemudian ditambahkan air dan peras airnya. Minum dengan madu saat pagi hari dan lebih baik saat sedang menstruasi. Ramuan ini bisa membantu kamu menyuburkan rahim. Tentunya manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan satu ini sangat baik untuk diterapkan secara teratur.

10. Mengontrol Kolesterol

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat mengontrol masalah kolesterol. Mengonsumsi beras kencur secara rutin dapat memperlancar aliran empedu sehingga membantu penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh.

Aliran yang lancar tersebut membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Selain itu, manfaat beras kencur untuk kesehatan memiliki sintase asam lemak dengan bantuan kandungan flavonoidnya, seperti kaempferol, quercetin, dan galanin sehingga kolesterol dapat keluar dari tubuh.

11. Menjaga Lambung

Salah satu manfaat beras kencur untuk kesehatan jika dikonsumsi sehari-hari, yaitu dapat membantu menebalkan dinding lambung, yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa, dan serosa. 

Jadi, jamu beras kencur bermanfaat untuk pasien gastritis yang menderita kerusakan dinding lambung. Menurut berbagai sumber, obat gastritis dapat menyebabkan dinding perut manusia menjadi lebih rentan. 

12. Menambah Nafsu Makan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan yang sangat terkenal adalah bisa menambah nafsu makan. Jamu beras kencur ini cocok untuk dikonsumsi anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan.

Konsumsi beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minum Beras Kencur Rutin

13. Diabetes

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa mengatasi masalah diabetes. Jamu beras kencur dibuat dari beras dan rimpang kencur yang diduga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Oleh sebab itu jamu beras kencur dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, di antaranya yaitu untuk mengontrol berat badan dan sebagai anti diabetes.

Penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Farmasi, Universitas Tanjung Pura menunjukkan bahwa manfaat beras kencur memiliki efek terhadap tikus ditandai dengan penurunan kadar glukosa darah, pengontrolan berat badan serta mampu mengurangi kerusakan pada pulau Langerhans pankreas.

14. Menjaga Stamina

Manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan berkaitan dengan peningkatan stamina. Apabila kamu mempunyai masalah di ranjang dengan pasangan karena tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, manfaat beras kencur untuk kesehatan merupakan alternatif yang patut dicoba. Untuk efek maksimal, kamu dapat meminumnya sebelum tidur.

Bagi pria, manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan dengan mengonsumsinya secara rutin dapat digunakan sebagai penambah vitalitas dan stamina. Sebaiknya minuman beras kencur juga ditambah dengan madu agar mendapatkan hasil optimal.

Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini juga berlaku bagi kamu yang bekerja dengan aktivitas menumpuk. Konsumsi jamu beras kencur dapat membantu menghilangkan lelah dan lesu. Konsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat membuat badan menjadi lebih segar dan bugar.

Kencur mengandung berbagai nutrisi sehingga dapat membantu dalam meningkatkan energi dan kesadaran, serta dapat mengatasi kelelahan. Itulah beberapa manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan yang bisa kamu dapatkan.

15. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan baik untuk menyembuhkan sariawan. Kencur sebagai bahan utama dari beras kencur ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Rasa hangat dan sifat anti-bakterinya dapat meringankan sariawan.

Manfaat beras kencur untuk kesehatan lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

16. Menyembuhkan Diare

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa menyembuhkan diare. Kencur mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang mampu meringankan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawan untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini bisa didapat dengan mengonsumsi jamunya. Jamu beras kencur mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

17. Mencegah Kanker

Manfaat beras kencur untuk kesehatan bisa mencegah masalah kanker. Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini jangan dianggap sepele.

18. Mengobati Infeksi

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat mengobati infeksi pada tubuh kita.  Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.