Sukses

Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya Beserta Contohnya

Jenis alat musik bisa dilihat dari berbagai pengelompokan, salah satunya melalui sumber bunyinya.

Liputan6.com, Jakarta Jenis alat musik bisa dilihat dari berbagai pengelompokan, salah satunya melalui sumber bunyinya. Selain itu, orang-orang mungkin lebih mengenali musik dari cara memainkannya.

Musik merupakan nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu). Sementara itu, alat musik, seperti dikutip dari e-journal.uajy.ac.id, adalah suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik.

Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. Jenis alat musik bisa kamu kenali dari sumber bunyi, cara memainkan, hingga jenis pengeras suaranya.

Alat musik memang memiliki variasi yang beragam dan terdapat sangat banyak di berbagai negara. Oleh karena itu, dengan pembagian tersebut, kamu akan lebih mudah mengenali berbagai alat musik yang ada. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/6/2021) tentang jenis alat musik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Jenis alat musik bisa dikelompokkan berdasarkan sumber bunyinya. Jenis alat musik ini dibagi menjadi lima kelompok. Pengelompokan ini berdasarkan pusat sumber bunyi yang menghasilkan suara atau nada.

Berikut penjelasan jenis alat musik berdasarkan sumber bunyinya:

- Idiofon. Alat musik idiofon sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya (getaran badan alat musiknya).

Contoh: drums, angklung, gong, kolintang, kabasa, dan lain-lain.

- Membranofon. Membranofon adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran.

Contoh: tifa, drum, kendang, rebana, dan lain-lain.

- Aerofon. Aerofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Bunyinya berasal dari getaran udara yang ada dalam alat musik tersebut.

Contoh: flute, pianika, terompet, harmonika, trombone.

- Kordofon. Kordofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai.

Contoh: bass, gitar, biola, sitar, piano, kacapi, dan lain-lain.

- Elektrofon. Elektrofon adalah alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan oleh tenaga listrik (elektronik).

Contoh: keyboard, gitar elektrik, bass elektrik, drums elektrik, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkan

Jenis alat musik juga bisa dibagi berdasarkan cara memainkannya. Jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya dibagi menjadi empat kelompok, yaitu alat musik tiup, alat musik pukul, alat musik petik, serta alat musik gesek.

- Alat Musik Tiup

Alat musik tiup enghasilkan suara saat suatu kolom udara didalamnya digetarkan. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan timbre dipengaruhi oleh bahan dasar, konstruksi instrumen dan cara menghasilkannya. 

Contoh alat musik tiup antara lain alat musik tiup barat; flute, terompet, saxophone, recorder, clarinet. Alat musik tiup timur; sawangan, gong bumbung, seruling, serunai.

- Alat Musik Pukul

Alat musik pukul menghasilkan suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen.

Contohnya adalah kolintang (bernada), drums (tak bernada), dan bongo (tak bernada). Karena cara memainkannya dengan cara dipukul, maka sering kali alat musik ini disebut alat musik perkusi.

Contoh alat musik pukul dari Barat adalah Drum sett (snare drum, high tom, middle tom, flor tom, bass drum, lowboy/hat/high hat, crash cymbal, ride cymbal, splash cymbal, chines cymbal, cowbell, jamblock, timbalis, djimbe, conga, bongo, hangdrum, xylophone, octoban, subkicker, timpani, triol, queen tom). Alat musik pukul dari timur antara lain, kentongan, terabuka, rebana dan seperangkat gamelan Jawa.

- Alat Musik Petik

Alat musik petik menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui petikan. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai. Contoh alat musik petik antara lain alat musik petik barat; gitar klasik, gitar Spanyol, harpa. Alat musik petik timur; cak, cuk, sitar, kecapi, sasando.

- Alat Musik Gesek

Alat musik gesek menghasilkan suara ketika dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah nada tergantung panjang dan pendek dawai. Contoh jenis alat musik gesek antara lain adalah alat musik gesek barat seperti; violin piccolo, biola, biola alto, viola pomposa, cello, violin contrabass. Selain itu ada juga jenis alat musik gesek dari timur yaitu; rebab, kokiu, ravanstron, sarungi.

4 dari 4 halaman

Alat Musik Berdasarkan Jenis Pengeras Suaranya

Berdasarkan pengeras suaranya, jenis alat musik dibedakan menjadi 2, yaitu:

Alat Musik Akustik

Alat musik akustik adalah alat musik yang penguat bunyinya tanpa memerlukan tenaga listrik. Alat musik akustik, memiliki karakter suara yang natural, sesuai dengan nama, bentuk serta bahan pembuatannya. Alat musik ini dibagi menjadi beberapa jenis, antar lain:

- Kordofoni, alat musik akustik yang sumber bunyinya berasal dari dawai. Contoh: Bass Akustik, Gitar Klasik/akustik, Biola, Sitar, Piano, Cello, Harpa, dan lain-lain.

- Idiofoni, alat musik akustik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasarnya. Contohnya: Drum, Angklung, Xilophone, Kabasa, Bongo, dan lain-lain.

- Membranofoni, alat musik akustik yang sumber bunyinya dari selaput atau membran. contoh : tifa, drum, kendang, rebana, dan lain-lain.

- Aerofoni, alat musik akustik yang sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Contohnya: Flute, Terompet, Harmonika, Trombone, Saxophone, Klarinet, Picolo, dan Lain-lain.

Alat Musik Elektronik

Alat musik elektronik merupakan jenis alat musik yang penguat bunyinya memerlukan tenaga listrik. Inilah yang disebut sebagai alat musik modern. Seorang pemain tidak lagi bersusah payah berlatih khusus untuk dapat menghasilkan suara yang berkualitas dan indah, karena sebagian kualitas keindahan suaranya telah diproduksi oleh alat itu sendiri.

Dalam kelompok ini belum ada pembagian yang pasti, namun hanya didasarkan pada sumber pengeras suaranya saja. Contoh dari alat musik ini sebagian besar berasal dari alat musik berdawai yang dirancang agar bersistem Elektrik, antara lain: bass elektrik, gitar elektrik, biola elektrik, keyboard, synthesizer, single band, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.