Sukses

14 Tanda Hamil Tanpa Testpack yang Akurat, Pahami Karakteristiknya

Liputan6.com, Jakarta Memahami seorang wanita sedang mengandung atau tidak yang paling akurat adalah memakai testpack dan melakukan USG di dokter kandungan atau bidan. Akan tetapi bagi yang ingin mengetahui tandanya tanpa pemeriksaan apapun, tanda hamil tanpa testpack wajib disimak baik-baik.

Tanda hamil tanpa testpack dapat diamati dari perubahan beberapa bagian tubuh wanita. Mulai dari nyeri yang dialami, flek yang muncul, keputihan, tekstur payudara, hingga perasaan sang wanita. Wanita yang tengah mengandung umumnya akan lebih sulit mengontrol emosinya.

Perhatikan baik-baik, tanda hamil tanpa testpack bagi wanita yang paling jelas biasanya muncul saat memasuki usia 4-6 minggu kehamilan. Tanda hamil tanpa testpack muncul karena pengaruh hormon kehamilan dan perkembangan janin dalam kandungan. Berikut Liputan6.com ulas tanda hamil tanpa testpack dari berbagai sumber, Kamis (17/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanda Hamil Tanpa Testpack

1. Mengalami Nyeri Punggung

Tanda hamil tanpa testpack bisa dikenali dari nyeri punggung yang dialami. Rasa nyeri pada punggung bagian bawah adalah tanda kehamilan yang kerap dialami wanita. Kondisi ini terjadi karena ligamen menjadi longgar. Pada beberapa kasus, nyeri punggung terjadi di awal sampai proses persalinan. Nyeri punggung ini bisa menjadi tanda hamil tanpa testpack karena janin yang tumbuh dalam kandungan.

2. Mengalami Kram Perut

Tanda hamil tanpa testpack kedua bisa dikenali dari kram perut yang dialami. Pada minggu pertama setelah terjadi konsepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma) kram perut akan terjadi. Tanda hamil tanpa testpack ini kebanyakan muncul di atas dua minggu pascamenstruasi terakhir. Kram perut terjadi akibat penempelan hasil konsepsi (embrio) ke dalam dinding rahim, yang disebut dengan implantasi. Tanda hamil tanpa testpack ini cukup jarang disadari banyak orang.

3. Merasakan Lelah Berlebihan

Tak hanya merasa nyeri, tanda hamil tanpa testpack biasanya dibarengi dengan perasaan lelah. Lelah juga termasuk tanda hamil tanpa testpack, kebanyakan wanita mengalami pada bulan pertama kehamilan. Tanda hamil tanpa testpack ini terjadi disebabkan karena perubahan hormon, kadar gula darah, dan tekanan darah tubuhnya.

4. Merasakan Ngidam

Wanita yang ngidam dan sensitif tiba-tiba memang bikin was-was. Apalagi jika kondisi ini terjadi setelah aktif berhubungan badan. Salah satu tanda hamil tanpa testpack yang cukup dikenal adalah ‘ngidam’.

Hal ini bisa menjadi tanda kehamilan 1 minggu, meski tak akurat betul. Sebab wanita yang memasuki masa menstruasi juga bisa mengalami ngidam dan sensitif. Sensitif sampai bikin mual, PMS juga demikian tandanya.

Sedikit berbeda jika ngidam dan sensitif yang dialami disertai dengan suhu tubuh yang meningkat. Umumnya ketika pertama kali bangun di pagi hari setelah ovulasi, suhu tubuh akan sedikit meningkat. Ini tanda hamil tanpa testpack.

3 dari 5 halaman

Tanda Hamil Tanpa Testpack

5. Payudara Sensitif

Payudara disebut sebagai bagian tubuh pertama yang mendapatkan pesan ketika sperma bertemu sel telur. Payudara sensitif juga termasuk tanda hamil tanpa testpack.

Sebagai tanda-tanda hamil, payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya. Perubahan yang menjadi tanda hamil tanpa testpack ini mungkin tidak terasa jauh berbeda dari tanda PMS. Pada PMS perubahan hanya bertahan setelah menstruasi berlalu.

Perubahan juga terlihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang menjadi lebih gelap. Perubahan tanda hamil tanpa testpack ini dapat terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan dan seringkali merupakan tanda pertama kehamilan.

6. Muncul Flek Cokelat

Tak jarang wanita yang mengalami flek karena darah menstruasi masih tersisa dalam rahim. Meski begitu, flek cokelat bisa menjadi tanda kehamilan 1 minggu. Umumnya awal kehamilan, wanita mengalami flek karena ada pendarahan implantasi.

Flek ini muncul bukan karena hubungan seksual satu hari sebelumnya. Bisa jadi, flek tanda hamil tanpa testpack muncul karena hubungan seksual 10 hari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena flek atau pendarahan ringan hanya terjadi tepat setelah 10 hingga 14 hari pembuahan.

Flek tanda hamil tanpa testpack normal dikenal sebagai leukorea, tipis, bening, atau putih susu, dan berbau ringan. Volume keluarnya flek akan meningkat sepanjang kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Selama trimester pertama, organ intim juga dapat mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning.

7. Sering Buang Air Kecil

Beberapa wanita yang belum menginginkan kehamilan, biasanya akan tersugesti. Ada di antaranya yang sering buang air kecil saking parnonya. Meski sering buang air kecil termasuk tanda hamil tanpa testpack, tetapi belum tentu juga demikian.

8. Mengalami Sesak Napas

Sesak napas wanita sebenarnya bisa terjadi karena banyak hal. Jika membicarakan kesehatan reproduksi, hal ini bisa menjadi tanda hamil tanpa testpack. Hal ini terjadi akibat gejolak hormon progesterone yang menstimulasi otak untuk memberi sinyal pada paru-paru untuk menarik udara lebih banyak.

Sesak napas tidak hanya terjadi di awal kehamilan, tapi juga di akhir menjelang persalinan. Sesak napas yang terjadi di akhir kehamilan terjadi akibat bentuk janin yang semakin besar. Janin bisa sampai menghalangi paru-paru ibu untuk mengembang secara optimal. Bila dirasa sesak napas yang dialami merupakan tanda hamil tanpa testpack, segera periksakan agar mendapat kepastian.

4 dari 5 halaman

Tanda Hamil Tanpa Testpack

9. Mood Swing

Hormon akan mudah tiba-tiba berubah ketika hamil. Tanda hamil tanpa testpack dapat mempermainkan emosi wanita. Wanita akan merasa luar biasa emosional. Wanita mungkin juga mengalami perubahan suasana hati. Tanda hamil tanpa testpack ini sangat umum selama awal kehamilan.

10. Heartburn

Hormon mengubah segalanya selama kehamilan. Ini termasuk katup antara perut dan kerongkongan. Daerah ini menjadi rileks selama kehamilan, yang dapat menyebabkan asam lambung bocor ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Ketika mengalami tanda hamil tanpa testpack ini, perhatikan konsumsi makanan sehari-hari. Ini membuat wanita kerap mual dan mengeluarkan kembali isi perutnya. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

11. Telat Datang Bulan

Telat datang bulan merupakan tanda hamil tanpa testpack yang sangat mudah dikenali. Wanita kemungkinan akan melewatkan menstuasinya empat minggu setelah pembuahan.

Setelah implantasi selesai, tubuh akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

12. Morning Sickness

Morning sickness merupakan tanda hamil tanpa testpack yang cukup khas. Meski sebenarnya rata-rata mual di pagi hari dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan. Mual atau morning sickness bagi banyak wanita adalah tanda hamil tanpa testpack yang paling awal. Morning sickness memengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

5 dari 5 halaman

Tanda Hamil Tanpa Testpack

13. Merasa Meriang

Sakit kepala, kembung, dan hidung tersumbat memang identik dengan meriang tetapi bisa menjadi tanda hamil tanpa testpack. Wanita harus lebih mewaspadainya apalagi setelah aktif berhubungan badan.

Meriang seperti ini bisa menjadi tanda hamil tanpa testpack. Hal ini masih berkaitan dengan gejolak hormon yang dialami tubuh. Sakit kepala saat hamil terasa sangat berat di minggu-minggu pertama kehamilan.

Tak hanya sakit kepala, tetapi juga hidung tersumbat. Kondisi yang dialami mirip dengan flu meski sebenarnya tidak menunjukkan gejala flu sebelumnya. Beberapa ibu juga ada yang sampai mengalami mimisan karena hidungnya kering yang menjadi tanda hamil tanpa testpack.

Perubahan hormon selama awal kehamilan pun dapat menyebabkan perut merasa kembung. Kembung yang dirasakan mirip dengan kembung selama masa menstruasi. Beberapa wanita ada yang mengalami sembelit sebagai tanda hamil tanpa testpack.

14. Mengalami Keputihan Banyak

Keputihan bisa menjadi tanda kehamilan 1 minggu yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan tanda hamil tanpa testpack memiliki ciri dan warna yang khas seperti susu, hingga cairan keputihan nya tidak encer.

Perbedaan keputihan tanda hamil tanpa testpack dengan keputihan saat periode menstruasi dapat dilihat dari perbedaan volumenya. Volume cairan pada keputihan tanda hamil tanpa testpack lebih banyak. Bahkan jumlahnya dapat bertambah hingga mendekati persalinan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.