Sukses

10 Manfaat Konsultasi Psikologi untuk Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta Manfaat konsultasi psikologi sama pentingnya dengan konsultasi kesehatan lainnya. Setiap orang bisa menghadapi tantangan kesehatan mental pada satu titik dalam hidup. Manfaat konsultasi psikologi sangat penting bagi kesehatan mental.

Manfaat konsultasi psikologi berfokus pada bagaimana orang berfungsi baik secara pribadi maupun dalam hubungan mereka di segala usia. Manfaat konsultasi psikologi membahas masalah kesehatan emosional, sosial, pekerjaan, sekolah dan fisik yang mungkin dimiliki orang pada tahap yang berbeda.

Manfaat konsultasi psikologi kini bisa didapat dengan mudah di layanan kesehatan. Manfaat konsultasi psikologi bisa membantu orang dengan masalah kesehatan fisik, emosional dan mental meningkatkan rasa kesejahteraan, mengurangi perasaan tertekan dan menyelesaikan krisis.

Berikut manfaat konsultasi psikologi, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Kamis(17/6/2021).

2 dari 7 halaman

Kapan harus melakukan konsultasi psikologi?

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Orang mencari bantuan psikolog karena sejumlah alasan. Mulai dari stres sehari-hari, masalah pernikahan, hingga fobia dan kebiasaan berbahaya. Berikut tanda jika Anda butuh konsultasi psikologi:

- pikiran menyakiti diri sendiri atau orang lain

- perasaan sedih, marah, takut, khawatir, atau cemas yang sering atau terus-menerus

- ledakan emosi yang sering atau perubahan suasana hati

- kebingungan atau kehilangan ingatan yang tidak dapat dijelaskan

- delusi atau halusinasi

- ketakutan atau kecemasan yang intens tentang penambahan berat badan

- perubahan dramatis dalam kebiasaan makan atau tidur

- perubahan yang tidak dapat dijelaskan dalam kinerja sekolah atau pekerjaan

- ketidakmampuan untuk mengatasi aktivitas atau tantangan sehari-hari

- penarikan diri dari aktivitas atau hubungan sosial

- pembangkangan otoritas, pembolosan, pencurian, atau vandalisme

- penyalahgunaan zat, termasuk alkoholisme atau penggunaan obat-obatan terlarang

- penyakit fisik yang tidak dapat dijelaskan.

 

3 dari 7 halaman

Manfaat konsultasi psikologi

Membantu mengatasi rasa kehilangan

Setiap orang menangani kehilangan orang yang dicintai secara berbeda. Berduka secara terbuka atau secara pribadi keduanya umum, tetapi menghindari kenyataan kehilangan dapat menyebabkan masalah yang lebih lama dan berlarut-larut. Seorang psikolog dapat membantu menemukan cara yang tepat untuk mengatasi kehilangan seseorang terdekat.

Membantu mengatasi stres dan kecemasan

Aspek kehidupan tertentu membuat stres, dan banyak situasi mulai dari pekerjaan dan hubungan dapat menyebabkan merasa cemas. Stres dan kecemasan, jika dibiarkan berlarut-larut, dapat menyebabkan isolasi sosial, depresi, dan banyak masalah lainnya. Manfaat konsultasi psikologi membantu mengelola stres dan kecemasan dengan menemukan sumber atau penyebab masalah. Psikolog juga bisa memberi cara yang tepat untuk mengatasinya.

4 dari 7 halaman

Manfaat konsultasi psikologi

Bantu kelola depresi

Perasaan tidak berdaya atau putus asa yang berlebihan adalah tanda umum depresi. Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang umum di mana orang kehilangan minat pada sesuatu, mengalami kelelahan, dan sering mengalami kesulitan mengelola emosi mereka. Konsultasi psikologi dapat membantu menemukan sumber depresi — seringkali merupakan langkah pertama untuk merasa lebih baik.

Bantu atasi fobia

Takut ketinggian dan laba-laba adalah fobia umum, tetapi beberapa ketakutan yang tidak biasa dan tidak berdasar dapat menciptakan masalah besar dalam hidup. Misalnya, sitofobia (takut makan) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Psikolog berpengalaman dapat membantu mulai mengatasi ketakutan sehingga dapat hidup tanpa polifobia (takut banyak hal) atau fobia.

5 dari 7 halaman

Manfaat konsultasi psikologi

Bantu mengatasi masalah keluarga dan hubungan

Hubungan, baik keluarga, pribadi, atau pekerjaan, memiliki pasang surut. Sementara hubungan bisa menjadi beberapa hal terbaik dalam hidup, mereka juga bisa menjadi sumber stres dan masalah. Manfaat konsultasi psikologi, baik secara individu atau dalam kelompok, dapat membantu menghilangkan masalah yang dapat terbentuk bahkan dalam hubungan yang paling kuat sekalipun.

Atasi kebiasaan atau kecanduan

Beberapa kebiasaan tidak sehat — seperti merokok, minum, dan penggunaan narkoba — sering digunakan untuk menghindari masalah mendasar yang lebih besar atau untuk mengobati diri sendiri. Sementara psikolog akan membantu mengatasi masalah tersebut, mereka juga dapat membantu mengatasi masalah yang segera dihadapi kesehatan, seperti kecanduan, gangguan makan, manajemen stres, dan masalah tidur.

6 dari 7 halaman

Manfaat konsultasi psikologi

Meningkatkan performa

Beberapa orang paling sukses mencapai tujuan mereka dengan memvisualisasikannya terlebih dahulu. Sama seperti akan berlatih pidato sebelum memberikannya, psikolog dapat membantu mempersiapkan diri untuk acara-acara besar sehingga kamu dapat tampil sebaik mungkin, apakah itu kompetisi atau wawancara kerja.

Kejernihan mental

Manfaat konsultasi psikologi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dengan bertindak sebagai satu set telinga yang tidak memihak. Seringkali, orang menemukan solusi mereka sendiri hanya dengan mendengar diri mereka berbicara keras-keras dalam terapi.

Mengungkapkan masalah secara terbuka membantu banyak orang meningkatkan kejernihan mental, lebih mampu berkonsentrasi, dan menjadi lebih berorientasi pada tugas. Psikolog dilatih untuk menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi.

7 dari 7 halaman

Manfaat konsultasi psikologi

Diagnosa gangguan mental

Gangguan mental dapat memanifestasikan dirinya dalam beberapa cara. Mereka sering menyamar sebagai sesuatu yang lain dan hanya dapat ditemukan dengan bantuan seorang profesional kesehatan mental. Konsultasi psikologi membantu diagnosa seseorang akan gangguan mental yang dialami.

Pendampingan penyakit lainnya

Penyakit serius apa pun, baik yang terjadi pada diri sendiri atau orang yang dicintai, bisa sangat menghancurkan. Kamu mungkin merasakan berbagai emosi, dari kemarahan dan penolakan hingga kesedihan dan penyesalan. Konsultasi psikologi dapat membantu mengatasi emosi dan gejala yang disebabkan oleh penyakit.