Sukses

20 Cara Menghaluskan Wajah Bertekstur dan Bopeng yang Aman, Kembali Sehat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng bisa di mulai dengan menghindari penyebabnya. Kondisi kulit wajah yang bertekstur atau kasar umumnya disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk, dehidrasi, komedo, jerawat, dan paparan sinar UV.

Inilah mengapa cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng paling utama adalah melakukan eksofoliasi, menghidrasi, menggunakan face oil, sampai menerapkan tabir surya setiap 4 jam sekali. Upaya tersebut merupakan bagian mendasar dari cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng. Paling tidak, lakukan cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng paling utama tersebut setiap hari.

Bila merasa berat membeli produk skincare dengan manfaat yang sudah disebutkan, cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng bisa memanfaatkan bahan alami. Terutama bahan alami yang dapat menghidrasi, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah munculnya jerawat seperti buah dan sayuran untuk dikonsumsi, dibuat scrub, serta masker wajah.

Kulit bertekstur memiliki ciri-ciri kulit yang kering saat disentuh, kulit mengelupas, kulit mudah iritasi, dan munculnya bintik-bintik menonjol di kulit wajah seperti beruntusan. Berikut Liputan6.com ulas cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng yang aman dari berbagai sumber, Jumat (18/6/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Wajah Bertekstur dan Bopeng Paling Utama

1. Mengeksfoliasi Kulit

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng pertama yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan teknik eksfoliasi kulit wajah. Tekstur kulit yang kasar bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati di wajah.

Teknik cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng seperti mengeksfoliasi kulit wajah ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengangkat komedo dan membantu mempercepat regenerasi sel kulit.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng ini direkomendasikan untuk dilakukan setiap seminggu satu atau dua kali, dengan menggunakan produk toner yang memiliki kandungan AHA dan BHA, atau menggunakan masker wajah yang mengandung scrub.

2. Menghidrasi Kulit

Kulit wajah yang memiliki tekstur kulit yang kasar, bisa disebabkan karena kulit wajah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, seperti kekurangan minyak alami kulit dan kolagen pada kulit berkurang. Maka cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng adalah menghindrasi kulit wajah.

Untuk mengembalikannya, cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng pilihlah produk seperti serum yang mengandung hyaluronic acid. Produk cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng ini berfungsi untuk menjaga kadar air atau cairan pada kulit, mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang kering atau bertekstur kasar.

Selain itu, cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan menghidrasi kulit wajah, bisa andalkan produk yang mengandung ceramide, ekstrak lidah buaya, centella asiatica atau ekstrak chamomile, yang membuat pH kulit menjadi lebih seimbang.

3. Menggunakan Face Oil

Face oil atau minyak wajah adalah produk skincare yang terbuat dari minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Face oil memiliki kandungan asam lemak, yang berfungsi untuk meningkatkan kelembapan pada kulit yang kering dan bertekstur kasar. Face oil cocok digunakan sebagai cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng.

Face oil bisa membuat kulit wajah menjadi lebih elastis, tekstur menjadi lebih halus dan membantu meningkatkan kadar minyak di dalam kulit yang kering dan dehidrasi. Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan face oil ini dikenal memiliki kandungan yang kaya akan minyak alami, sehingga penggunaan face oil kurang cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan face oil yang cocok digunakan, yaitu jojoba oil, argan oil dan grapeseed oil. Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan face oil dapat digunakan di daerah kulit yang bertekstur, setelah penggunaan pelembap.

4. Menggunakan Bahan Aktif Skincare

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng yang paling utama, bisa menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif, seperti retinol dan vitamin C.

Retinol adalah vitamin A yang memiliki konsentrasi yang tinggi, sehingga sangat mudah untuk diserap lapisan kulit. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, menyamarkan garis halus, dan membantu mempercepat regenerasi kulit.

Sedangkan vitamin C memiliki sifat sebagai antioksidan, yang bisa membantu menjaga sel kulit agar tidak mudah rusak akibat radikal bebas. Hampir sama dengan retinol, vitamin C juga bisa meningkatkan kadar kolagen pada kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Menggunakan Tabir Surya

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan aman, yaitu rutin menggunakan tabir surya pada pagi dan siang hari. Tekstur kulit kasar bisa disebabkan karena skin barrier rusak, yang disebabkan karena paparan UVA dan UVB.

Tabir surya bisa memberikan perlindungan lebih, agar kulit wajah tidak terpapar sinar matahari secara langsung, bisa membuat kulit tetap lembap, dan mencerahkan kulit.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan tabir surya yang bisa digunakan adalah yang mengandung minimal SPF 30, memiliki label oil free dan nonkomedogenik. Aplikasikan tabir surya pada kulit setiap 4 jam sekali sebagai cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng.

3 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Wajah Bertekstur dan Bopeng Secara Alami

6. Lemon dan Madu

Lemon juga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Lemon juga mengandung alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit. Tidak heran jika ramuan ini diandalakan sebagai cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng.

Caranya juga sangat mudah diterpakan. Hanya perlu mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu. Kemudian cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng adalah terapkan pada wajah yang kasar secara rutin agar bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

7. Alpukat

Buah alpukat dikenal memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalium, asam lemak omega 3 dan lesitin. Kandungan vitamin E inilah yang bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng.

Caranya dengan kupas buah alpukat dan hancurkan sampai halus. Setelah itu cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng tambahkan sedikit minyak kelapa dan campurkan. Gunakan masker tersebut secara merata di area wajah selama 30 menit.

8. Bubuk Kopi

Bubuk kopi dapat digunakan sebagai eksfoliator. Kulit yang kasar bisa dihaluskan dengan bubuk kopi ini. Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng ini terbilang aman dan mudah dilakukan.

Cara membuat scrub dengan bubuk kopi yaitu dengan mencampurkan 30 gram bubuk kopi segar, 30 gram brown sugar dan perasan lemon secukupnya. Kemudian gunakan scrub tersebut pada kulit wajah setiap 3 hari sekali setelah mandi. Tunggu scrub mengering selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung antimikroba dan anti inflamsi yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti pecah-pecah atau kulit kering. Tak hanya itu, minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada kulit.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan bahan ini cukup mudah. Coba siapkan satu sendok minyak kelapa. Kemudian taruh pada kedua tangan dan usap hingga terbentuk lapisan tipis. Oles lapisan tipis tersebut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama semalam dan bilas keesokan harinya.

Selain itu, cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng minyak kelapanya bisa dibuat menjadi masker dengan mencampurkan madu, masing-masing 2 sendok makan. Masker ini dapat digunakan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Rutin menggunakan pelembap maupun masker alami minyak kelapa ini juga bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa diandalkan untuk mengatasi kulit wajah yang kasar dan kusam. Bisa dengan menjadikannya masker atau mengonsumsinya secara langsung.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan lidah buaya ini sangat mudah. Cobalah untuk mengonsumsi minuman lidah buaya secara rutin. Konsumsilah jus lidah buaya, tanpa tambahan gula setiap pagi dalam keadaan perut kosong.

Selain itu, lidah buaya juga bisa dijadikan masker alami. Campurkan gel lidah buaya dengan 2 sendok teh madu, aduk hingga rata, lalu cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng oleskan pada seluruh wajah. Tunggu beberapa menit hingga masker mulai mengering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, beberapa enzim, vitamin C, vitamin A dan senyawa anti peradangan yang dapat melembutkan kulit. Tetapi, sebelum menggunakan lidah buaya, lebih baik cobalah menempelkan sedikit gel lidah buaya di pergelangan tangan.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak. Apabila tak ada reaksi alergi, maka Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya di wajah sesuai kebutuhan.

4 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Wajah Bertekstur dan Bopeng Lainnya

11. Oatmeal

Oatmeal dikenal dapat menghidrasi dan melembapkan kulit. Oatmeal memiliki kemampuan dapat menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembapan. Kemampuan ini bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng.

Cara memanfaatkan oatmeal untuk menghaluskan kulit yaitu dengan mencampurkan oatmeal dengan air hangat. Setelah itu tambahkan yogurt, madu dan putih telur. Oleskan pada area wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng bilas wajah hingga bersih.

12. Madu

Madu memiliki sifat bioaktif yang sangat efektif mengatasi kulit kasar, keriput, kusam, dan kerutan halus. Tidak heran jika cara menghaluskan kulit wajah ini bisa menggunakan madu. Madu bisa diterapkan menjadi masker untuk perawatan. Gunakan masker madu secara rutin sekitar satu kali dalam seminggu.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng, pastikan wajah telah bersih. Kemudian oleskan madu ke seluruh wajah dengan merata dan hindari area sekitar mata. Diamkan selam 30 menit dan cuci wajah hingga bersih.

13. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Kandungan ini bisa diandalkan sebagai cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng. Buka hanya itu, lemon juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini.

Sebelumnya, Anda bisa mengonsumsi jus lemon secara rutin dengan takaran yang cukup untuk mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Selanjutnya cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng perasan dari lemon bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami. Selain itu, kulit lemon juga bisa digosokkan di area leher untuk menghilangkan bintik-bintik hitam.

14. Strawberry

Strawberry dikenal memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang berguna untuk menyamarkan garis-garis halus. Tidak heran jika cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng bisa dengan membuatnya menjadi masker wajah.

Asam Alpha Hydroxyl yang terkandung dalam beri yang lezat ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memberi jalan masuk bagi sel-sel baru. Bahkan elastisitas kulit bisa benar-benar terjaga karena kandungannya.

Untuk cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan ramuan masker ini, cukup dengan menghancurkan beberapa buah strawberry segar hingga halus, lalu oleskan secara merata pada wajah. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih

15. Gula

Perawatan eksfoliasi wajah bisa menggunakan gula. Gula yang digunakan sebagai cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng adalah gula halus. Sel-sel kulit mati yang tertumpuk di atas permukaan kulit bisa terkikis dengan baik karena gula.

Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan gula merah dan gula putih, kemudian tambahkan sedikit air. Aduk adonan hingga tercampur sempurna. Jika sudah menjadi pasta yang cukup halus, lalu cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng oleskan pada wajah dan lakukan gerakan memutar secara perlahan.

Hal ini penting untuk diperhatikan supaya tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Sebab butiran gula halus bisa menggesek permukaan kulit dan menimbulkan luka jika dilakukan secara kasar.

5 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Wajah Bertekstur dan Bopeng Lainnya

16. Pepaya

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng adalah memanfaatkan buah pepaya. Adanya enzim papain dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan akan turut membantu menutrisi, melembapkan kulit, dan menghaluskan kulit wajah.

Pepaya juga bisa berguna menjadi tabir surya alami bagi kulit wajah. Selain itu, kandungan zat linoleic acid yang ada dalam minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah sehingga mampu mencegah keriput dan membuat kulit tetap halus.

17. Kunyit

Kunyit merupakan ramuan yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Bisa melembutkan, menyamarkan noda, dan meringankan pigmentasi (penggelapan).

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng adalah campur 1 sendok makan bubuk kunyit dengan susu hingga terbentuk pasta kental. Aplikasikan ke daerah wajah dan leher setiap hari untuk kulit yang halus tak bernoda.

18. Tepung Beras

Tepung beras memiliki kandungan yang hampir sama dengan beras asli. Kandungan tepung beras antara lain karbohidrat, zat besi, kalsium, protein, dan vitamin C. Kelima kandungan bahan alami inilah yang berguna untuk menghaluskan kulit wajah, menyerap minyak, menyamarkan noda hitam, menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, dan mengencangkan kulit wajah.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan tepung beras cukup mudah. Larutkan tepung beras hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit atau hingga masker tepung beras mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat.

19. Pasta gigi

Umumnya pasta gigi mengandung fluoride dan mineral. Kandungan ini dapat dipakai sebagai salah satu cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng. Tapi nyatanya memang pasta gigi adalah produksi pabrik yang terbuat dari bahan kimia dan tidak alami. Maka sebaiknya pilih pasta gigi yang terbuat dari bahan herbal.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan pasta gigi adalah:

- Oleskan pasta gigi secara merata pada wajah.

- Diamkan selama 15 menit.

- Bilas dengan air bersih.

20. Tomat

Lycopine (senyawa anti-oksidan) yang ada dalam tomat terbukti bisa menangkal radikal bebas , yang menjadikan wajah cerah, berseri dan tidak berminyak, juga menghaluskan wajah. Tomat juga berguna sebagai tabir surya alami untuk mengurangi kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari.

Cara menghaluskan wajah bertekstur dan bopeng dengan tomat:

- Dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, lalu tambahkan 2 sdm bubuk kopi hingga tumbukan tomat dan bubuk kopi menjadi pasta.

- Gosokkan scrub secara merata pada wajah.

- Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.