Sukses

Viral Guru Tuliskan Materi Pelajaran Di Lantai, Aksinya Bikin Salut

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi Corona Covid-19 ini, berbagai institusi sekolah memberlakukan pembelajaran daring. Hal ini dilakukan agar para siswa tetap dapat belajar tanpa harus bertatap muka atau berkerumun dan diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Kendati demikian, meski belajar daring dinilai lebih praktis, namun seringkali dianggap tidak lebih efektif dari belajar tatap muka. Pasalnya, banyak murid yang kesulitan mengikuti materi karena media pembelajaran yang kurang menarik atau bahkan tidak memadai.

Untuk mengatasi hal tersebut, seorang guru asal Malaysia ini mensiasatinya dengan menggunakan lantai sebagai pengganti whiteboard untuk media pembelajaran. Aksi guru ini pun lantas viral dan menuai banyak pujian dari warganet.

Seperti apakah kisahnya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh liputan6.com, Jumat (18/6/2021).

2 dari 3 halaman

Menulis di lantai

@ainaabdn7

struggle untuk student supaya lebih memahami. goodluck all students. #xybca #fyp

♬ Beggin' - Måneskin

Dilansir dari akun TikTok @ainaabdn7, ia membagikan video ayahnya yang merupakan seorang guru ketika menuliskan materi pelajaran di lantai. Hal ini dilakukan oleh ayah Aina agar para muridnya di rumah lebih mudah memahami materi.

Kendati demikian, Aina sendiri sempat memberikan saran kepada ayahnya agar menggunakan whiteboard saja, namun ayahnya menolak. Dengan alasan ingin memudahkan para muridnya dalam memahami setiap coretan dan dapat memperkirakan ukuran gambar dengan baik.

3 dari 3 halaman

Viral di kalangan warganet

Aksi guru menuliskan materi pelajaran di lantai ini pun menuai banyak respon positif dari warganet. Banyak yang mengapresiasi tindakan dari pria tersebut karena benar-benar mencoba memberikan pemahaman kepada murid-muridnya.

"Wah terbaik, totalitas sekali bapaknya. Sehat terus ya pak," tulis akun @dinovocado

"Kadang terharu banget sama guru yang ikhlas dan niat banget ngajar pas online gini. Semoga murid-muridnya bapak ini gak malas-malasan," tulis akun @Queenbee

"Butuh banyak sekali guru semacam ini. Semangat mengajar bapak. Semoga siswanya bisa memahami materi dengan baik," tulis akun @33Nika