Sukses

7 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Lezat dan Sederhana, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kaldu ayam adalah sari dari rebusan daging atau tulang ayam yang ditambahkan bahan lain untuk memperkaya rasanya. Kaldu ayam yang memiliki citara rasa gurih atau umami ini, biasa digunakan di masakan atau makanan untuk menambah dan memperkuat rasa. 

Kenikmatan aroma maupun rasa kaldu ayam tentunya tak bisa Anda tolak. Bahkan, terkadang menambah harum pada masakan atau makanan yang diolah. Di pasaran banyak kaldu instan yang biasa digunakan masyarakat. Namun, sebenarnya Anda juga bisa membuat kaldu ayam sendiri yang tentunya lebih sehat karena tidak ditambahkan bahan kimia apapun. Bukan hanya membuat makanan enak secara alami, kaldu ayam asli juga lebih sehat karena mengandung zat besi, kolagen, dan tinggi vitamin, dibandingkan kamu menggunakan kaldu ayam blok yang tinggi MSG.

Anda dapat menyimpan kaldu tersebut di dalam kulkas atau freezer. Biarkan kaldu mendingin dalam toples tertutup sepenuhnya sebelum membeku. Kaldu ayam dapat bertahan seminggu atau lebih di kulkas, dan beberapa bulan di freezer. 

Untuk memudahkan Anda dalam membuat kaldu ayam, berikut ini ada beberapa cara membuat kaldu ayam yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (18/6/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Mengonsumsi Kaldu Ayam

Kandungan kaldu ayam dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan karena nutrisi yang terkandung di dalamnya akan mudah diserap oleh usus. Kandungan kolagen, asam amino glisin, dan prolin dalam kaldu ayam juga dapat merawat kulit agar tetap cantik dan awet muda.

Selanjutnya, kaldu ayam dapat berkhasiat sebagai anti peradangan (inflamasi) di dalam tubuh karena mengandung zat glycine yang bermanfaat untuk mendetoks organ hepar. Dan cara membuat kaldu ayam dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3 dari 3 halaman

Daftar Cara Membuat Kaldu Ayam yang Gurih dan Lezat

Berikut ini ada beberapa Cara Membuat Kaldu Ayam yang dapat Anda coba di rumah dan bisa jadi stok, diantaranya :

1. Rebusan Tulang Ayam

Bahan-bahan:

-   Sisa tulang dan kulit dari ayam utuh

-   Daun seledri dan batang seledri besar, iris

-   Bawang, 1 bawang besar, dipotong empat

-   Wortel, potong ukuran 5cm

-   Peterseli, 1 ikat

-   Garam

-    Lada

Cara membuat kaldu ayam:

a.  Masukkan sisa tulang dan kulit dari ayam utuh ke dalam panci besar. Tambahkan sayuran seperti seledri, bawang, wortel, dan peterseli.

b.  Tuang air secukupnya lalu tambahkan garam dan merica, sekitar satu sendok teh garam, ¼ sendok teh lada.

c.  Didihkan dan segera kecilkan api, untuk membawa kaldu menjadi sedikit mendidih. Rebus setidaknya 4 jam, sesekali kamu harus mengecek dan mengambil buih apa pun yang muncul ke permukaan.

d.  Lepaskan tulang dan sayuran dengan sendok berlubang atau sendok laba-laba, dan saring kaldu melalui saringan mesh halus.

e.  Jika Anda membuat kaldu persediaan untuk digunakan nanti, kamu harus menyusutkan kaldu engan merebus satu atau dua jam lebih lama untuk membuatnya lebih terkonsentrasi dan lebih mudah disimpan.

2.  Rebusan Punggung, Sayap, dan Kaki Ayam

Bahan-bahan:

-  1 sdm minyak zaitun

-  1.8-2 kg punggung ayam, sayap, kaki, dengan kulit berlemak, potong-potong seukuran 5cm

-  1 bawang bombay, dipotong empat

-  1 wortel besar, potong berukuran 5cm

-  Daun seledri dan 1 batang seledri besar, potong-potong  seukuran 5cm

-  1 ikat peterseli

-  1 Daun bawang

-  1 daun salam

-  6 liter air

-  1 sdm garam

Cara membuat kaldu ayam:

a. Lapisi bagian bawah panci besar dengan minyak zaitun. Tempatkan setengah dari potongan ayam, kulit sisi bawah menghadap bagian bawah panci. Panaskan dengan api sedang, dan biarkan masak sampai ayam menjadi kecokelatan. Tambahkan sisa potongan ayam dan aduk panci, masak dan sesekali aduk sampai ayam tidak lagi berwarna merah muda.

b. Tambahkan bawang, wortel, seledri, peterseli, daun bawang, dan daun salam ke dalam panci. Tuangkan 6 liter air.

c. Rebus sebentar dengan api besar dan kecilkan api. Jika buih naik ke permukaan panci (ini biasanya terjadi pada setengah jam pertama memasak), selipkan dengan sendok logam besar. Biarkan mendidih dengan api kecil, tidak tertutup, selama 4 hingga 6 jam.

d. Gunakan sendok logam besar dengan lubang di dalamnya (sendok laba-laba) untuk menyendok ayam dan sayuran yang dimasak lalu buang.

e. Gunakan saringan besar yang dilapisi kain tipis yang dibasahi atau handuk kertas yang dibasahi (atau jika menggunakan saringan yang sangat halus), dan letakkan di atas mangkuk besar atau panci besar lainnya. Tuang kaldu melalui saringan ke dalam mangkuk atau panci untuk menyaring sisa makanan yang tersisa.

f.  Tuangkan ke dalam toples, atau jika kamu mau untuk merebus kaldu dengan api besar selama 1 jam, untuk menguranginya hingga setengahnya. Dengan cara ini kamu dapat menyimpan kaldu yang terkonsentrasi, yang membutuhkan lebih sedikit ruang di dalam freezer atau kulkas.

3. Membuat Kaldu Ayam dengan Cepat

Bahan-bahan:

- 1.8 kg punggung ayam, sayap, dan kaki yang telah dipotong-potong sebesar 5cm.

- 1 bawang bombay besar, dicincang

- Minyak zaitun secukupnya

-  2 liter air mendidih

-  2 sdt garam

-  2 daun salam

Cara membuat kaldu ayam:

a. Panaskan 1 sendok makan minyak zaitun dalam panci besar. Tambahkan satu bawang cincang. Tumis sampai lunak dan agak berwarna – 2 hingga 3 menit. Pindahkan ke mangkuk besar.

b. Tambahkan setengah dari potongan ayam ke panci. Tumis sampai tidak lagi merah muda, sekitar 4 hingga 5 menit. Pindahkan ayam yang sudah dimasak ke mangkuk. Tumis sisa ayam dengan cara yang sama. Kembalikan potongan bawang dan ayam ke panci. Kurangi panas menjadi rendah, tutupi, dan masak sampai ayam melepaskan sarinya, sekitar 20 menit.

c. Sementara potongan ayam sedang dimasak, isi ketel teh besar dengan 2 liter air, lalu didihkan.

d. Setelah potongan ayam dimasak selama 20 menit, naikkan tingkat panas menjadi tinggi, tambahkan 2 liter air mendidih, 2 sdt garam, 2 lembar daun salam. Kembalilah ke api kecil, gosok bagian bawah wajan yang kecokelatan dengan sendok kayu, lalu tutup dan didihkan selama 20 menit.

e. Saring kaldu melalui kain tipis atau kertas saringan besar berlapis handuk, dan buang bahan rebusan.

4. Kaldu Ayam Organik

Bahan-bahan:

-  1 ayam organik utuh, keluarkan jeroan ayam, tetapi tulang leher disediakan

-  4 buah wortel, cincang kasar

-  3 batang seledri, cincang kasar

-  1 bawang bombay, dikupas dan dipotong-potong

-  4 siung bawang putih kecil

-  Satu ikat thyme

-  Satu ikat peterseli

-  2 sdm lada

-  2 sdm garam

Cara membuat kaldu ayam:

a. Mulailah dengan menempatkan ayam organik utuh yang telah dicuci (jeroan ayam dikeluarkan, tetapi pertahankan tulang leher) ke dalam panci besar, berukuran 8-10 liter. Kemudian tambahkan seledri, yang kira-kira dipotong menjadi potongan-potongan besar, diikuti oleh wortel (juga kira-kira dipotong menjadi potongan besar), bawang bombay (hanya dikupas dan dipotong-potong), dan bawang putih dikupas.

b. Lalu masukkan bersama segenggam besar ramuan herbal seperti peterseli dan thyme, bersama segenggam lada dan sekitar 2 sendok makan garam.

c. Tutup semua bahan-bahan ini dengan sekitar 3 liter air dingin (esensial), dan letakkan panci di atas kompor dengan api besar. Begitu rebusan mulai menggelembung dan mendidih dengan cukup kuat, tutup panci dengan tutup yang agak miring untuk memungkinkan sedikit uap keluar, kurangi panas menjadi rendah, dan didihkan perlahan selama 4 jam, idealnya.

d. Kemudian, angkat ayam dengan hati-hati dari rebusan (itu sangat panas dan akan hancur sangat, sangat mudah, jadi hati-hati), dan saring.

e. Terakhir, cicipi untuk melihat apakah ada garam tambahan yang dibutuhkan, dan gunakan kaldu secara langsung, atau biarkan dingin sebelum didinginkan. Kamu dapat mengambilnya dan menyimpannya di tas ziplock di dalam freezer untuk digunakan dalam olahan makanan selanjutnya.

5. Kaldu Ayam Kampung

Bahan-bahan:

-  1 ekor ayam kampung (agak kecil)

-  2 helai Daun Bawang

-  3 Bawang putih

-  8 Bawang merah

-  ½ Bawang bombay

-  1 wortel

-  Jahe

-  Garam himalaya

Cara membuat kaldu ayam:

a. Cuci bersih ayam. Lalu rebus dengan air.

b. Geprek bawang merah, bawang putih, iris bawang bombay, geprek jahe. Masukkan ke dalam rebusan tadi. Setelah itu masukkan wortel dan daun bawang.

c. Rebus hingga mendidih dengan api kecil sekitar 2 jam.

d. Tiriskan ayam lalu saring air kaldunya. Simpan dalam ziplock dan masukkan kulkas.

6. Kaldu Ayam Bubuk Homemade

Bahan-bahan:

-  150 gram daging ayam filler

-  50 gram Bawang Putih

-  ½ sdt garam

Cara membuat kaldu ayam:

a. Haluskan ayam dan bawang putih. Kamu dapat menggunakan chopper atau blender dan tambahkan sedikit air.

b. Masukkan ke dalam wajan, masak hingga kering. Aduk terus agar tidak gosong.

c. Setelah kering, haluskan kembali dengan dry mill agar tekstur kaldu ayam bubuk lebih halus.

7. Kaldu Ayam MPASI

Bahan-bahan:

-  1 buah wortel ukuran sedang (potong dadu)

-  2 buah bawang bombay (potong²)

-  8 batang seledri

-  4 potong ayam (boleh menggunakan ceker, kepala, sayap, atau diganti daging

-  1.5 L air

Cara membuat kaldu ayam:

a. Didikan air lalu masukkan semua bahan.

b. Masak dengan api kecil ± 2.5 jam atau sampai air hanya tersisa 200-400 ml saja.

Saring, dinginkan kaldu. Lalu masukkan ke dalam kulkas.