Sukses

Konsep adalah Ide yang Diabstrakkan dari Peristiwa Konkret, Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Konsep adalah istilah yang cukup sering disebutkan, namun mungkin maknanya belum dipahami sepenuhnya. Padahal, konsep ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum melakukan sesuatu, tentunya kamu harus memiliki konsep bagaimana akan menjalani sesuatu tersebut. 

Konsep memiliki beberapa pengertian merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.  Pengertian konsep yang pertama yaitu rancangan atau buram surat dan sebagainya. Konsep juga bisa dimaknai sebagai ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret.

Konsep adalah suatu hal yang perannya sangat signifikan dalam kehidupan. Tanpa mengenali konsep ini, kamu tentunya tidak bisa mengatur dan menyusun kehidupanmu sesuai keinginan. Kamu perlu mengetahui berbagai pengertian konsep serta unsur-unsurnya agar lebih memahaminya secara mendalam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/6/2021) tentang konsep adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Konsep

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak orang yang belum memahami makna dari kata konsep ini. Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, yang artinya sesuatu yang dipahami. Konsep adalah pembawa arti. Suatu konsep tunggal bisa dinyatakan dengan bahasa apa pun. Konsep bisa dinyatakan dengan 'Hund' dalam bahasa Jerman, 'chien' dalam bahasa Prancis, 'perro' dalam bahasa Spanyol.

Konsep adalah abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Menurut KBBI, konsep adalah gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain.

Aristoteles dalam "The classical theory of concepts" menyatakan bahwa pengertian konsep adalah penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

Konsep adalah abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep dinyatakan juga sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik.

Berbagai pengertian konsep dikemukan juga oleh beberapa pakar. Pengertian konsep tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

- Konsep adalah suatu arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama.

- Konsep diartikan juga sebagai suatu abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk berpikir.

- Pengertian konsep yang lain adalah sesuatu yang umum atau representasi intelektual yang abstrak dari situasi, objek atau peristiwa, suatu akal pikiran, suatu ide atau gambaran mental.

- Suatu konsep adalah elemen dari proposisi seperti kata adalah elemen dari kalimat.

- Konsep adalah abstrak di mana mereka menghilangkan perbedaan dari segala sesuatu dalam ekstensi, memperlakukan seolah-olah mereka identik. Konsep adalah universal di mana mereka bisa diterapkan secara merata untuk setiap extensinya. Dalam memahami makna konsep ini, kamu juga perlu mengenali unsur serta ciri-cirinya.

3 dari 4 halaman

Unsur Konsep

Konsep adalah ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret. Konsep ini memiliki lima unsur, di antaranya adalah:

- Nama.

Konsep diwakili suatu kata tunggal yang merepresentasikan ide atau gagasan-gagasan.

Contoh: “rumah” mewakili bangunan untuk tempat tinggal.

- Contoh-Contoh Positif dan Negatif

Menganalisis dan membandingkan contoh-contoh positif dan contoh-contoh negatif beserta karakteristiknya.

Rumah Ibadat. Contoh positif: masjid, gereja, dan kuil. Contoh negatif: Gadang, Joglo, dan Bubungan Tinggi.

- Karakteristik Pokok

Karakteristik menciptakan aturan dan menentukan suatu contoh termasuk dalam kategori konsep atau bukan konsep.

Karakteristik pokok rumah yaitu mempunyai atap, dinding, dan lantai.

- Rentangan Karakteristik

Suatu konsep berhubungan dengan konsep-konsep lainnya dan mempunyai rentangan karakteristik yang membatasi konsep tersebut, yaitu:

Superordinat, yaitu konsep yang dihubungkan dengan konsep yang lebih luas. Contoh: konsep "tempat tinggal" adalah konsep Superordinat dari "rumah".

Koordinat, yaitu konsep-konsep yang setara dan saling berkaitan satu dengan lainnya. Contoh: konsep "rumah kontrakan" setara dengan konsep "rumah dinas".

Subordinat, kebalikan konsep Superordinat yaitu subkategori atau bagian kecil dari suatu konsep. Contoh: konsep "rumah" adalah bagian dari konsep "tempat tinggal".

- Kaidah

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Konsep

Setiap suatu konsep memiliki suatu ciri-ciri tertentu yang dapat kamu kenali. Berikut ini adalah ciri-ciri konsep yang perlu kamu ketahui:

1. Konsep memiliki krakteristik yang bersifat Abstrak, yaitu Merupakan suatu gambaran mental mengenai sebuah benda, kegiatan, atau peristiwa.

2. Secara umum konsep merupakan suatu kumpulan berbagai objek atau benda dengan karakteristik dan kualitas tertentu.

3. Konsep memiliki karakteristik yang bersifat personal, yaitu Sebuah pemahaman pada diri seseorang tentang suatu hal dapat berbeda dari pemahaman orang lain dalam mengenai suatu hal tersebut.

4. Karakteristik konsep dapat diketahui melalui proses belajar seseorang dan pengalaman seseorang itu sendiri.

Itulah beberapa pengertian konsep, unsur-unsur konsep, serta ciri-cirinya yang perlu kamu ketahui. Hal ini dapat membuat kamu lebih memahami apa itu konsep secara lebih mendalam, sehingga kamu memiliki pemahaman tentangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini