Sukses

12 Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan, dari Persendian sampai Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat akupuntur sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, khususnya di Tiongkok. Akupunktur adalah suatu bentuk pengobatan yang melibatkan memasukkan jarum yang sangat tipis melalui kulit seseorang pada titik-titik tertentu pada tubuh. Manfaat akupuntur berasal dari metode pengobatan Tiongkok Kuno.

Manfaat akupuntur didapat dari memasukkan jarum ke dalam tubuh seseorang dengan tujuan untuk menyeimbangkan energinya. Menurut sejumlah penelitian, manfaat akupuntur dapat membantu menghilangkan rasa sakit, dan digunakan untuk berbagai keluhan lainnya.

Manfaat akupuntur aman jika dilakukan dengan benar dan oleh ahlinya. Saat ini penelitian ilmiah tentang manfaat akupuntur masih terus berjalan dan bukti masih terbatas. Berikut manfaat akupuntur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (20/6/2021).

2 dari 7 halaman

Manfaat akupuntur untuk kesehatan

Bantu atasi sakit punggung bawah

Manfaat akupuntur yang pertama adalah bisa membantu mengatasi sakit pinggang atau punggung bawah. Menurut laporan Annals of Internal Medicine pada tahun 2017, para peneliti menganalisis uji coba yang diterbitkan sebelumnya tentang penggunaan terapi non-farmakologis (termasuk akupunktur) untuk nyeri punggung bawah.

Hasilnya akupunktur dikaitkan dengan penurunan intensitas nyeri dan fungsi yang lebih baik segera setelah perawatan akupunktur, dibandingkan tanpa akupunktur. Namun, dalam jangka panjang, perbedaannya kecil atau tidak jelas.

Bantu atasi migrain

Dalam ulasan 2016 yang diterbitkan di Cochrane Database of Systematic Review, para ilmuwan meninjau 22 uji coba yang diterbitkan sebelumnya (melibatkan 4985 peserta). Dalam kesimpulan mereka, mereka menemukan bahwa menambahkan akupunktur untuk pengobatan gejala migrain dapat mengurangi frekuensi episode, namun ukuran efeknya kecil jika dibandingkan dengan pengobatan akupunktur palsu.

3 dari 7 halaman

Manfaat akupuntur untuk kesehatan

Bantu atasi sakit kepala tegang

Sebuah tinjauan tahun 2016 yang diterbitkan oleh Cochrane Library, (melibatkan 12 percobaan dan 2349 peserta) menyarankan bahwa akupunktur yang melibatkan setidaknya enam sesi dapat membantu orang yang sering mengalami sakit kepala tegang. Dalam dua penelitian, akupunktur yang ditambahkan ke perawatan atau pengobatan biasa pada onset sakit kepala saja (biasanya dengan obat pereda nyeri) menghasilkan penurunan frekuensi sakit kepala dibandingkan dengan perawatan biasa saja.

Bantu atasi sakit lutut

Dalam Journal of Bone & Joint Surgery pada 2016, menemukan bahwa akupunktur meningkatkan fungsi fisik dalam jangka pendek dan panjang pada orang dengan nyeri lutut kronis akibat osteoarthritis, tapi itu tampaknya hanya memberikan jangka pendek (sampai 13 minggu) menghilangkan rasa sakit.

4 dari 7 halaman

Manfaat akupuntur untuk kesehatan

Kurangi stres

Dari perspektif Pengobatan Tradisional Cina (TCM), akupunktur mengurangi stres dengan meningkatkan pergerakan Qi dalam tubuh. Menurut TCM, energi yang biasanya mengalir lancar ke seluruh tubuh bisa menjadi tertahan atau tercecer karena stres atau penyakit.

Ketika titik akupunktur diterapkan ke area stagnasi atau di sepanjang saluran energi di mana energi tidak mengalir dengan baik, itu dapat meningkatkan aliran Qi dan mengatasi gejala-gejala stres, menghasilkan relaksasi dan kelegaan, merasakan apa yang seharusnya kita rasakan ketika tubuh kita mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Dari sudut pandang fisiologis, stimulasi titik akupunktur mendorong pelepasan 'hormon bahagia', seperti endorfin dan bahan kimia alami lainnya yang memberi sinyal kepada tubuh bahwa itu aman, terjamin, dan dapat rileks dan mematikan respons stresnya

Atasi insomnia

Menurut Jurnal Medicine November 2019, akupunktur sebagai salah satu terapi medis komplementer dan alternatif untuk insomnia, telah terbukti menjadi metode yang efektif untuk insomnia dalam banyak uji klinis. Bahkan, sebagian orang mengaku, setelah melakukan terapi akupunktur mereka merasakan tidur yang lebih nyenyak.

5 dari 7 halaman

Manfaat akupuntur untuk kesehatan

Atasi nyeri haid

Sebuah studi baru yang dipimpin oleh peneliti Australia menguji efektivitas perawatan akupunktur dalam mengurangi nyeri haid. Ditemukan bahwa wanita yang menjalani akupunktur lebih sering mengalami peningkatan yang lebih signifikan dalam intensitas nyeri haid dan gejala terkait, serta kualitas hidup secara keseluruhan.

Atasi Fibromyalgia

Manfaat akupuntur selanjutnya adalah bisa mengatasi kelelahan kronis atau fibromyalgia. Akupunktur dikenal dapat mengurangi banyak jenis nyeri kronis. Ini dapat bermanfaat bagi penderita fibromyalgia.

Akupunktur memiliki banyak manfaat kesehatan potensial untuk fibromyalgia, termasuk tingkat rasa sakit yang lebih rendah, tidur lebih baik, kemungkinan kekebalan sistem stimulasi, dan peningkatan relaksasi.

6 dari 7 halaman

Manfaat akupuntur untuk kesehatan

Baik untuk pencernaan

Akupunktur juga dapat meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Akupunktur membantu dengan menyeimbangkan sumbu usus-otak dan sistem saraf untuk mengurangi stres, yang pada gilirannya meningkatkan fungsi pencernaan.

Atasi jerawat

Para ahli modern percaya bahwa akupunktur bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan. Akupunktur dapat menawarkan manfaat untuk beberapa jenis jerawat dan kondisi kulit lainnya. Akupunktur dapat membantu mengatasi akar penyebab jerawat hormonal, ketidakseimbangan hormon, serta jerawat itu sendiri.

Selama sesi akupunktur, kulit ditusuk dengan jarum kecil. Tubuh merespon dengan cepat dengan respon penyembuhan luka yang dipercepat. Ini mungkin memiliki manfaat untuk jaringan parut, termasuk bekas jerawat.

7 dari 7 halaman

Manfaat akupuntur untuk kesehatan

Atasi obesitas

Manfaat akupunktur bisa membantu mengatasi obesitas yang disebabkan oleh stres. Ketika tubuh sedang stres, ia melepaskan hormon stres yang menyebabkan penambahan berat badan, respons evolusioner untuk bertahan hidup. Akupunktur auricular (telinga) adalah metode yang paling sering digunakan untuk pengobatan obesitas.

Titik auricular yang umum digunakan dalam pengobatan obesitas termasuk titik 'Lapar' dan 'Perut' (untuk rasa kenyang dan kenyang) dan 'Shenmen' (untuk sedasi dan analgesia).

Atasi masalah kesuburan

Akupunktur sebagai pengobatan untuk infertilitas menunjukkan hasil yang bagus baik pada pria maupun wanita. Akupunktur dapat dianggap sebagai pengobatan yang berhasil dalam memulihkan kesuburan pada pasien, dengan meningkatkan kualitas sperma dan fungsi ovarium serta menyeimbangkan sistem endokrin dan hormon.