Sukses

Sejarah Hari Ayah Sedunia dan Ucapannya, Hangat Penuh Makna

Liputan6.com, Jakarta Hari Ayah tahun ini diperingati pada Minggu, 20 Juni 2021. Momen ini tak kalah istimewa dari Hari Ibu. Hari Ayah diperingati di beberapa negara di seluruh dunia.

Meski sebagian besar anak tidak memerlukan tanggal tertentu untuk merayakan pria terpenting dalam hidup mereka, setiap ayah, sama seperti ibu, layak mendapatkan hari istimewanya di kalender.

Hari Ayah sedunia dirayakan pada hari Minggu ketiga bulan Juni. Hari ayah ini diperingati di hampir 70 negara di dunia. Di beberapa negara, Hari Ayah diperingati pada tanggal yang berbeda. Peringatan ini dibuat untuk mengungkapkan penghargaan dan pengakuan atas peran figur ayah dalam kehidupan anak-anak dan masyarakat.

Seperti apa sejarah Hari Ayah dan bagaimana perayaannya? Simak sejarah Hari Ayah Sedunia, lengkap dengan ucapannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (20/6/2021).

2 dari 6 halaman

Sejarah Hari Ayah

Hari Ayah yang berlangsung tiap Minggu ketiga bulan Juni, pertama dicetuskan dan dirayakan di Amerika Serikat. Menurut lama History, Hari Ayah dicetuskan oleh seorang wanita asal Spokane, Washington yang bernama Sonora Smart Dodd. Sonora dibesarkan oleh seorang duda veteran Perang Sipil.

Sonora mencoba menetapkan hari ayah dengan mencari dukungan ke gereja dan pemerintah. Ide Sonora kemudian berhasil dan disetujui oleh pemerintah setempat. Negara Bagian Washington akhirnya merayakan Hari Ayah pertama di seluruh negara bagian pada 19 Juni 1910.

Pada tahun 1966, mantan presiden AS Lyndon B Johnson mengumumkan hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah. Hampir 62 tahun kemudian dari tahun 1910, Hari Ayah dinyatakan sebagai hari libur nasional oleh Richard Nixon yang saat itu menjabat sebagai Presiden AS (1972).

3 dari 6 halaman

Kapan Hari Ayah Diperingati?

Hari Ayah Sedunia diperingati setiap hari Minggu ketiga di bulan Juni. Tahun ini tanggalnya jatuh pada 20 Juni 2021. Tradisi perayaan Hari Ayah ini ternyata tak hanya menyebar di Amerika Serikat, melainkan di negara lain.

Negara yang merayakan Hari Ayah pada Minggu Ketiga bulan Juni ini di Antaranya adalah Afganistan, Aljazair, Bangladesh, Kolumbia, Yunani, Hongkong, India, Irlandia, Malaysia, Singapura, Turki, Inggris, dan masih banyak lagi.

Indonesia juga turut memperingati Hari Ayah Sedunia ini. Namun, Indonesia juga punya tanggal Hari Ayah Nasionalnya sendiri pada 12 November. Hari Ayah di Indonesia pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 di Balai Kota Surakarta. Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

4 dari 6 halaman

Ucapan Hari Ayah

1. Ayahku memberiku hadiah terbesar yang bisa diberikan siapa pun kepada orang lain, dia percaya padaku.

2. Ibuku memberiku dorongan, tapi ayahku memberiku mimpiku. Berkat dia, aku bisa melihat masa depan.

3. Tidak ada pria yang pernah saya temui yang setara dengan ayah saya, dan saya tidak pernah mencintai pria lain sebesar itu.

4. Ayahku tidak memberitahuku bagaimana cara hidup. Dia hidup, dan membiarkan aku melihatnya melakukannya.

5. Saya tidak bisa memikirkan kebutuhan apa pun di masa kanak-kanak yang sekuat kebutuhan akan perlindungan seorang ayah.

6. Ayah - pahlawan pertama seorang putra, cinta pertama seorang putri.

7. Ayah sayalah yang mengajari saya untuk menghargai diri saya sendiri. Dia mengatakan kepada saya bahwa saya luar biasa cantik dan bahwa saya adalah hal yang paling berharga dalam hidupnya.

8. Seorang ayah adalah satu-satunya teman yang selalu bisa kita andalkan.

9. Kekuatan seorang ayah dalam kehidupan seorang anak tidak tertandingi.

10. Ayah yang bijaksana adalah yang mengenal anaknya sendiri.

5 dari 6 halaman

Ucapan Hari Ayah

1. Seorang ayah tidak memberitahumu bahwa dia mencintaimu. Dia menunjukkannya.

2. Di belakang setiap putri yang hebat ada ayah yang benar-benar luar biasa.

3. Seorang ayah adalah seseorang yang kamu hormati tidak peduli seberapa tinggi kamu tumbuh.

4. Ayah, baiklah pada putri-putrimu. Anda adalah dewa dan bobot dunianya.

5. Ayah adalah pria biasa yang diubah oleh cinta menjadi pahlawan, petualang, pendongeng, dan penyanyi lagu.

6. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa mencintai seorang gadis lebih dari ayahnya.

7. Ayahku memberiku mimpiku. Berkat dia, aku bisa melihat masa depan.

8. Ayah saya tidak melakukan sesuatu yang tidak biasa. Dia hanya melakukan apa yang seharusnya dilakukan ayah—ada di sisiku.

9. Ayah, tangan pemandumu di bahuku akan tetap bersamaku selamanya.

10. Seorang ayah bukanlah jangkar untuk menahan kita, atau layar untuk membawa kita ke sana, tetapi cahaya penuntun yang cintanya menunjukkan jalan kepada kita.

6 dari 6 halaman

Ucapan Hari Ayah

1. Seorang ayah adalah satu-satunya teman yang selalu dapat kita andalkan. Pada saat dibutuhkan, ketika segalanya gagal, kita mengingatnya di atas lutut siapa kita duduk ketika anak-anak, dan yang menenangkan kesedihan kita; dan meskipun dia mungkin tidak dapat membantu kita, kehadirannya hanya menghibur dan menguatkan kita.

2. Ketika kamu membutuhkan pemahaman yang nyata, ketika kamu membutuhkan seseorang untuk peduli, ketika kamu membutuhkan seseorang untuk membimbingmu ... Seorang ayah selalu ada.

3. Apa yang dikatakan seorang ayah kepada anak-anaknya tidak didengar oleh dunia, tetapi akan didengar oleh anak cucu.

4. Akan selalu ada beberapa orang yang memiliki keberanian untuk mencintai apa yang liar di dalam diri kita. Salah satu dari orang itu adalah ayahku.

5. Setiap anak mengutip ayahnya, dalam kata-kata dan perbuatan.

6. Seorang ayah adalah pria yang mengharapkan putranya menjadi pria sebaik yang dia inginkan.

7. Kata-kata seorang ayah seperti termostat yang mengatur suhu di rumah.

8. Hal terbesar yang bisa dilakukan seorang ayah untuk anak-anaknya adalah mencintai ibu mereka.

9. Keluarga yang bahagia adalah cerminan dari ayah yang baik dan suami yang penyayang.

10. Seorang pria tidak pernah berdiri setinggi ketika dia berlutut untuk membantu seorang anak.