Sukses

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli dan Manfaat Mempelajarinya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian kewirausahaan perlu ditanamkan bagi generasi muda. Kewirausahaan merupakan sebuah ilmu dasar yang penting dimiliki masyarakat. Pentingnya kewirausahaan bahkan membuatnya sudah diajarkan pada sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.

Pengertian kewirausahaan memiliki arti penting dalam membuka peluang usaha. Dengan kewirausahaan, seseorang bisa lebih mandiri secara ekonomi. Pengertian kewirausahaan akan memberi gambaran tentang bagaimana konsep dari menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Pengertian kewirausahaan penting dipahami, terutama bagi yang bercita-cita sebagai pengusaha sukses. Banyak ahli telah mengemukakan pengertian kewirausahaan. Dengan pengertian kewirausahaan, seseorang akan lebih dekat dengan profesi ini. Berikut pengertian kewirausahaan secara umum dan menurut para ahli, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/6/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian kewirausahaan secara umum

Kewirausahaan berasal dari kata wirausaha. Dalam bahasa Indonesia wirausaha merupakan gabungan dari wira yang artinya gagah, berani, perkasa, dan usaha yang berarti bisnis. Pengertian kewirausahaan adalah ilmu atau konsep tentang menjadi seseorang yang berani dalam membangun bisnis.

Kewirausahaan adalah kemampuan dan kesiapan untuk mengembangkan, mengatur dan menjalankan suatu badan usaha beserta segala ketidakpastiannya untuk memperoleh keuntungan. Kewirausahaan adalah tindakan menjadi wirausahawan, atau pemilik perusahaan bisnis yang dengan risiko dan inisiatif berusaha untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

3 dari 6 halaman

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Dan Steinhoff dan John F. Burgess

Menurut Dan Steinhoff dan John F. Burgess, wirausaha adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha.

Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scharborough

Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scharborough mendefinisikan kewirausahaan sebagai usaha untuk menciptakan nilai lewat pengenalan terhadap peluang bisnis, manajemen mengambil risiko yang cocok dengan peluang yang ada dan lewat kemampuan komunikasi dan manajemen memobilisasi manusia, keuangan, dan berbagai sumber daya yang diperlukan untuk membawa suatu proyek sampai berhasil.

Jong dan Wennekers

Menurut Jong dan Wennekers, kewirausahaan adalah pengambilan risiko untuk menjalankan usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang-peluang untuk menciptakan usaha baru atau dengan pendekatan yang inovatif sehingga usaha yang dikelola berkembang menjadi besar dan mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan persaingan.

Schumpeter

Ekonom Austria terkenal, Joseph Schumpeter, menciptakan istilah 'Unternehmer' yang dia maksud dengan semangat kewirausahaan. Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang yang mengidentifikasi peluang komersial, apakah materi, produk, layanan, atau bisnis dan kemudian mengatur usaha atau sistem untuk menerapkannya sehingga menghasilkan uang.

4 dari 6 halaman

Pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Robert C. Ronstadt

Kewirausahaan adalah suatu proses yang dinamis untuk meningkatkan kesejahteraan. Kesejahteraan ini diciptakan oleh individu-individu yang bersedia mengambil risiko, atas kekayaan, waktu, dan/atau karier dalam menyediakan nilai (sesuatu yang bernilai) pada barang atau jasa.

Coulter

Kewirausahaan sering dikaitkan dengan proses, pembentukan atau pertumbuhan suatu bisnis baru yang berorientasi pada perolehan keuntungan, penciptaan nilai, dan pembentukan produk atau jasa baru yang unik dan inovatif.

Suryana

Suryana mengungkapkan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.

Achmad Sanusi

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis.

5 dari 6 halaman

Manfaat kewirausahaan

Menurut Thomas W Zimmerer, manfaat kewirausahaan di antaranya adalah:

Peluang untuk Menentukan Nasib Sendiri

Memiliki usaha atau perusahaan sendiri memberikan kebebasan dan peluang bagi para wirausaha untuk mencapai apa yang penting baginya. Pebisnis akan berusaha memenangkan hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan bisnis untuk mewujudkan cita-cita mereka.

Memberi peluang melakukan perubahan

Semakin banyak pebisnis yang memulai usahanya, mereka dapat menangkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka sangat penting. Pebisnis menemukan cara bagaimana mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai masalah sosial dan masalah ekonomi dengan harapan akan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya

Banyak sekali yang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan kadang membosankan, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi wirausaha. Bagi mereka, tidak banyak perbedaan antara bekerja, menyalurkan hobi atau bermain. Baik keduanya sama saja.

Bisnis-bisnis yang mereka miliki merupakan alat aktualisasi diri. Keberhasilan yang mereka dapat merupakan sesuatu yang ditentukan oleh kreativitas, inovasi, sikap antusias dan visi mereka sendiri. Seseorang yang memiliki usaha atau perusahaan sendiri pada dasarnya memberikan kekuasaan kepadanya, kebangkitan spiritual dan membuat dia mampu mengikuti minat atau hobinya sendiri.

6 dari 6 halaman

Manfaat kewirausahaan

Peluang untuk Meraih Keuntungan

Walaupun pada tahap awal uang bukan daya tarik utama bagi wirausahawan, keuntungan berwirausahawan merupakan faktor motivasi yang penting untuk mendirikan usaha sendiri, kebanyakan pebisnis tidak ingin menjadi kaya raya, tetapi kebanyakan diantara mereka yang menang menjadi berkecukupan.

Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakat

Pengusaha atau pemilik usaha kecil seringkali merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan dipercaya. Kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling merhormati adalah ciri pengusaha kecil.Pemilik menyukai kepercayaan dan pengakuan yang diterima dari pelanggan yang telah dilayani dengan setia selam bertahun-tahun.

Peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai

Hal yang didasarkan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil adalah bahwa kegiatan usaha mereka sesungguhnya bukan kerja. Kebanyakan kewirausahawan yang berhasil memilih masuk dalam bisnis tertententu, sebab mereka tertarik dan menyukai pekerjaan tersebut. Mereka menyalurkan hobi atau kegemaran mereka menjadi pekerjaan mereka dan mereka senang bahwa mereka melakukannya.