Sukses

15 Macam-Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern, Pahami Kelebihannya

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam alat komunikasi bisa dibagi berdasarkan pada zaman penggunaannya, yaitu alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern. Alat komunikasi merupakan sarana penting untuk menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari.

Sejak zaman dahulu sampai sekarang, ada macam-macam alat komunikasi yang digunakan. Mulai dari alat komunikasi tradisional yang masih menggunakan cara-cara konvensional, hingga alat komunikasi berteknologi modern yang mampu digunakan secara global.

Dengan perkembangan jaman yang terjadi tentu saja sebuah transformasi dari jenis alat komunikasi terus mengalami perubahan. Perbedaan antara alat komunikasi tradisional dan modern sangat besar. Jika jaman dahulu proses komunikasi masih dilakukan dengan penuh keterbatasan, maka kini proses komunikasi jauh lebih advance karena sudah bisa menjangkau seluruh dunia.

Penasaran apa saja alat komunikasi jaman dulu maupun yang terkini. Berikut ini macam-macam alat komunikasi tradisional dan modern yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/6/2021).

2 dari 3 halaman

Macam-macam Alat Komunikasi Tradisional

Alat komunikasi tradisional adalah alat komunikasi yang tidak menggunakan listrik atau pun jaringan sinyal. Alat ini mengandalkan suara, tenaga makhluk hidup, dan juga tulisan sebagai perantara. Cara kerja alat komunikasi tradisional sangat sederhana. Untuk bisa menyampaikan pesan, alat komunikasi tradisional menggunakan cara-cara manual, seperti media tulis, orang atau hewan untuk mengantar pesan, dan sebagainya. Berikut ini adalah macam-macam alat komunikasi tradisional dalam peradaban manusia, beberapa masih dipakai hingga saat ini, yaitu :

1. Kentongan

Macam-macam alat komunikasi tradisional yang pertama adalah kentongan. Kentongan adalah alat komunikasi tradisional yang sampai sekarang masih banyak digunakan. Suara khas yang dihasilkan kentongan membuat alat ini mudah dikenali sebagai sinyal atau tanda untuk mengumpulkan orang,

Zaman dahulu, masyarakat Indonesia menggunakan kentongan untuk alat komunikasi masa, sebagai pertanda jika ada kejadian berbahaya seperti maling, gempa bumi, atau orang yang meninggal dunia. Salah satu isyarat nada kentongan yang paling populer adalah ketika Anda mendengar ketukan tempo pelan berarti menandakan kondisi aman. Sementara jika terdengar suara kentongan dengan tempo cepat maka menjadi pertanda bahaya datang.

2. Teropong Kaleng

Macam-macam alat komunikasi tradisional yang selanjutnya adalah teropong kaleng. Meski identik dengan mainan anak-anak, tetapi teropong kaleng bisa juga digunakan sebagai alat untuk menunjang komunikasi sederhana. Cara kerja teropong kaleng juga sangat sederhana, yakni menggunakan kaleng sebagai isolator suara dan tali memanjang sebagai perambat suara yang menghubungkan dua orang. Syarat utama agar teropong kaleng ini bisa bekerja adalah dengan menegangkan tali agar tidak sampai kendur atau longgar.

3. Lonceng

Macam-macam alat komunikasi tradisional yang selanjutnya adalah lonceng. Lonceng adalah sebuah benda terbuat dari logam yang bisa menghasilkan suara. Sama seperti kentongan, lonceng juga menjadi alat komunikasi tradisional yang bisa membuat para pendengarnya paham akan suatu kejadian dan apa saja yang harus dilakukan. Dahulu kala, lonceng digunakan sebagai alat komunikasi untuk mengumpulkan orang, mengingatkan waktu ibadah, hingga menjadi sinyal bahaya.

4. Asap

Satu lagi alat komunikasi tradisional yang biasa digunakan adalah asap. Biasanya asap menjadi pilihan ketika seseorang tersesat di hutan. Selain itu, di era nenek moyang kepulan asap umumnya juga digunakan sebagai sinyal peringatan jika ada pasukan musuh yang mendekati kawasan tempat tinggal.

5. Daun Lontar

Macam-macam alat komunikasi tradisional yang selanjutnya adalah daun lontar. Orang jaman dulu memang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi yang tepat. Alat komunikasi surat-menyurat di Indonesia telah dimulai sejak masa kerajaan Pajajaran, Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram, dan Majapahit. Daun lontar inilah yang di pakai untuk bahan kerajinan serta naskah, pada jaman itu daun lontar menjadi sangat lazim digunakan.

6. Burung Merpati

Macam-macam alat komunikasi tradisional yang selanjutnya adalah burung merpati. Merpati adalah hewan cerdas yang mampu mengenali arah. Dengan latihan khusus, merpati bisa menjadi hewan penyampai pesan dari satu tempat ke tempat lain. Apalagi, kecepatan terbang merpati juga cukup tinggi. Biasanya, pesan digulung kemudian diletakkan pada tempat khusus yang ada pada kaki burung merpati. Burung merpati akan terbang sesuai dengan arah yang sudah diajarkan. Namun, tidak selamanya arah terbang merpati akurat.

7. Bedug

Bedug adalah sebuah alat komunikasi tradisional dengan bahan tabung kayu dan juga kulit kambing. Kuliit kambing dipakai sebagai permukaan yang dipukul dengan menggunakan tongkat kayu tumpul. Bedug tidak hanya dipakai di Indonesia, di Jepang misalnya, alat tradisional semacam bedug juga ada dan dinamai wakaido. Di Indonesia, bedug dipakai sebagai panggilan untuk salat sebelum azan berkumandang. Kulit kambing digunakan, karena selain tahan lama, kulit kambing juga kuat dan tidak mudah sobek meskipun dipukul setiap hari.

8. Gamelan

Gamelan memang lebih dikenal sebagai alat musik, tetapi juga bisa dikategorikan sebagai alat komunikasi. Pasalnya, suara gamelan juga menjadi penanda bagi perubahan gerak-gerak pada tarian. Jadi, gerakan pada tarian mengikuti suara ketukan gamelan. Ini akan menciptakan sebuah harmoni pada pertunjukkan seni tari.

3 dari 3 halaman

Macam-macam Alat Komunikasi Modern

Alat komunikasi modern ditandai dengan keberadaan jaringan sinyal dan listrik, atau bila tidak, merupakan sesuatu yang masih relevan dengan kehidupan modern. Kelebihan dari alat modern adalah memungkinkan resipien bisa membalas pesan informasi dengan cepat, mampu menampilkan wujud pengirim secara nyata dan lebih mudah dipahami semua kalangan. Berikut ini adalah macam-macam alat komunikasi modern, yaitu:

9. Telepon Kabel

Macam-macam alat komunikasi modern yang pertama adalah telepon kabel. Di awal perkembangan teknologi, telepon kabel menjadi alat komunikasi modern yang banyak diminati. Sesuai namanya, telepon kabel menggunakan jaringan kabel sebagai penghubung antar satu pengguna dengan pengguna lain, hal inilah yang membuat penyebaran jaringan telepon mudah menyebar di wilayah-wilayah pedesaan karena biaya infrastruktur bisa ditekan. Sayangnya, umum telepon kabel tidak terlalu panjang. Seiring waktu berjalan, masyarakat sudah mulai beralih menggunakan penemuan baru yang lebih modern, yakni ponsel atau telepon genggam.

10. Smartphone

Macam-macam alat komunikasi modern yang selanjutnya adalah smartphone. Seiring perkembangan zaman, telepon yang dulunya menggunakan kabel kini sudah bersifat wireless atau nirkabel. Saat ini telepon genggam atau ponsel menggunakan sinyal yang dipancarkan oleh tower transmisi dan satelit komunikasi. Alhasil, perangkat ini menjadi mesin komunikasi modern yang sangat fleksibel. Kehadiran smartphone juga banyak merubah kebiasaan komunikasi masyarakat. Menariknya, kita sudah bisa menggunakan smartphone untuk mengakomodir berbagai kebutuhan. Mulai dari bermain, belajar, komunikasi, hingga memperlancar urusan pekerjaan.

11. Email

Macam-macam alat komunikasi modern yang selanjutnya adalah email. Email pada dasarnya mengambil konsep surat, yakni pesan berupa tulisan. Hanya saja, email dikirim bukan oleh pos, melainkan oleh penyedia layanan internet tertentu, seperti Google, Yahoo dll. Email kini bisa dengan mudah dikirim melalui ponsel pintar dalam waktu yang relatif cepat.

12. Faksimili

Macam-macam alat komunikasi modern yang selanjutnya adalah faksimili. Faksimili adalah alat komunikasi tertulis yang bisa digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk tulisan. Mesin ini sangat efektif digunakan untuk pekerja kantor yang sehari-hari membutuhkan pengiriman dokumen antar departemen.

13. Koran

Macam-macam alat komunikasi modern yang selanjutnya adalah koran. Koran memang tidak menggunakan sinyal atau menggunakan listrik, tetapi media yang satu ini bisa dikategorikan sebagai alat komunikasi modern. Pasalnya, koran merupakan sebuah kumpulan berita yang masih dibaca hingga kini. Harus diakui bahwa koran kertas kini sudah mulai berkurang akibat semakin masifnya pemberitaan di media daring yang paperless.

14. Telegraf

Telegraf adalah mesin pencetak sandi-sandi tertentu dalam sebuah kertas yang dinamakan telegram. Pesan yang tertera pada telegram berupa kalimat pendek. Telegram sering dipakai pada zaman penjajahan dan sebelum ditemukannya telepon. Telegram bisa memudahkan pengiriman pesan untuk hal-hal penting, seperti kabar kematian dan sebagainya. Kini, karena semakin banyak alat komunikasi yang canggih dalam genggaman, maka telegraf hanya tinggal kenangan saja.

15. Intercom

Intercom adalah alat komunikasi tanpa kabel yang bisa digunakan dalam radius tertentu. Intercom bisa menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lain di dalam sebuah area. Anda hanya perlu menekan tombol tertentu pada intercom kemudian bersuara. Suara itu akan sampai pada intercom lain yang terhubung dengan Anda dan sambungannya telah ditekan sebelumnya. Intercom masih digunakan sampai saat ini. Biasanya, intercom dipakai di rumah sakit, kantor, atau di tempat lain yang memang memerlukan hubungan antarsatu divisi dan divisi lainnya dengan cepat.

Itu tadi macam-macam alat komunikasi tradisional dan modern yang telah mengalami perkembangan cukup pesat. Dengan adanya teknologi komunikasi menajdi memudahkan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.