Sukses

Tembus Pandang, 6 Hewan Laut Ini Punya Tubuh Transparan yang Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Sungguh keajaiban alam yang tak pernah disangka. Ada hewan yang seluruh organ dalamnya bisa terlihat dari luar alias transparan. Yang menakjubkan adalah ketika hewan itu berada di dalam air laut. Kilauan kulitnya semakin indah terkena sinar matahari.

Namun spesies hewan transparan jarang ditemukan. Bahkan keberadaannya tak dapat diketahui, hanya orang-orang yang sedang mendapat keberuntungan yang bisa menemukannya. Bentuknya yang menarik membuat orang penasaran dengan hewan laut tersebut.

Diantara miliaran spesies hewan di dunia, hewan transparan menjadi hewan yang melindungi diri dengan menyamarkan tubuhnya dengan memamerkan semuanya. Bentuk dan karakteristiknya pun berbeda-beda. Sungguh keajaiban alam yang indah dan luar biasa.

Fakta-fakta alam yang menarik dan di luar imajinasi akan diulas oleh Liputan6.com yaitu penampakan hewan laut transparan yang menakjubkan, dilansir dari Pulptastic pada Senin (21/6/2021).

 

2 dari 7 halaman

1. Ikan Es Buaya, ikan transparan Antartika hantu ini memiliki darah tidak berwarna. Satu-satunya vertebrata yang diketahui tanpa sel darah merah dan hemoglobin.

3 dari 7 halaman

2. Salp Laut, organisme berbentuk tong kecil ini bergerak melalui air dengan memompa air melalui tubuh agar-agar mereka, mengunyah fitoplankton saat mereka pergi.

4 dari 7 halaman

3. Teripang Transparan, makhluk laut mirip alien ini hidup di kedalaman 2.750 meter di dasar laut. Ia merayap maju dengan banyak tentakelnya dengan kecepatan sekitar 2 cm per menit.

5 dari 7 halaman

4. Ikan Pari Besar, sering ditemukan di perairan dangkal. Kulit mereka yang sangat pucat menunjukkan organ dalam.

6 dari 7 halaman

5. Phronima, makhluk mirip udang laut dalam ini berukuran kecil (sebagian besar tidak pernah melebihi 1 inci panjangnya) tetapi ia sangat ganas. Phronima betina menyerang salps dan memakannya dari dalam.

7 dari 7 halaman

6. Ubur-ubur Sisir atau Kenari Laut (Mnemiopsis leidyi) memiliki tubuh berlobus. Sisir ini mengeluarkan cahaya warna pelangi yang menakjubkan ketika jeli terganggu.