Sukses

16 Macam Suku di Indonesia dan Asalnya, dari Sabang Sampai Merauke

Macam suku di Indonesia dan asalnya dari Sabang sampai Merauke tentu menarik dikenali, dengan segala keunikannya.

Liputan6.com, Jakarta Macam suku di Indonesia penting dikenali agar kamu lebih memahami saudara sebangsa. Apalagi, Indonesia memiliki beragam suku yang memiliki berbagai perbedaan dalam budaya. Mengenali masing-masingnya tentu membuat kamu merasa semakin dekat dengan teman-teman dair daerah lain. 

Menurut sensus BPS tahun 2010, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air. Walaupun begitu, akibat dari perpindahan penduduk, pencampuran budaya, dan saling mempengaruhi, pembagian kelompok suku di Indonesia menjadi tidak mutlak dan tidak jelas.

Macam suku di Indonesia dan asalnya dari Sabang sampai Merauke tentu menarik dikenali, dengan segala keunikannya. Di Indonesia, suku Jawa adalah kelompok terbesar dengan jumlah yang mencapai 41% dari total populasi.

Hal ini membuktika bahwa Indonesia memang merupakan negeri yang kaya. Kekayaan itu tidak hanya ragam sukunya saja, tetapi juga hasil alamnya, bahasa, agama, kepercayaan, dan adat istiadat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/6/2021) tentang macam suku di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam Suku di Indonesia dari Pulau Sumatera

Suku Batak

Suku batak adalah macam suku di Indonesia yang berasal dari kawasan Sumatera Utara. Beberapa suku bangsa yang termasuk atau dikategorikan sebagai batak adalah Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungan, Batak Pakpak, Batak Angkola, serta Batak Mandailing.

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau adalah suku yang tinggal di kawasan Provinsi Sumatra Barat. Suku Minangkabau sering pula disebut sebagai suku Minang yang mana memiliki sistem kekerabatan matrilineal.

Suku Melayu

Suku Melayu dikenal sebagai salah satu suku yang berada di kawasan Provinsi Bangka Belitung selain dari pada suku-suku lainnya, seperti halnya suku Jawa, Bugis, Sunda, Banten, Madura, Banjar, Minang, Palembang, Flores, Aceh, Manado, serta Maluku.

Sementara itu, suku Melayu sendiri memiliki nama yang berasal dari kerajaan Malaya yang mana kerajaan tersebut dikenal sebagai salah satu kerajaan di kawasan tersebut lebih tepatnya sekitar Sungai Batang Hari.

Sedangkan penggunaan kata Melayu itu sendiri terus meluas hingga ke luar Sumatra dan mengikuti teritori imperium dari Sriwijaya hingga akhirnya ia pun berkembang menuju Jawa, Kalimantan, serta Semenanjung Malaya.

3 dari 7 halaman

Macam Suku di Indonesia dari Pulau Jawa

Suku Betawi

Macam suku di Indonesia berikutnya adalah suku Betawi. Betawi adalah salah satu suku yang berada di kawasan DKI Jakarta, selain dari pada suku Sunda dan juga Jawa. suku Betawi dikenal dengan ondel-ondelnya yang sangat populer.

Suku Sunda

Suku Sunda adalah salah satu suku yang berada di Provinsi Jawa Barat. Selain itu suku Sunda juga dikenal sebagai suku terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah suku Jawa. Suku Sunda juga dikenal dengan alat musik yang dimilikinya yang dikenal dengan nama angklung.

Suku Jawa

Macam suku di Indonesia selanjutnya adalah suku jawa. Suku jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia yang mana berasal dari kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suku Madura

Suku Madura dikenal sebagai macam suku di Indonesia yang menghuni kawasan Jawa Timur. Namun selain suku Madura ada pula suku lainnya, seperti Suku Osing, atau pun Tengger. Untuk suku Madura ini sendiri dikenal sebagai etnis yang memiliki populasi cukup besar.

4 dari 7 halaman

Macam Suku di Indonesia dari Pulau Kalimantan

Suku Dayak

Suku Dayak adalah salah satu suku yang berasal dari pulau di Kalimantan. Namun selain suku dayak, Kalimantan Barat juga dikenal dengan beragam jenis suku bangsa lainnya.

Sementara itu, untuk suku Dayak sendiri dikenal sebagai suku bangsa yang berasal dari pedalaman pulau Kalimantan secara keseluruhan. Suku Dayak juga dikenal sebagai suku dengan warisan magis yang kuat. Beragam ilmu spiritual menjadi ciri khas dari adat kebiasaan suku tersebut.

Suku Banjar

Banjar adalah salah satu macam suku di Indonesia yang berada di kawasan Provinsi Kalimantan Selatan. Suku Banjar sendiri dikenal dengan jumlah penduduknya yang mencapai angka 4, 1 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sekitar 2,7 juta jiwa yang tinggal di kawasan Kalimantan selatan, sedangkan sisa lainnya berada di perantauan.

5 dari 7 halaman

Macam Suku di Indonesia dari Pulau Sulawesi

Suku Bugis

Suku Bugis adalah suku bangsa yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat beberapa suku lainnya, seperti halnya Suku Toraja, Suku Mandar, Suku Sa’dan, dan Suku Makassar.

Suku Bugis sendiri dikenal sebagai golongan dari suku Melayu Deutero, yang mana suku tersebut masuk ke Nusantara setelah terjadinya proses dari gelombang migrasi pertama yang terjadi di daratan Asia atau tetapnya di kawasan Yunan.

Suku Makassar

Suku Makassar dikenal sebagai etnis melayu yang berada di kawasan pesisir selatan dari pulau Sulawesi. Karena itulah lidah dari orang Makassar sering kali menyebutnya dengan kata Mangkasara yang berarti bahwa mereka memiliki sifat terbuka.

6 dari 7 halaman

Macam Suku di Indonesia dari Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Suku Bali

Suku Bali sesuai dengan nama yang dimilikinya suku ini menghuni provinsi Bali dan juga terbagi menjadi dua macam suku berbeda yaitu suku Bali Aga serta Bali Majapahit.

Suku Sasak

Suku sasak adalah salah satu suku yang tinggal di kawasan Nusa Tenggara Barat, suku sasak dikenal dengan nama yang berasal dari kata sak-sak, kata sak-sak itu tadi memiliki arti sampan.

Sedangkan dalam tradisi lisan yang terdapat di masyarakat, mereka umumnya percaya bahwa kata sasak berasal dari kata sa’saq yang memiliki arti satu. Sedangkan kata Lombok berasal dari kata Lomboq yang memiliki arti lurus, karena itulah apabila digabung maka kata tersebut akan mengandung arti sesuatu yang lurus.

7 dari 7 halaman

Macam Suku di Indonesia dari Pulau Maluku dan Papua

Suku Ambon

Macam suku di Indonesia berikutnya adalah suku Ambon yang mendiami pulau Maluku. Suku ini dikenal aktif melaut karena kondisi geografis di wilayah Maluku berupa kepulauan. Suku Ambon terkenal juga dengan alat musiknya yang mirip dengan gendang yang bernama tifa.

Suku Buru

Suku ini sebagian besar tinggal di Pulau Buru. Selain sebagai Suku Buru, mereka juga sering menyebut dirinya sebagai gebfuka ataupun gebemiliar. Julukan tersebut mempunyai makna dan arti tertentu yaitu orang dunia ataupun orang tanah.

Suku Asmat

Salah satu suku di Indonesia selanjutnya yaitu Suku Asmat yang dikenal sebagai suku yang ahli dan pintar dalam berburu di hutan. Kehidupan Suku Asmat masih jauh dari jangkauan luar.

Populasi Suku Asmat terbagi ke dalam dua bagian yaitu mereka yang tinggal di pesisir pantai, dan mereka yang tinggal di pedalaman. Walaupun terlihat sama, ternyata kedua populasi Suku Asmat memiliki cara hidup, dialek, dan struktur sosial yang berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini