Sukses

15 Wisata Kuliner Bogor Terpopuler yang Enak dan Murah, Wajib Dicicipi

Wisata kuliner Bogor yang populer merupakan destinasi yang juga legendaris.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Bogor tentu perlu kamu cicipi saat berkunjung ke Kota Hujan ini. Mencicipi menu khas yang unik dan jarang ditemukan di daerah lain menjadi hal wajib yang patut kamu coba. Rasa yang enak dan harga yang pas di kantong tentunya membuat kulineran di Bogor semakin menarik dilakukan.

Wisata kuliner bisa menjadi alternatif di samping menikmati destinasi alam Bogor seperti kawasan Puncak ataupun Kebun Raya Bogor. Jangan sampai melewatkan kuliner tradisional yang khas dan unik saat bertandang ke Bogor. 

Wisata kuliner Bogor yang populer merupakan destinasi yang juga legendaris. Makanan-makanan khas seperti asinan, soto bogor, roti unyil, hingga laksa mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. Kamu bisa menikmati wisata kuliner Bogor ini sebagai destinasi akhir pekan yang menarik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/6/2021) tentang wisata kuliner Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Kuliner Bogor Asinan

Asinan Bogor

Wisata kuliner Bogor yang cukup terkenal adalah asinan Bogor. Asinan Bogor bisa berisi sayur, buah, atau keduanya. Buah yang biasa digunakan untuk asinan Bogor adalah bengkuang, salak, jambu, dan nanas.

Sementara untuk sayuran biasanya berisi taoge, kol, dan mentimun. Kuah dari asinan Bogor terbuat dari sari pati cabai merah. Ini memberikannya rasa pedas sekaligus segar. Salah satu toko asinan Bogor yang legendaris adalah Toko Asinan “Asli Bogor” di Jl. H. Juanda No. 90 Bogor.

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

Selain asinan sayur dan buah, di Bogor kamu juga akan menemukan asinan jagung bakar. Asinan jagung bakar berisi jagung bakar pipil yang dicampur dengan kacang tanah goreng dan potongan mentimun.

Wisata kuliner Bogor ini kemudian disiram dengan kuah cuka yang pedas. Salah satu penjual asinan jagung bakar yang terkenal adalah Asinan Jagung Bakar Pak Sabur yang berada di Jl. Surya Kencana, Gang Aut, Bogor.

Asinan Gedung Dalam

Gedung Dalam dikenal sebagai kawasan bersejarah, khususnya di kalangan etnis Tionghoa. Pada awal berdirinya di tahun 1875, Gedung Dalam digunakan untuk menampung orang-orang Tionghoa yang memiliki marga Tan.

Lalu, memasuki era 1970, gedung yang berada di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur ini mulai dikenal sebagai pusat wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang menawarkan jajan asinan.

Ada dua jenis asinan yang bisa pengunjung coba di tempat makan yang buka pukul 09:00-21:00 ini, yaitu asinan sayur dan buah. Bedanya, asinan sayur berisi mentimun, kol, wortel, dan taoge, sedangkan asinan buah terdiri dari nanas, bengkuang, pepaya, dan ubi. Kedua asinan ini memiliki rasa yang asam dan sedikit pedas.

3 dari 6 halaman

Wisata Kuliner Bogor Soto

Soto Kuning Pak Yusuf

Bogor juga punya olahan sotonya sendiri. Kuliner Bogor satu ini wajib dicoba bagi para pencinta soto. Soto Bogor memiliki ciri khas kuahnya yang kuning. Soto Bogor biasanya berisi daging sapi dengan rasa yang khas.

Ada banyak tempat untuk menikmati kuliner Bogor satu ini. Namun, ada dua tempat Soto Bogor yang sangat legendaris. Ini adalah Soto Kuning Pak Yusuf di Jl. Surya Kencana No.244, Bogor dan Soto Bogor Pak Salam di Jl. Siliwangi 298, Bogor.

Soto Mi Mang Ohim

Kuliner Bogor yang satu ini sangat mudah ditemukan karena banyak dijual di Kota Bogor, Jawa Barat. Salah satu soto mi yang terkenal di Bogor adalah Soto Mie Mang Ohim di Jalan Taman Cimanggu No 22, Kedung Waringin. Wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat ini buka pukul 08:00-20:00 setiap harinya.

Di sini, satu porsi soto berisi mi, bihun, wortel, kentang, lobak, kikil, dan potongan risol. Nah, potongan risol ini lah yang membuat Soto Mie Mang Ohim begitu gurih dan berbeda dari soto lainnya. Berbagai lauk pauk disiram kuah bening, lalu disajikan dengan bawang goreng dan potongan daun bawang.

4 dari 6 halaman

Wisata Kuliner Bogor

Cungkring Pak Jumat

Cungkring termasuk kuliner Bogor yang langka saat ini. Dalam bahasa Sunda, cungkring berarti kikil sapi. Makanan ini terdiri dari kikil sapi yang dimasak dengan bumbu kuing. Cungkring disajikan bersama ontong, tempe goreng dan rempeyek lalu disiram bumbu kacang.

Cungkring legendaris bisa ditemukan di Cungkring Pak Jumat di Jl Suryakencana No.285, Bogor.

Bapatong

Bapatong merupakan singkatan dari bakso, ketupat, gentong. Bapatong disajikan dengan potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu daging iga sapi di dalamnya. Bapatong juga berisi kaldu sapi, bihun, mi kuning, dan pangsit. Sajian ini paling pas dinikmati di saat dingin atau kala hujan.

Doclang

Sama seperti cungkring, doclang juga termasuk kuliner Bogor yang langka. Doclang merupakan makanan yang mirip dengan ketoprak dan kupat tahu. Kuliner Bogor satu ini berisi potongan ketupat, tahu, kentang, dan tambahan telur yang diberi siraman sambal kacang. Ketupat yang digunakan dalam sajian doclang dibungkus dan dimasak dengan menggunakan daun patat. Kamu bisa menemukan Doclang di kawasan Jalan Mantarena Jembatan Merah, yaitu Doclang Mak Icoh.

5 dari 6 halaman

Wisata Kuliner Bogor sebagai Oleh-Oleh

Roti Unyil Venus Bakery

Roti Unyil biasa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Bogor. Dinamakan roti unyil karena roti ini memiliki ukuran yang mini. Roti ini dapat dinikmati hanya dalam sekali lahap. Roti unyil bisa didapat dengan mudah di outlet-outlet Venus Bakery yang menjualnya.

Lapis Bogor Sangkuriang

Selain roti unyil, kuliner Bogor yang sering dijadikan oleh-oleh adalah lapis bogor. Lapis Bogor adalah sejenis cake yang terbuat dari umbi talas. Lapis Bogor biasanya disajikan dalam berabagai jenis topping dan rasa mulai dari cokelat, keju, dan stroberi. Lapis talas yang paling terkenal di Bogor adalah Lapis talas Bogor Sangkuriang.

6 dari 6 halaman

Wisata Kuliner Bogor Lainnya

Laksa Bogor Pak Inin

Laksa merupakan kuliner perpaduan antara Melayu dan Tionghoa. Laksa biasanya berisi ketupat, bihun, tauge, dan kuah kental kaya rempah. Laksa Bogor menambahkan oncom merah pada campurannya. Laksa Bogor juga bisa disajikan dengan potongan telur rebus.

Laksa Bogor bisa ditemukan dengan mudah di Bogor. Warung laksa legendaris di Bogor bisa ditemukan di Warung Laksa Pak Inin di Jl. Raya Cihideung, Desa Palasari, Cijeruk Bogor.

Tauge Goreng Hj Omah

Tauge Goreng merupakan kuliner Bogor yang sangat legendaris. Salah satu tempat legendaris untuk menikmati tauge goreng adalah Tauge goreng Hj Omah yang sudah ada sejak tahun 70-an. Kuliner khas Bogor ini berisi tauge yang dicampur mie dan kuah yang terbuat dari oncom merah, tauco dan kecap manis.

Sop Buntut Mak Emun

Suasana kota Bogor yang sejuk patut dinikmati dengan sekuah sop lezat yang menghangatkan tubuh. Sop buntut merupakan salah satu wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang cukup terkenal dan menggugah selera.

Salah satu penjual sop buntut yang legendaris di kota Bogor yaitu sop buntut Mak Emun. Sop buntut tersebut sudah berdiri sejak 1960-an. Jika ingin mampir, cukup datang ke jalan Jenderal Sudirman No. 48, Bogor Tengah, Bogor.

Bakso Kikil Pak Jaka

Ada wisata kuliner Bogor Kota Bogor, Jawa Barat yang mengolah bakso kikil sejak lama, legendaris. Sudah berdiri sejak 1993, Bakso Kikil Pak Jaka dikenal sebagai salah satu kuliner Bogor yang legendaris.

Tempat makan yang berada di Jalan Surya kencana No 287 ini buka pukul 09:00 dan tutup saat bakso sudah habis. Bakso Kikil Pak Jaka begitu spesial di kalangan warga dan wisatawan karena menggunakan kikil empuk yang mudah dikunyah. Kikil yang diambil berasal dari bagian betis sapi karena bebas lemak.

Es Pala Bu Aisyah

Es Pala merupakan minuman khas Bogor yang sangat populer. Es Pala terbuat dari bahan sederhana seperti irisan buah pala, gula pasir, dan garam. Selain memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan, es pala ini juga memiliki aroma harum yang khas dari buah pala. Salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi adalah Es Pala Bu Aisyah di Gang Aut, Jalan Suryakencana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini