Sukses

NFC adalah Singkatan dari Near Field Communication, Berikut Kegunaannya

Liputan6.com, Jakarta NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, yang merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak dekat atau jarak pendek. NFC bisa ditemukan pada smartphone yang kamu gunakan. Perangkat ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Bluetooth.

Namun, NFC memiliki kegunaan lainnya yang dianggap lebih baik dari Bluetooth. NFC dinilai lebih cepat dan mudah digunakan karena karena kamu hanya perlu menempelkan dua smartphone untuk memindahkan data. Tentunya kedua smartphone harus memiliki fitur NFC ini.

NFC adalah fitur yang berguna untuk transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel. Sebagai bentuk komunikasi nirkabel jarak dekat, kamu tidak bisa menggunakannya bila kedua perangkat yang kamu gunakan letaknya berjauhan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021) tentang NFC adalah.

2 dari 4 halaman

NFC adalah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, NFC adalah bentuk komunikasi nirkabel jarak dekat yang berguna untuk transfer data atau file dengan cepat. Hal ini tidak terbatas hanya pada smartphone saja, tapi NFC adalah fitur yang bisa digunakan pada alat elektronik lainnya. Sekarang ini mungkin kamu mengenal NFC pada e-money selain pada smartphone.  

Akar NFC berasal dari Identifikasi frekuensi radio, atau RFID (radio-frequency identification). RFID memberikan izin pembaca untuk mengirimkan sinyal radio untuk tag elektronik pasif sebagai identifikasi, autentifikasi dan mencari jejak. Fitur komunikasi nirkabel ini pertama kali dipatenkan oleh Charles Walton pada tahun 1983.

NFC adalah fitur yang sangat berguna di zaman sekarang ini bagi transaksi hingga pemindahan data. Namun, NFC adalah fitur yang juga memiliki kelemehan, yaitu pada terbatasnya jarak. Sangat terbatas dengan jarak, NFC hanya bisa mentransfer file dari satu ke perangkat ke perangkat lainnya dengan jarak sekitar 4 cm. Jadi, saat menggunakannya kamu harus mendekatkan smartphone ke perangkat elektronik lainnya yang menggunakan NFC tersebut.

3 dari 4 halaman

Fungsi NFC

NFC adalah fitur yang memiliki banyak kegunaan dalam membantu kegiatan manusia sekarang ini. Bebeberapa fungsi NFC adalah sebagai berikut:

Pembayaran Cashless

Salah satu fungsi NFC adalah pada sistem pembayaran cashless, yang kegunaanya sama seperti pada kartu kredit dan kartu elektronik. Hal ini sekarang sedang naik daun digunakan pada berbagai macam transaksi.

Saat kamu pergi belanja tau makan di sebuah restoran, kamu tidak perlu lagi membawa uang kertas yang merepotkan. Tinggal menempelkan smartphone kamu ke peralatan yang telah disediakan untuk transaksi, maka kamu sudah bisa makan sepuasanya. Tentunya kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa saldo cukup. Saat ini, penggunaan NFC di Indonesia baru sekadar bisa digunakan untuk mengecek saldo dan top-up e-wallet oleh beberapa bank pemerintah dan swasta saja.

Menyambungkan Smartphone ke Perangkat Lain

Fungsi NFC adalah untuk menghubungkan dua perangkat secara dua arah dan menerima atau mengirim informasi. Kamu tinggal menempelkan kedua perangkat tersebut untuk saling tersambung. Penggunaan koneksi NFC yang praktis sekarang ini sudah dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti menghubungkan smartphone ke wireless router, headset, ataupun speaker yang sudah dilengkapi NFC.

Transfer File

Fungsi NFC juga bisa digunakan untuk transfer file. Kamu bisa mengirim gambar, dokumen, dan lain-lain dengan cepat dan mudah hanya dengan menempelkan smartphone dengan perangkat lainnya. Pastikan kedua perangkat atau smartphone memiliki fitur NFC.

4 dari 4 halaman

Fungsi NFC

Mengisi Saldo e-money

Fitur NFC ini juga berguna untuk mengecek serta mengisi saldo e-mone ataupun e-toll kamu. Kamu bisa top-up langsung melali smartphone dengan adanya fitur NFC.

Caranya cukup dengan menempelkan kartu ke bagian belakang smartphone, kemudian isi saldo sesuai dengan nominal yang kamu inginkan. Hal ini tentunya sangat praktis dan sangat membantu bila kamu kelupaan.

NFC Tag

Smartphone yang telah dibarengi dengan NFC dapat dihubungkan dengan NFC Tag atau stiker yang dapat diprogram dengan aplikasi NFC untuk tugas otomisasi. Program ini memberikan izin pengubahan pengaturan ponsel, sms yang ditulis dan dikirim, aplikasi yang akan diluncurkan, atau segala perintah untuk dijalankan, yang terbatas hanya dengan aplikasi NFC dan aplikasi ponsel pintar lainnya yang mendukung NFC.

Aplikasi ini mungkin yang paling diterapkan dalam penggunaan NFC karena NFC tidak bergantung pada perusahaan atau penyedia perangkat namun dapat diatur secara langsung oleh siapapun di manapun dengan smartphone yang mendukung nFC dan NFC tag. Misalnya NFC tag yang diprogram untuk memutar musik. Tag card tersebut dapat membantumu mengaktifkan aplikasi musik favoritmu cukup dengan sekali tap saja.

Menandai Lokasi Suatu Tempat

NFC sudah mendukung fitur tagging lokasi canggih, yakni LBS ( Location Based Service ). Jadi, kamu bisa menandai lokasi tertentu dengan menempelkan NFC tag khusus. Fitur ini juga memungkinkan kamu untuk check-in dan check-out di suatu tempat. Misalnya di perkantoran yang sudah support absen menggunakan NFC.

Game

NFC telah digunakan pada video game dimulai dengan Skylanders: Spyro's Adventure. Dengannya kamu dapat membeli figuran yang dapat dikostumisasi dan mengandung data personal pada setiap figur, jadi tidak ada dua figur yang persis sama. Wii U merupakan sistem pertama yang menggunakan teknologi NFC ini.