Sukses

15 Wisata Boyolali Paling Hits yang Wajib Dikunjungi, Keindahan Alam Pegunungan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Boyolali didominasi oleh destinasi alam yang indah. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh lokasinya yang dekat dengan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Tak heran berbagai destinasi alam bisa kamu temukan di Kota Susu ini.

Mulai dari wisata alam pegunungan, air terjun, waduk, hingga wisata pemandian bisa kamu nikmati di sini. Selain itu, julukan Kota Susu untuk Boyolali tentunya bukan tanpa alasan. Boyolali dijuluki sebagai Kota Susu karena merupakan salah satu sentra terbesar penghasil susu segar di Jawa Tengah.

Wisata Boyolali patut dipertimbangkan menjadi tujuan utama liburan bagi kamu pencinta alam. Udara yang sejuk dan pemandangan indah yang asri menjadi daya tarik utamanya. Bagi kamu yang menyukai kegiatan naik gunung tentunya tidak asing lagi dengan Kabupaten Boyolali ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021) tentang wisata Boyolali.

2 dari 5 halaman

Wisata Boyolali Perbukitan

New Selo

New Selo adalah salah satu wisata Boyolai yang wajib kamu kunjungi. Pemandangan alam yang ditawarkannya begitu menakjubkan, di samping udara yang juga sangat segar.

Walaupun jalan menuju lokasi membutuhkan tenaga ekstra, kamu tidak akan menyesal dengan keindahan yang diberikannya. Hal ini dikarenakan lokasinya berada di pegunungan, kamu perlu berhati-hati. Untuk menuju pusat wisatanya, kamu harus menyusuri jalan aspal beton dengan tanjakan yang cukup terjal.

Namun, wisata Boyolali satu ini akan menyuguhkan pemandangan alam di sekitar Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, letaknya memang berada tepat di kaki Gunung Merapi dan juga merupakan salah satu jalur utama pendakian menuju puncak Gunung Merapi.

Bukit Gancik

Salah satu wisata Boyolali yang menawarkan keindahan alam pegunungan selanjutnya adalah Bukit Gancik. Bagi kamu yang akan naik gunung merbabu melalui rute Selo, tidak ada salahnya untuk mampir sebentar ke bukit gancik ini. Gardu pandang ini akan menampilak panorama alam berupa kemegaha Gunung Merapi.

Omah Bambu Merapi New Selo

Berlokasi di New Selo, Omah Bambu merupakan destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Banyak spot instagramable yang menamilkan keindahan alam sekitar, seperti lereng gunung Merapi dari kejauhan. Ditambah udara yang sejuk dan suasana alam yang asri, kamu akan betah berlama-lama di sini.

Watu Gajah

Masih seputar wisata Boyolali dengan alam perbukitan, kamu juga bisa mengunjungi Watu Gajah. Destinasi satu ini cocok untuk kamu yang suka petualangan alam, karena untuk mencapai spot ini, kamu perlu usaha tersendiri.

Watu Gajah merupakan spot yang berada di lereng Gunung Merapi, sebelum Pasar Bubrah dari jalur Selo, Boyolali. Pesona lereng merapi yag mengagumkan ditambah dengan suasana yang sejuk dan menenangkan tentu membuat kamu nyaman.

Tikungan Cinta

Wisata Boyolali dengan alam perbukitan berikutnya adalah Tikungan Cinta. Kamu bisa menikmati lanskap perbukitan yang asri serta hutan pinus yang menyegarkan di gardu pandang satu ini. Selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati spot foto instagramable di taman bunga matahari. Bagi kamu pencinta fotografi, tempat ini memiliki banyak spot yang potensial untuk dipotret.

3 dari 5 halaman

Wisata Boyolali Air Terjun

Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar mungkin merupakan wisata Boyolali air terjun yang paling terkenal. Hal ini tidak mengherankan karena keindahan dan suasana yang ditawarkannya. Lokasinya berada di lereng Gunugn Merbabu, tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali. Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini. Pertama melintasi area perkebunan warga sekitar, kedua melewati jalur Sungai Cipendok yang cukup terjal.

Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Boyolali air terjun yang pertama adalah Air Terjun Kedung Kayang. Wisata Boyolali ini sudah cukup terkenal, dengan pemandangan utamanya adalah air terjun yang cukup tinggi dengan air yang segar dari pegunungan di sana. Air Terjun Kedung Kayang ini wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Boyolali.

Air terjun ini berada di antara dua gunung terkenal, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Lokasi dari air terjun ini memang menjadi rebutan dari dua daerah, yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali karena terletak di antara kedua kabupaten ini. Wisata ini berjarak 55 kilometer dari Yogyakarta, 30 kilometer dari Kabupaten Boyolali, dan 30 kilometer dari Kabupaten Magelang.

Air Terjun Watu Abang 

Salah satu wisata Boyolali air terjun yang patut dikunjungi adalah Air Terjun Watu Abang. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari air terjun Semuncar juga menjadi salah satu alasan untuk mengunjungi destinasi wisata Boyolali ini.

Alamnya juga jauh lebih asri dengan nuansa yang sejuk dan menenangkan. Kamu bisa bermain air dan mengambil gambar yang indah di sini.

4 dari 5 halaman

Wisata Boyolali Air

Waduk Kedung Ombo

Wisata Boyolali selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Waduk Kedung Ombo. Di sini kamu bisa berfoto ria dan memanjakan mata dengan pemandangan alam dan luasnya hamparan waduk dengan udara yang cukup sejuk.

Fasilitas lainnya yang disediakan di Waduk Kedung Ombo lainnya adalah bumi perkemahan, hutan wisata, tempat memancing, wisata air, hingga rumah makan apung.

Lokasi dari wisata Boyolali yang satu ini berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, kurang lebih 50 kilometer ke arah utara dari Kota Boyolali. Sebenarnya waduk ini berada di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Grobogan.

Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar merupakan wisata Boyolali yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Berbagai wahana permainan anak bisa kamu coba di sini, sehingga liburanmu bareng keluarga semakin seru. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, berupa rumah makan lesehan, pemancingan, kios cendera mata hingga kolam renang anak dan dewasa.  

Umbul Tirto Mulyo

Jika kamu ingin merasa mandi layaknya para raja di zaman dulu, Umbul Tirto Mulyo adalah jawabannya. Nuansa keraton begitu terasa di pemandian satu ini. Apalagi, lokasinya yang juga sangat nyaman untuk bersantai dan berendam membuatmu semakin betah. Selain itu, banyak juga spot foto instagramable yang bisa kamu eksplor di sini.

Kampoeng Air Kragilan

Kampoeng Air Kragilan merupakan wisata Boyolali yang tidak boleh dilewatkan. Desa wisata yang menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau, dan alami dengan suara gemericik air yang turun dari bukit ini akan membuat liburanmu semakin menyenangkan. Bersantai bersama keluarga tentunya sangat cocok dilakukan di Kampoeng Ai Kragilan ini.

5 dari 5 halaman

Wisata Boyolali

Agro Wisata Sapi Perah

Wisata Boyolali yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Boyolali memang terkenal dengan produksi susu sapi dan peternakan sapinya. Jika kamu sedang berlibur ke Kabupaten Boyolali, sempatkanlah untuk mengunjungi salah satu Agro Wisata Sapi Perah yang ada di sana. Kamu bisa belajar bagaimana cara merawat sapi hingga mencoba memerah susunya.

Kamu juga bisa menikmati susu sapi secara langsung di sana. Tidak hanya susu sapi biasa, kamu juga bisa menikmati olahan-olahan susu sapi lainnya yang biasanya juga di jual.

Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Kedua gunung ini merupakan gunung yang berada di Kabupaten Boyolali. Di sini kamu bisa melakukan kegiatan pendakian dan camping tentunya. Gunung Merapi memang sudah terkenal hingga ke luar negeri karena sifatnya yang masih aktif atau kapan saja bisa mengalami erupsi.

Kamu harus selalu waspada ketika ingin mendaki ke Gunung Merapi dan selalu bertanya di pos pendakian sebelum pergi ke puncak. Terkadang Gunung Merapi tidak boleh didaki oleh sembarangan orang atau untuk umum terkecuali untuk proses penelitian dan itu juga harus sesuai dengan izin dari pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merapi.

Gunung Merbabu berada di sebelah Gunung Merapi. Gunung Merbabu juga tidak kalah menarik pemandangan yang disuguhkan di wisata Boyolali. Keindahan Gunung Merbabu tidak perlu dipertanyakan lagi, karena sudah banyak yang mendaki gunung ini.