Sukses

25 Wisata Malang Batu Paling Populer, Ada Hutan Bambu Mirip di Kyoto Jepang

Liputan6.com, Jakarta Wisata Malang Batu memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota yang terkenal dengan buah apel dan hawa dinginnya ini, mempunyai begitu banyak keindahan yang bernilai wisata.

Untuk itu, kawasan Batu Malang dapat menjadi pilihan tepat untuk quality time bersama keluarga. Pasalnya, beragam objek wisata menarik ada di sini, mulai dari wahana bermain hingga wisata alam yang indah dan menenangkan.

Menghabiskan waktu liburan di Batu Malang memang tak akan terasa membosankan, pasalnya kamu akan dimanjakan dengan beragam destinasi wisatanya. Mulai dari kampung tematik, taman hiburan instagenic, sampai destinasi bernuansa alam.

Penasaran apa saja tempat wisata Malang Batu yang paling populer? Berikut ini ulasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malang Batu yang Paling Populer

Ada beberapa daftar tempat wisata Malang Batu yang paling populer, diantaranya:

1. Alun Alun Batu

Wisata Malang Batu yang pertama adalah alun-alun Malang. Batu Malang memiliki Alun-Alun dan uniknya, selain ditata secara rapi dan terurus, serta luasanya yang cukup luas, Alun-Alun Batu Malang memiliki sebuah wahana yaitu bianglala. Sepertinya hanya dengan wisata Batu Anda dapat menemukan satu-satunya Alun-Alun kota yang memiliki wahana ini.

2. Kampung Warna Warni Jodipan

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah kampung warna warni Jodipan. Kota Malang mempunyai 3 kampung tematik yang berlokasi di satu kawasan. Salah satunya Kampung Warna-warni Jodipan, seluruh aspek di area ini disulap menjadi berwarna. Mulai dari rumah sampai jalanannya, dilengkapi pula dengan pernak-pernik warna-warni. Puaskan berswafoto di setiap sudut destinasi ini, bisa juga sekalian melewati jembatan kaca.

Tiket Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) Rp 3.000-an untuk seharian (bisa masuk-keluar tanpa bayar lagi) dan parkir motor Rp 5.000-an. Tempat wisata ini buka pukul 07.00-18.00. KWJ beralamat di Kelurahan Jodipan, sekitar 10 menit jalan kaki dari Stasiun Kota Malang.

3. Kampung Biru Arema

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah kampung biru Arema. Bila kamu pernah mengetahui Santorini alias blue city di Yunani atau Chefchaouen di Maroko, maka Kota Malang punya Kampung Biru Arema.

Tempat wisata keluarga di Kota Malang ini berada di seberang Kampung Warna-warni Jodipan. Tiket masuknya Rp 3.000-an, ditambah parkir motor Rp 2.000-an. Bukan hanya kampung yang diselimuti warna biru, di sini kamu dapat mengetahui sejarah Arema FC (klub sepak bola Malang) melalui display berisi tulisan dan logo Arema FC.

4. Kampung 3D

Masih ada lagi kampung tematik bernama Kampung 3D atau disebut Kampung Tridi. Keliling area ini, kamu akan disambut mural di dinding maupun jalanan berbentuk 3D. Mulai dari sayap, gelas terbalik, sampai aliran sungai. Tiket masuk Kampung Tridi Malang sekitar Rp 3.000-an per orang.

5. Museum Angkut

Wisata Malang Batu yang populer dan wajib dikunjungi berikutnya ialah Museum Angkut. Berbeda dengan museum kebanyakan yang menghadirkan benda-benda bersejarah, wisata Batu Malang Museum Angkut menghadirkan mobil-mobil antik dan juga ruangan-ruangan dengan tema kota-kota klasik di dunia.

Wisata Kota Batu ini memang pas sebagai tempat wisata untuk berfoto-foto. Apalagi kini memang sedang musimnya mengunggah foto dengan setting unik di media sosial. Maka dari itu museum ini juga tidak pernah sepi akan pengunjung khususnya pengunjung remaja dan dewasa muda.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malang Batu yang Paling Hits

Ada beberapa daftar tempat wisata Malang Batu yang paling hits, diantaranya:

6. BNS (Batu Night Spectaculer)

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah BNS atau Batu Niht Spectacular. Sesuai dengan namanya, BNS buka saat langit mulai gelap. Tempat wisata Batu Malang malam ini memang mempesona. Terdapat banyak lampion berbagai bentuk tersebar dia tempat ini dan memperindah suasana.

Ada juga kawasan pasar malam yang menjual aneka berbagai macam kebutuhan. Kawasan penjualan makanan berbentuk food court juga tersedia dan menawarkan banyak menu masakan. Untuk tiket masuk tempat wisata di Batu Malang yang murah meriah ini dimulai dari Rp 20.000. Tiket tidak termasuk tiket wahana atau terpisah.

7. Omah Kayu

Wisata Malang Batu yang dapat dicoba ialah dengan mengunjungi Omah Kayu. Dari namanya saja kamu pasti sudah dapat membayangkan, apa bagian utama dari tempat wisata ini. Sebuah rumah dengan bahan utama kayu yang dibangun di atas pohon. Dari teras Omah Kayu kamu dapat menikmati pemandangan Kota Batu yang memanjakan mata sambil merasakan suasana yang sejuk.

Pemandangannya akan semakin eksotis saat malam hari, ketika lampu-lampu di Batu Malang mulai menyala. Naik ke atas Omah Kayu juga cukup membuat jantung berdebar sehingga kamu akan sangat berkesan saat mendatanginya.

8. The Bagong Adventure Museum

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah The Bagong Adventure Museum. Tempat wisata ini masih berada satu kawasan dengan Jatim Park 1, tepatnya di seberang loket. Tempat wisata di Batu ini buka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB. Tarif masuk sekitar Rp 55.000-an saat weekday, untuk weekend Rp 120.000-an.

Menjelajahi Museum Tubuh, seolah masuk ke dalam tubuh manusia sungguhan. Ada replika pembuluh darah, kulit, sampai organ. Kamu juga bisa berlagak sebagai dokter gigi maupun pasiennya dengan berswafoto di zona gigi. Tersedia juga layanan pemeriksaan medis gratis. Bahkan kamu akan menemukan ruang kadaver, berisi jenazah yang sudah diawetkan untuk dijadikan media pembelajaran. Dikatakan hanya orang dewasa yang boleh masuk ke sini dan pengunjung tak boleh mengabadikan ruangan ini dengan kamera maupun handphone.

9. Pulau Sempu

Pulau Sempu, yang sangat terkenal sebagai surga wisata alam di Kota Malang. Bagi para wisatawan, hukumnya wajib untuk mengunjungi pulau ini. Meski indah, tempat ini memiliki medan yang cukup sulit untuk orang awam. Jika kamu berniat mengunjunginya, sebaiknya menyewa jasa travelling agar lebih terjamin dan mengetahui spot-spot yang bagus.

Banyak spot yang bisa kamu kunjungi di pulau ini, seperti Segara Anakan. Kamu dapat menjadikannya spot cantik untuk berfoto karena memang pemandangannya sangat indah dan asri. Pemandangan pantai dengan tebing di tepinya membuatnya semakin istimewa. Kamu pun bisa bermalam di pantai tersebut dengan tenda sambil menikmati indahnya pantai pada malam hari.

10. Kebun Apel Malang

Kota Malang identik sebagai kota penghasil apel. Tak heran apabila Kota Malang juga memiliki tempat wisata berupa Kebun Apel Malang. Pada tempat wisata ini, pengunjung akan dibebaskan dalam memetik buah apel di seluruh penjuru kebun.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Selain itu juga bisa menambah wawasan mengenai apel. Pemandangan alam dan juga suasana sejuk khas Kota Malang membuat pengunjung merasa betah dan senang.

Apabila kamu ingin memahami lebih jauh mengenai tanaman apel, karyawan disini akan bersedia untuk menjelaskan secara singkat mengenai tanaman apel. Selain itu juga mendampingi kamu untuk mengajarkan memilih apel yang berkualitas dan cara memetik apel yang benar.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malang Batu yang Wajib Dikunjungi

Ada beberapa daftar tempat wisata Malang Batu yang wajib dikunjungi, diantaranya:

11. Masjid Agung Malang

Salah satu tempat yang harus kamu kunjungi saat wisata religi di Kota Malang, yakni Masjid Agung Malang. Dengan perpaduan gaya Jawa dan Arab, membuat masjid megah ini menjadi sorotan para wisatawan yang bersinggah di dalamnya. Tidak hanya itu, Masjid Agung juga memiliki sumber air yang kadarnya hampir seperti air zam-zam, sehingga bisa langsung di konsumsi. Kamu dapat berkunjung ke masjid ini kapanpun kamu ingin beribadah ataupun hanya sekedar melihat-lihat.

12. Pantai Balekambang

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah Pantai Balekambang. Pantai Balekambang terletak di selatan Kota Malang. Berjarak 65 km dari pusat kota, pantai ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan. Pasalnya, tempat ini mempunyai bentuk seperti Tanah Lot di Kota Bali. Tentu saja keindahan pantainya tak perlu diragukan lagi. Tempat ini mempunyai ombak yang indah dengan suaranya yang sangat menenangkan. Kamu dapat menikmati ombak di sepanjang bibir pantai yang terbentang sepanjang 2 km tersebut.

13. Pantai Tiga Warna

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah Pantai Tiga Warna. Pantai ini memiliki gradasi dari tiga warna biru, hijau hingga coklat kemerahan yang dimana akhirnya masyarakat memberi nama pantai ini sebagai Pantai Tiga Warna.

Pantai Tiga Warna ini memiliki ombak yang cukup tenang, di sekitar pantai juga dijadikan kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove. Selain itu juga memiliki spot snorkeling bagi para wisatawan. Kamu bersama keluarga dan juga teman-teman bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang memukau seperti terumbu karang, tanaman laut dan lain lain.

14. Pantai Sendang Biru

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah Pantai Sendang Biru. Terletak di Desa Sumber Manjing Wetan, Malang Selatan membuat Anda harus menempuh 69 km dari pusat Kota Malang. A

kses jalan dari pusat Kota Malang ke Pantai Sendang Biru sudah cukup baik sehingga kamu akan merasa nyaman selama perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain bisa menikmati ombak pantai, di Pantai Sendang Biru kamu juga bisa menikmati beragam jenis ikan hasil tangkap warga sekitar.

15. Hawai Waterpark

Sesuai dengan namanya, kamu dan keluarga dapat merasakan beragam wahana bernuansa air di Hawai Waterpark. Seperti Waikiki Beach (kolam tsunami), Waimea Stream River (kolam arus), dan Hawai Water House (aneka permainan anak seperti ember air raksasa).

Tempat wisata keluarga di Malang ini buka setiap hari pukul 09.00-16.30. Tarif masuk Rp 75.000-an saat weekday dan Rp 110.000-an ketika weekend. Hawai Waterpark berada di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari. Berbatasan langsung dengan Kota Malang, sekitar 10 menit berkendara dari Terminal Arjosari.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malang Batu yang Instagramable

Ada beberapa daftar tempat wisata Malang Batu yang Instagramable, diantaranya:

16. Lumbung Stoberi

Lumbung Stoberi berada di Jalan Nurul Kamil, Dusun Pandan, Desa Pandanrejo, Kota Batu. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Di sini kamu bisa petik stroberi dengan biaya paket Rp 30.000-an. Kamu akan diberi caping, gunting, keranjang, dan jus stroberi. Bila mau bawa pulang stroberi harus merogoh kocek tambahan Rp 6.000-an per ons. Lumbung Stroberi tidak begitu jauh dari Alun-alun Kota Batu, sekitar 10 menit berkendara.

17. Kebun Teh Wonosari

Di sini kamu bisa menjelajahi kebun teh di atas jembatan kayu yang instagramable. Usai berkeliling, bisa juga mampir ke pusat oleh-oleh yang menjual beragam jenis teh. Untuk mengakses Kebun Teh Wonosari, kamu harus merogoh kocek Rp 20.000-an saat weekend dan Rp 15.000-an untuk weekday.

Kebun Teh Wonosari berada di kawasan Lawang, kalau dari Terminal Arjosari sekitar 1 jam. Bila naik angkutan kota rute LA (Lawang-Arjosari) berwarna hijau atau bison (seperti angkot tetapi lebih besar), turun di Stasiun Lawang. Lanjutkan naik ojek pangkalan menuju ke lokasi Kebun Teh Wonosari, dari seberang Stasiun Lawang sekitar 20 menit berkendara.

18. Coban Nirwana

Memiliki pesona alam yang memikat hati pecinta alam, Kota Malang juga memiliki destinasi alam berupa Coban. Coban Nirwana bisa menjadi pilihan kamu untuk menikmati suasana alam yang menyejukkan. Memiliki batu berbentuk pipih dan sangat besar dibagian bawah air terjun membuatnya bisa dijadikan spot foto yang keren untuk bisa dibagikan di media sosial.

19. Taman Selecta

Taman Selecta, wahana wisata keluarga yang dipenuhi bunga-bunga indah. Beralamat di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Selain taman bunga, ada pula wahana lain di sini seperti sky bike, perahu ayun, maupun kolam renang. Tiket masuk Taman Selecta sekitar Rp 40.000-an. Tempat wisata di Batu ini buka pukul 06.00-17.00 WIB.

20. Kusuma Argowisata

Malang juga terkenal akan hasil alamnya seperti buah apel, jeruk, dan lain-lain. Salah satu wisata alam Batu yang dapat kamu kunjungi untuk merasakan segarnya hasil alam tersebut ialah Kusuma Agrowisata. Wisata Batu Malang gratis ini memang sangat mengasyikan dan juga akan membuat kamu ketagihan. Kamu dapat memetik sendiri buah-buahan di perkebunan Kusuma Agrowisata. Kamu juga dapat belajar berkebun bersama keluarga.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malang Batu yang Instagramable

Ada beberapa daftar tempat wisata Malang Batu yang Instagramable, diantaranya:

21. D’Topeng Museum

Meski namanya Museum Topeng, namun yang dipajang di tempat ini tidak melulu tentang topeng. Ada juga koleksi bersejarah seperti benda-benda dari masa Kerajaan Majapahit. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa museum ini mirip seperti Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma di Kota Bali.

Untuk menikmati segala koleksi kuno di museum ini, kamu hanya cukup membayar sebesar Rp 25.000. Jika kamu ingin sekaligus mengunjungi Museum Angkut, kamu cukup membayar sebesar Rp 60.000 hingga Rp 85.000.

22.  Boonpring Andeman

Di Malang terdapat beberapa tempat wisata yang mirip seperti di Jepang seperti Boonpring Andeman, Jalan Andeman, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Kecamatan. Turen. Beberapa sudut hutan bambu ini serupa dengan Sagano Bamboo Forest di Kyoto.

Kamu cukup merogoh kocek Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Bisa juga keliling naik kendaraan seperti sepeda motor roda tiga, Rp 5.000-an per orang. Di Boonpring Andeman ada juga wahana seperti perahu angsa, boat, ATV, bola air, panahan, sampai kolam renang.

23. The Onsen Hot Spring Resort

The Onsen Hot Spring Resort memberikan pengalaman liburan seolah sedang berada di Jepang. Pengunjung tak perlu menginap di sini untuk bisa berfoto-foto. Cukup membayar tiket masuk Rp 50.000-an. Kamu bisa menjelajahi taman khas Negeri Sakura, dilengkapi dengan taman, jembatan, dan Torii Gate (gerbang merah khas Kuil Shinto).

Biar lebih terasa seperti di Jepang, kamu bisa sewa yukata dengan tarif Rp 150.000-an untuk perempuan, Rp 100.000-an untuk pria dan anak-anak. Tempat wisata ala Jepang di Malang ini berlokasi di Jalan Arumdalu Nomor 98, Songgokerto, Kecamatan Batu. Rasakan sensasi berendam di Genki Onsen dengan tarif sekitar Rp 150.000 per orang. Jam operasional pemandian air panas ini pukul 14.00-17.00 WIB.

24. Coban Talun

Wisata Malang Batu yang selanjutnya adalah coban Talun. Suasana air terjun ini makin memesona saat siang menjelang sore hari, cahaya jingganya bikin air terjun nampak magis. Serunya lagi, air terjun ini dikelilingi pepohonan pakis dan bebatuan yang rimbun. Tidak heran jika hawa di sini sangat sejuk, meskipun matahari sedang terik-teriknya.

25. Masjid Tiban

Wisata Malang Batu yang lainnya adalah masjid Tiban. Masjid ini dikenal sebagai masjid dengan 1000 pintu, pasalnya masjid ini dibangun megah dengan ornamen mirip kastil dengan kubah biru dan putih yang mencolok serta memiliki menara dan jalan berpilar.