Sukses

Viral Apartemen 10 Lantai Dibangun Hanya dalam 29 Jam, Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Dalam membuat sebuah bangunan, tentu membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan sedikitpun pada saat membangun. Pasalnya, setiap bangunan memang didesain agar tahan lama.

Maka dari itu, memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendirikan sebuah bangunan. Bahkan ada yang sampai memakan waktu berbulan-bulan untuk membuat sebuah bangunan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, waktu yang diperlukan untuk membangun bangunan bisa dipangkas. 

Kini, bangunan bisa dibangun dalam kurun waktu sehari bahkan bisa kurang. Seperti bangunan apartemen yang baru-baru ini viral di jagat maya. Apartemen 10 lantai di Kota Changsha ini dibangun hanya dalam waktu sehari. Lebih tepatnya apartemen tersebut dibangun dalam waktu 28 jam 45 menit.

Bukan seperti cerita rakyat kisah Roro Jonggrang, kecepatan pembangunan apartemen ini karena adanya teknologi yang semakin canggih. Pembangunan itu dilakukan oleh perusahaan manufaktur Broad Group yang berbasis di China. Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Kamis (24/6/2021) perusahaan tersebut menggunakan teknologi sistem konstruksi pra-fabrikasi yang membuat proses pembangunan lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Bangunan Sistem Rakit

Broad Group mengembangkan konsep "Living Building" yang dirancang agar mudah diangkut dan dipasang. Dalam sistem tersebut, perusahaan membangun bangunan terlebih dahulu dengan cara merakit unit-unit modular kecil.

Setiap unit modular memiliki besar sekitar satu kontainer dan dibangun di pabrik. Usai dibangun di pabrik, kemudian dibawa ke lokasi pembangunan. Komponen-komponen itu ditumpuk, dibaut, hingga akhirnya menjadi kesatuan bangunan.

Lalu listrik serta saluran air dipasang pada proses akhir pembangunan. Inovasi di balik produk terbaru Broad Group ini sejatinya adalah konsep membangun rumah seperti mobil. Semuanya diproduksi dan dirakit di pabrik canggih dan kemudian diangkut ke lokasi perakitan yang diinginkan.

Maka dari itu pembangunan jadi semakin cepat dari biasanya. Kecepatan perakitannya hanyalah salah satu dari banyak kualitas yang dibanggakan oleh Broad Group dalam presentasinya.

 

3 dari 3 halaman

Mudah Dipindahkan dan Tahan Gempa

Menurut perusahaan China itu, struktur baja tahan karat 10 kali lebih ringan dan 100 kali lebih kuat dari bangunan konvensional, serta tahan terhadap "gempa bumi besar dan angin topan". Hal ini juga jauh lebih murah untuk dibuat daripada struktur tradisional dan bangunan baja karbon, sebagian besar berkat proses produksi yang efisien.

Berkat desain modular, bangunan juga dapat dibongkar dan dipindahkan ke lokasi baru dengan mudah. Selain itu, posisi serta jumlah dinding, pintu, jendela, dan balkon dapat diubah setelah selesai.