Sukses

Remunerasi adalah Imbalan bagi Pekerja, Ketahui Bedanya dengan Gaji

Liputan6.com, Jakarta Remunerasi adalah istilah yang tak asing dalam pekerjaan. Dalam bekerja, tiap pekerja berhak atas kompensasinya. Remunerasi adalah istilah yang terkait dengan kompensasi ini.

Remunerasi adalah hasil dari kinerja dan partisipasi seorang karyawan terhadap perusahaannya. Remunerasi pada dasarnya menentukan berapa banyak karyawan dibayar. Remunerasi adalah istilah yang mengacu pada penghargaan yang diberikan kepada karyawan atas prestasi kerja mereka. 

Remunerasi adalah komponen yang bisa meningkatkan motivasi karyawan. Dengan remunerasi yang sesuai, seorang karyawan akan bekerja dengan versi terbaiknya. Dengan begitu, remunerasi adalah hal yang bisa memengaruhi produktivitas dan prestasi kerja karyawan.

Remunerasi adalah istilah yang penting diketahui baik oleh karyawan maupun pemiliki usaha. Berikut pengertian tentang remunerasi dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(24/06/2021).

2 dari 7 halaman

Pengertian remunerasi

Remunerasi mengacu pada penghargaan atau kompensasi yang diberikan kepada karyawan atas prestasi kerja mereka. Menurut KBBI, remunerasi adalah uang yang diberikan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilakukan. Remunerasi bisa berarti imbalan bagi pekerja.

Menurut Investopedia, remunerasi adalah total kompensasi yang diterima oleh seorang karyawan. Ini tidak hanya mencakup gaji pokok tetapi juga bonus, pembayaran komisi, uang lembur, atau keuntungan finansial lainnya yang diterima karyawan dari pemberi kerja.

3 dari 7 halaman

Pengertian remunerasi menurut ahli

Mondy dan Neo

Menurut Mondy dan Neo, remunerasi adalah bentuk imbalan yang diterima oleh seorang karyawan atas kontribusi mereka terhadap organisasi.

Muchammad Surya

Remunerasi adalah sesuatu yang diterima pegawai sebagai imbalan dari kontribusi yang telah diberikan kepada organisasi tempat bekerja.

Sofa

Remunerasi adalah merupakan imbalan atau balas jasa yang diberikan kepada tenaga kerja sebagai akibat dari prestasi yang telah diberikannya dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

4 dari 7 halaman

Beda remunerasi dengan gaji

Remunerasi memiliki pemahaman berbeda dari sekadar gaji. Remunerasi tidak hanya mencakup gaji pokok tetapi semua bentuk kompensasi finansial lainnya yang diterima karyawan. Jika gaji upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap, remunerasi memiliki arti yang lebih luas.

Makna remunerasi lebih luas dari gaji. Ini karena remunerasi mencakup bonus, uang lembur, insentif, dan segala jenis kompensasi lainnya. Remunerasi adalah jumlah total yang diterima karyawan atas pekerjaannya.

5 dari 7 halaman

Tujuan remunerasi

Pemberian remunerasi pastinya memiliki tujuan bagi perusahaan. Remunerasi mempengaruhi produktivitas dan prestasi kerja karyawan. Dengan demikian besaran dan cara pemberian remunerasi sangat penting baik bagi manajemen maupun karyawan. Berikut tujuan remunerasi menurut Mahmudi:

1. Untuk menarik orang-orang yang berkompeten, berkualitas, dan berkarakter bergabung dalam organisasi.

2. Untuk mempertahankan orang-orang yang memiliki keunggulan, kompetensi, berkualitas dan berkarakter baik yang sudah bergabung dengan organisasi agar tidak keluar dari organisasi.

3. Untuk menjaga agar orang-orang dalam organisasi tetap mau bekerja karena remunerasi yang tidak memadahi memungkinkan pegawai untuk mogok kerja yang sebenarnya sangat merugikan organisasi.

4. Untuk memotivasi pegawai agar mencapai prestasi yang baik.

6 dari 7 halaman

Bentuk-bentuk remunerasi

Gaji

Gaji adalah upah atau balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu. Gaji diberi secara berkala dengan besaran sesuai persetujuan kedua belah pihak.

Bonus

Bonus adalah kompensasi tambahan yang diberikan kepada karyawan atas pekerjaannya yang baik dan menguntungkan perusahaan. Bonus adalah sejumlah uang yang biasanya dapat ditambahkan ke dalam suatu gaji.

Insentif

Insentif adalah imbalan langsung yang dibayarkan kepada karyawan atas prestasi kerjanya yang mencapai tujuan atau melebihi target yang telah di tentukan.

Tunjangan

Tunjangan adalah pembayaran yang diatur berkaitan dengan pekerjaan yang diberikan oleh pengusaha atu perusahaan kepada pekerja berdasarkan sifatnya, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

Benefit

Benefit merupakan imbalan tidak langsung atau tambahan baik dalam bentuk uang maupun non finansial yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Salah satu contoh benefit adalah asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

Kepuasan pegawai

Remunerasi juga bisa berbentuk non-finansial seperti berupa kepuasan. Kepuasan yang diperoleh pegawai dari pekerjaan itu sendiri antara lain berupa tugas yang menarik, tantangan pekerjaan, tanggung jawab, pengakuan yang memadai atas prestasi yang dicapai, seperti promosi jabatan pegawai berprestasi, dan peluang menguntungkan lainnya yang didapat.

Efek psikologis dan fisik

Kepuasan yang diperoleh pegawai dari pekerjaan yang dapat diciptakan oleh organisasi dan pegawai lain yaitu efek psikologis dan fisik dimana orang tersebut bekerja. Ini termasuk pegawai yang kompeten, adanya rekan kerja yang menyenangkan, pemberian simbol status, terciptanya lingkungan kerja yang nyaman, adanya pembagian kerja secara adil, waktu kerja yang fleksibel dan lain-lain.

7 dari 7 halaman

Prinsip pemberian remunerasi

Pemberian remunerasi harus mengacu pada prinsip-prinsip yang telah ditentukan. Prinsip ini akan membuat pemberian remunerasi lebih adil dan transparan. Berikut prinsip pemberian remunerasi:

Layak dan wajar

Remunerasi yang diberikan harus layak dan wajar, dan tentunya saling menguntungkan kedua belah pihak, baik dari perusahaan maupun pekerjanya.

Sistem merit

Remunerasi diberikan kepada pekerja berdasarkan kinerja kerja pegawai dievaluasi dan dinilai dengan mengacu pada parameter penilaian kinerja.

Kompetitif

Kompetitif artinya remunerasi diberikan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dan dibawa oleh orang untuk melakukan pekerjaannya seperti yang dipersyaratkan.

Transparan

Adanya keterbukaan dalam penetapan gaji dan tunjangan, menetapkan syarat kenaikannya yang masing-masing harus diketahui dan mudah dipahami oleh pekerja atau pegawai.