Sukses

40 Wisata Jawa Barat Paling Populer, Tak Akan Mengecewakan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jawa Barat punya ragam pilihan yang tak akan mengecewakan. Provinsi Jawa Barat menawarkan destinasi menarik mulai dari pegunungan hingga pantai. Wisata Jawa Barat pastinya bisa ditemukan di tiap kota dan kabupaten.

Wisata Jawa Barat cocok bagi kamu yang ingin mengeksplor tanah Pasundan ini. Wisata Jawa Barat yang paling populer berada di Bandung, Bogor, Cianjur, hingga Sukabumi. Bagi kamu yang juga warga Jawa Barat, wisata Jawa Barat ini juga bisa jadi pertimbangan untuk rekreasi.

Wisata Jawa Barat populer ini juga mudah dijangkau. Berikut 40 wisata Jawa Barat paling populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/06/2021).

2 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Bandung

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu sangat terkenal dengan legenda Sangkuriang. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan kawah vulkanik dari Gunung Tangkuban Perahu. Terdapat tiga kawah di kawasan ini yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Curug Dago

Curug Dago berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Curug ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik dari tempat wisata bandung utara ini adalah adanya prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Di kawasan curug ini terdapat dua prasasti yang menandai kedatangan dua raja dari Thailand pada 1902 silam.

Gedung Sate

Siapa yang tak kenal gedung ikonik ini. Gedung Sate menjadi tempat wisata Jawa Barat Bandung yang paling banyak dikunjungi wisatawan. aman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto dan menikmati kota Bandung.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal juga sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Di sini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung tempo dulu. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Tahura Djuanda terletak di sebelah utara Kota Bandung berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Di sini terdapat vegetasi tanaman pinus, kaliandra, dan bambu.

3 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Bogor

Taman Safari Indonesia

Taman Safari merupakan wisata Jawa Barat yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut. Taman Safari berada di di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Curug Leuwi Hejo

Leuwi Hejo merupakan wisata Jawa Barat Bogor yang memiliki suasana alam yang masih asri. Disini pengunjung dapat menyaksikan aliran sungai dengan airnya yang jernih dan segar. Tak lupa, curug yang indah mengalir deras melalui aliran sungai tersebut. Meski harus melewati jalan yang cukup terjal untuk sampai pada kawasan ini, seluruh perjuangan akan terbayar tuntas ketika mendapati keindahan alam yang begitu memesona.

Gunung Pancar

Wisata Puncak Gunung Pancar merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa jadi tujuan menarik di wisata Jawa Barat. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng merupakan area rekreasi di puncak bukit dengan kolam belerang untuk terapi rendam dalam suasana alami. Di sini pengunjung bisa merasakan berendam dengan air panas dengan suasana pegunungan yang segar. Sumber air panas di kolam ini berasal dari gunung kapur yang banyak mengandung belerang.

4 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Sukabumi

Pantai Palabuhanratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan objek wisata Sukabumi yang sangat populer. Pantai ini memiliki perpaduan pantai yang curam, landai, dengan karang yang terjal. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini.

Pemandian Air Panas Cisolok

Wisata Jawa Barat di Sukabumi selanjnutnya adalah Pemandian Air Panas Cisolok. Pemandian ini berada di Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi. Jika pemandian air panas biasanya berada di dekat pegunungan, pemandian satu ini justru berada di dekat pantai. Tempat wisata Pelabuhan Ratu ini berada sekitar 15 km dari pantai Pelabuhan Ratu.

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Tebing ini terletak di Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Wisata Jawa Barat ini dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan dari atas ketinggian. Tebing Panenjoan berada di atas ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung adalah sebuah wisata Sukabumi dengan pemandangan alamnya yang asri. Curug ini dikelilingi pepohonan rindang dan tebing kapur yang indah. Curug Cimarinjung berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Danau Bacan

Danau Bacan atau Batu Bacan berlokasi di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat. Dinamai Bacan karena danau ini memiliki warna air biru kehijauan mirip batu bacan. Danau Bacan tidak terbentuk dari air resapan di bawahnya melainkan dari air hujan yang tertampun sejak lama.

5 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Pangandaran

Green Canyon

Green canyon atau Cukang Taneuh merupakan sebuah ngarai yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan.

Cagar Alam Pangandaran

Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani. Disini terdapat berbagai macam flora dan fauna yang hidup bebas dan dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Cagar alam Pangandaran ini terletak di semenanjung pantai Pangandaran. Selain flora dan fauna, wisatawan juga dapat menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi berbagai peninggalan serta cagar budaya seperti situs agama Hindu, Kerajaan Galuh dan goa-goa peninggalan zaman penjajahan Jepang.

Goa Lanang Selasari

Goa Lanang Selasari terletak di desa Selasari Kecamatan Parig kurang lebuh 1,5 jam dari Pangandaran. Dalam perjalanan ke lokasi pengunjung akan melihat pemadangan alam desa yang menawan dan unik yang menjadi bagian pengalaman dari paket body rafting.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran termasuk wisata unggulan Kabupaten Pangandaran. berlokasi di Desa Pananjung, pantai ini menghadirkan hamparan pasir putih dan air jernih yang menyejukkan mata. Di sini tersedia berbagai wahana olahraga air, seperti berenang, memancing, menyelam, perahu pesiar, jet ski, dan berkeliling dengan sepeda. Tetapi aktivitas favorit sebagian besar pengunjung adalah menikmati matahari terbenam atau matahari terbit.

Konservasi penyu

Selain menawarkan keindahan pantai, Pangandaran juga memiliki konservasi penyu, lokasinya berada di kawasan wisata pantai Batu Hiu. Sedikitnya ada lima jenis penyu dengan ragam ukuran di tempat ini. Selain melihat dan mendapat pengetahuan baru tentang penyu, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan penyu yang ada di sana.

 

6 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Purwakarta

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia. Waduk ini juga menjadi destinasi wisata Jawa Barat yang terkenal. Menikmati ketenangan air yang berpadu dengan rindangnya pepohonan dan perbukitan di sekitar waduk memberikan efek rileks yang begitu menenangkan. Ada banyak pilihan spot foto keren yang bisa kamu abadikan, mulai dari rumah pohon, tangga berputar, ujung perahu hingga balkon yang menjorok di pinggir waduk.

Curug Cipurut

Curug Cipurut berada di tengah-tengah Gunung Burangrang Pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari perkampungan sekitar dan melewati area perkebunan teh. Sedikitnya terdapat tiga bagian curug, yaitu curug utama dengan ketinggian 25-30 meter yang terdapat di ujung tebing. Dua curug lainnya, jadi spot bersantai dan berseluncur ria karena bidang lebih landai.

Sumber Air Panas Ciracas

Di sumber mata air ini terdapat 12 titik sumber air panas, namun beberapa di antaranya terdapat di sekitar pematang sawah milik warga setempat. Sumber air panas Ciracas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kulit, rematik, dan lainnya.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan wisata Jawa Barat yang sangat terkenal di Purwakarta. Taman air mancur ini adalah salah satu destinasi murah meriah di Kabupaten Purwakarta yang wajib disambangi saat akhir pekan. Tata cahaya yang keren yang dipadukan dengan teknologi dan atraksi air mancur menjadi suguhan unik yang membuat suasana malam di Purwakarta semakin meriah.

Pasir Langlang

Pasir Langlang adalah kompleks hutan pinus yang ada di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes. Jadi tidak heran apabila udara di lokasi wisata alam Purwakarta ini sangat sejuk.

7 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Cirebon

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Taman Wisata Goa Sunyaragi mirip seperti Taman Sari yang ada di Yogyakarta. Konstruksi dan komposisi bangunan situs ini cukup unik. Bangunan Taman Sunyaragi tersusun dari tumpukan batu karang. Dulunya Sunyaragi digunakan sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Hutan Kera Plangon

Kawasan hutan seluas 48 hektare ini merupakan salah satu objek wisata purbakala. Selain dipenuhi kera, pengunjung bisa mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan. Itulah alasan utama kenapa tempat ini selalu ramai dikunjungi para peziarah setiap 2 Syawal. Hutan Plangon berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, sekitar 45 menit dari pusat kota. Biaya masuk ke sini sekitar Rp. 3.000 per orang.

Makam Sunan Gunungjati

Makam Sunan Gunung Jati menjadi bagian dari sejarah wali songo yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Tempat wisata religi yang satu ini juga memiliki keindahan berupa perpaduan bangunan arsitektur Arab, Jawa dan Cina. Wisata religi yang satu ini sangat ramai dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai daerah, mulai dari penduduk Jawa setempat hingga etnis Tionghoa.

Wisata Kura-Kura Belawa

Wisata Kura Kura Belawa berada di Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Kamu bisa berwisata sambil belajar tentang satwa lebih tepatnya tentang Kura Kura. Kura Kura Belawa ini hidup di air tawar pegunungan dan usianya bisa mencapai 150 tahun.

Setu Patok

Setu Patok merupakan danau terbesar yang ada di Kota Cirebon. Setu Patok sering dikunjungi di sore hari, karena menurut para wisatawan lokal danau ini memiliki pemandangan sunset yang sangat bagus untuk berfoto. Danau ini terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu yang jaraknya sekitar 30 menit dari pusat Kota Cirebon.

8 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Garut

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terkenal dengan sejumlah kawahnya seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Selain kawah, lokasi menarik yang bisa dikunjungi adalah Blok Pondok Saladah berupa padang rumput luas di ketinggian 2.288 mdpl. Ada juga hutan mati yang menyajikan eksotisnya pepohonan kering dan vegetasi khas daerah ini.

Kawah Kamojang

Wisata Jawa Barat Garut selanjnutnya adalah Kawah Kamojang. Kawah Kamojang berada di perbatasan Garut dan Bandung. Kawah di sini bukanlah kawah biasa. Kawah Kamojang hanya berupa uap panas bumi yang keluar dari area-area tertentu. Di kawasan ini juga terdapat pemandian air panas dan objek rekreasi lainnya.

Kompleks Wisata Cipanas

Kompleks Wisata Cipanas merupakan daerah wisata Jawa Barat favorit warga Garut. Di sini kamu bisa menikmati sensasi menenangkan berendam di pemandian air hangat. Pemandian ini bersumber langsung dari Gunung Guntur.

Pantai Rancabuaya

Salah satu pantai yang paling terkenal di Garut adalah Pantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Pantai ini memiliki bebatuan yang tersebar di sepanjang pesisir pantai. Deburan ombak yang menghantam batu karang membuat suasana pantai ini sangat syahdu dan menenangkan hati.

Curug Batu Nyusun

Curug Batu Nyusun terletak di Kampung Cikuda Desa Pangrumasan Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut. Curung ini memiliki tebing dengan bebatuan alami yang terlihat tersususn rapi. Aliran air di tebing ini membuatnya nampak dramatis. Curug ini lebih cocok dikunjungi saat musim kemarau, dikarenakan saat kemarau, air mengalir tidak terlalu banyak sehingga bebatuan tersusun tersebut akan terlihat dengan jelas.

9 dari 9 halaman

Wisata Jawa Barat: Cianjur

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Kebun Raya ini terkenal dengan pohon sakuranya yang jadi daya tarik tersendiri. Bunga yang identik dengan warna pink ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat ditemukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. Bunga sakura bisa dinikmati pada sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Istana Presiden Cipanas

Istana Kepresidenan Cipanas terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Cianjur atau 103 kilometer dari Ibukota Jakarta. Istana ini berada di kaki Gunung Gede yang membuatnya memiliki udara segar khas pegunungan.

Telaga Biru Cipanas

Telaga Biru Cipanas berlokasi di Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Wisata Puncak satu ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Warna air di telaga ini bisa berubah dari biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara masuk dalam wilayah adminstratif kabupaten Cianjur. Di wisata Jawa Barat ini bisa melihat keindahan beragam jenis bunga yang terdapat pada taman seluas 35 hektare ini. Sejumlah taman dari berbagai daerah di Tanah Air dapat dikunjungi di sini. Selain itu Taman Bunga Nusantara memiliki labirin yang akan membuatmu bingung untuk mencari jalan keluarnya. Beberapa taman juga sangat tematik dengan beberapa patung-patung yang terbentuk dari beberapa tanaman yang terus menerus tumbuh.

Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Kebun Wisata Inkarla Cipanas berada di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Wisata puncak satu ini menawarkan pemandangan pegunungan serta kenyamanan pondok penginapan disertai dengan berbagai jenis tanaman hias dan bunga potong. Di sini terdapat berbagai jenis tanaman dengan bunga-bunga yang bermekaran indah.