Sukses

20 Wisata Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba, Dijamin Bakal Nagih dan Puas

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner khas Jawa Timur memang beragam dan berbeda-beda setiap daerahnya. Masakan khas orang Jawa Timur biasanya bercitra rasa pedas, gurih, Asin, dan kaya akan rempah-rempah. Itulah mengapa banyak orang yang rela datang ke Jawa Timur hanya ingin menyantap kuliner khasnya.

Jawa Timur mempunyai banyak sekali makanan khas yang menjadi ikon Nusantara. Ada beberapa yang mungkin belum pernah kamu temui. Kekayaan bumbunya, membuat makanan khas Jawa Timur selalu dirindukan oleh semua orang.

Ketika berkunjung ke Jawa Timur, kamu wajib mencoba makanan khas setiap daerahnya. Seperti Soto Lamongan yang berasal dari Lamongan, Rujak Cingur yang berasal dari Surabaya, dan masih banyak yang lainnya.

Penasaran apa saja wisata kuliner khas Jawa Timur? Berikut ini daftar wisata kuliner khas Jawa Timur yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/6/2021).

2 dari 5 halaman

Daftar Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Beserta Daerah Asalnya

1. Soto Lamongan

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang pertama adalah soto lamongan. Soto Lamongan menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur yang saat sangat mudah ditemukan di berbagai daerah lainnya. Namun, terdapat perbedaan antara soto Lamongan dengan soto lainnya, yakni koya.

Koya merupakan sejenis bubuk gurih dengan bahan dasar pembuatannya berasal dari kerupuk udang dan bawang putih. Tambahan koya membuat cita rasa soto Lamongan menjadi semakin gurih dan membuat siapa yang menikmatinya akan semakin ketagihan.

2. Rujak Soto

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah rujak soto. Seperti namanya, kuliner khas Banyuwangi ini adalah perpaduan antara rujak dan soto kuning.

Rujak petis dengan rasa terasi yang khas dan kuah soto kuning gurih akan menghasilkan kombinasi rasa yang cukup unik dan enak. Selain rujak soto, kamu bisa menemukan rujak bakso di kawasan Madura. Bedanya, rujak di sana menggunakan petis Madura yang rasanya cenderung asin.

3. Tahu Campur

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah tahu campur. Makanan ini berasal dari Surabaya. Tahu campur terdiri dari selada, taoge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong. Kemudian bahan-bahan tersebut disiram kuah kaldu tetelan sapi yang gurih dan kaya akan rempah-rempah.

4. Rawon

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah rawon. Rawon menjadi salah satu hidangan tertua dalam sejarah Jawa kuno, yang sudah ada sejak 901 Masehi, era Kerajaan Mataram. Kuah berwarna hitam pekat adalah ciri khasnya, karena diolah menggunakan kluwek.

Bahan utama rawon adalah daging sapi yang direbus dalam kuah kluwek dengan waktu lama hingga teksturnya empuk, disajikan bersama taoge, telur asin, serta kerupuk udang. Meskipun rawon terkenal sebagai makanan khas Surabaya, tapi beberapa daerah di Jawa Timur juga punya rawon khas. Misalnya seperti rawon Pasuruan dengan sate komoh sebagai pelengkapnya.

5. Rujak Cingur

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah rujak cingur. Rujak khas Kota Surabaya ini terdiri dari berbagai jenis sayuran dan buah, seperti krai, taoge, kangkung, kacang panjang, nanas, kedondong, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut dipadukan dengan tempe, tahu, lontong, hingga cingur alias hidung sapi yang jadi ciri khasnya.

Biasanya para penjual rujak cingur mengolah bumbu kacang dan petis untuk rujak dalam cobek batu berukuran besar. Kemudian, seluruh bahan tadi diletakkan di tengah dan diaduk hingga rata.

3 dari 5 halaman

Daftar Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Beserta Daerah Asalnya

6. Lontong Balap

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah lontong balap. Kuliner asli Surabaya ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, dan kecap, lalu disiram kuah gurih yang khas.

Lontong balap biasanya disajikan dengan sate kerang dan lentho, yakni gorengan yang terbuat dari kacang tolo. Kalau ingin coba lontong balap legendaris di Surabaya, kamu bisa datang ke kawasan Jalan Kranggan. Kamu akan menemukan penjual lontong balap mulai dari kaki lima hingga tempat makanan permanen.

7. Tahu Tek

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalahtahu tek. Makanan ini berasal dari Surabaya, kamu harus coba dijamin bakal bikin ketagihan.

Tahu tek berbahan utama tahu goreng, kentang goreng, dan lontong yang dipotong kecil-kecil, ditambah taoge serta acar mentimun. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut disiram bumbu kacang petis dan lengkap dengan taburan kerupuk udang. Rasa bumbunya cenderung pedas dan manis gurih. Lebih mantap kalau kamu pesan tambahan telur dadar.

8. Sego Tempong

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah sego tempong. Sego tempong atau nasi tempong asalnya dari Banyuwangi. Dalam bahasa Osing, tempong artinya tampar. Nama ini diberikan karena sambal di nasi tempong yang pedasnya seperti ditampar.

Nasi ini memang terdiri dari sayuran rebus seperti bayam, kubis, kenikir, didampingi lauk, dan dilengkapi sambal. Ada beberapa jenis sambal yang kini diolah untuk nasi tempong, yakni sambal kacang dengan aroma kencur yang kuat serta sambal terasi pedas. Sedangkan lauknya pun beragam, seperti tahu, tempe goreng, ayam goreng, ikan jambal, dan sebagainya.

9. Pecel

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah pecel. Dengar kata pecel, kamu mungkin langsung terbayang Kota Madiun yang tersohor sama pecel pincuknya. Selain Madiun, banyak kota di Jawa Timur yang juga punya makanan khas serupa, seperti pecel Blitar atau pecel Kediri.

Biasanya yang membedakan adalah jenis isian sayur, jenis daun sebagai wadah pecelnya, hingga lauk pendamping. Seperti contohnya ada pecel yang dilengkapi rempeyek, ada juga yang dilengkapi kerupuk puli. Ada pecel yang disajikan dengan daun pisang, ada juga yang disajikan dengan daun jati.

10. Sego Tumpang

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah sego tumpang. Nasi Tumpang khas Jawa Timur juga sering disebut dengan nama sego tumpang dan menjadi salah satu makanan terbaik khas Kediri, Jawa Timur.

Kuliner menarik yang satu ini wajib dicoba oleh Anda para pecinta dan pemburu kuliner terbaik. Alasan mengapa menu ini diberi nama nasi tumpang ialah karena menunya yang menggunakan kuah sambal tumpang, yakni terbuat dari tempe basi atau biasa disebut tempe bosok oleh masyarakat Jawa.Tempe yang telah membusuk ini kemudian akan dimasak dengan ayam, krupuk kulit hingga rambak dan semakin membuat para penikmatinya semakin ketagihan.

4 dari 5 halaman

Daftar Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Beserta Daerah Asalnya

11. Bakso Malang

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah bakso Malang. Buat kamu penggemar bakso, salah satu makanan khas Jawa Timur juga bakso lho, tepatnya di Kota Malang. Di sana ada bakso yang sangat terkenal dan dinamai sesuai nama kotanya, bakso Malang. Berbeda dari bakso biasa, bakso Malang memiliki berbagai macam jenis bakso. Ada bakso biasa, bakso telor, bakso urat, bakso udang, bakso goreng dan bisa juga kamu menambahkan dengan pangsit kering atau basah, siomay, ati, ampela, tahu, mie, dan lontong.

Pokoknya komplit banget deh bakso Malang ini, kamu bahkan bisa tuh pesan semua jenis bakso ke dalam mangkokmu. Mungkin mangkoknya yang nggak muat kalau kamu memesan semuanya di dalam satu mangkok saja.

12. Lodho Ayam

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah lodho ayam. Kalau kamu mengunjungi Tulungagung, sempatkanlah mencicipi salah satu makanan khas yang ada di sana, lodho ayam. Makanan khas dengan bahan dasar ayam yang dimasak menggunakan bumbu dan resep turun temurun memiliki rasa lezat tentunya.

Lodho ayam ini memiliki dua jenis masakan, yang pertama adalah lodho dengan kuah encer, yang kedua yaitu lodho kuah kental. Semua sama enaknya, apalagi jika dimakan dengan menggunakan nasi panas atau tiwul.

13. Nasi Krawu

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah nasi krawu. Makanan ini berasal dari Kota Gresik. Nasi krawu ini dibuat dari bermacam bahan, ada daging sapi, jeroan sapi, serundeng, dan sambal trasi. Nasi krawu juga memiliki ciri khas dalam penyajiannya, yaitu dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

14. Bebek Sinjay

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah bebek sinjaay. Kalau kamu pecinta kuliner bebek, pasti sudah tidak asing lagi dengan olahan yang satu ini, bebek sinjay. Makanan khas yang wajib hukumnya kamu cicipi kalau mampir ke Bangkalan, Madura. Bebek sinjay paling nikmat kalau dimakan bersama dengan nasi hangat dan kremesan, jangan lupa sambal pencit yang terbuat dari mangga mudanya juga.

Salah satu yang bikin masakan berbahan bebek ini diminati adalah karena daging bebeknya yang empuk dan tidak ada bau amis. Kalau pengen coba, mungkin di kota kamu ada yang menjajakan bebek sinjay ini, cepetan dicari dan rasakan kelezatannya.

15. Sate Madura

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah sate Madura. Kamu bisa menemukan hampir di tiap kota besar di Indonesia. Sate Madura bukan hanya sate ayam saja, tapi juga sate kambing yang sama lezatnya. Kalau sate kambing, biasanya akan ada kaki kambing yang digantung di gerobak milik penjualnya. Memanggang sate Madura biasanya menggunakan arang batok kelapa.

Sate khas ini memakai bumbu kacang yang halus untuk sausnya. Kacang ditumbuk sampai halus bersama dengan sedikit bawang merah dan petis. Bumbu kacang ini yang menambah cita rasa dari sate Madura.

5 dari 5 halaman

Daftar Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Beserta Daerah Asalnya

16. Lontong Kupang

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah lontong kupang. Mungkin kamu jarang mendengar nama makanan yang satu ini, lontong kupang. Makanan khas Jawa Timur ini terkenal di daerah Surabaya, Sidoarjo, dan juga Pasuruan. Kamu dapat dengan mudah menemui lontong kupang ini di daerah pesisir Jawa Timur.

Lontong kupang terbuat dari bahan kupang putih atau yang memiliki nama ilmiah Corbula faba H. Sejenis hewan laut bentuknya menyerupai kerang berukuran kecil sebesar beras atau biji kedelai. Untuk memasak kupang ini, pertama harus dikupas terlebih dahulu, kemudian dimasak bersama dengan bumbu-bumbu. Penyajiannya biasanya menggunakan lontong dan lentho, lalu ditambahkan kuah petis. Kamu bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar menambah rasa sedap.

17. Gethuk Pisang

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah gethuk pisang. Untuk jajanan khas Jawa Timur, kamu bisa mencoba menikmati kelezatan gethuk pisang. Gethuk ini tentu saja berbeda dari gethuk singkong. Perbedaan pertama tentu pada bahan bakunya, gethuk pisang menggunakan pisang.

Biasanya pisang yang digunakan adalah pisang raja nangka. Gethuk pisang khas Kediri ini memiliki rasa manis serta asam yang khas. Teksturnya sedikit keras tapi lembut, membuat gethuk pisang paling enak dimakan ketika kita sedang menikmati secangkir teh hangat.

18. Nasi Buronan

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah nasi buronan. Makanan khas Jawa Timur yang patut untuk anda coba selanjutnya adalah Nasi Boranan atau yang akarab disebut sebagai Sego Boranan. Nasi Boranan merupakan sebuah kuliner asal Lamongan yang cukup terkenal dan banyak digemari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga wisatawan.

Nasi Boranan ini adalah nasi yang diberi dengan berbagai macam lauk pauk yang bisa dipilih sesuai selera. Pilihan lauknya pun beragam, seperti tahu, tempe, jeroan, telur asin, telur dadar, ikan bandeng hingga ikan sili. Ikan Sili merupakan ciri khas dari nasi boranan ini, bahkan ikan ini disebut memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam.

19. Ledre

Ledre salah satu makanan yang berasal dari Kota Bojonegoro, Jawa Timur. Bentuknya seperti kue semprong. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh ketika ada yang mengunjungi Bojonegoro. Tidak semua yang membawa ledre sebagai oleh-olehnya juga habis dari Bojonegoro.

Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan pisang raja, santan, telur, minyak kacang, dan gula pasir. Dimasak berbentuk lembarang tipis, baru kemudian digulung sampai berbentuk silinder panjang. Ledre memiliki tekstur yang renyah, enak banget disantap sambil menikmati secangkir kopi atau teh.

20. Sambel Wader

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah sambel wader. Sambel wader merupakan salah satu olahan makanan berbahan dasar ikan yang asalnya dari Mojokerto, salah satu kota di Jawa Timur. Sambel wader ini merupakan makanan yang dibuat dari bahan wader.

Wader adalah salah satu jenis ikan yang biasa hidup di sungai. Walaupun ikannya berukuran kecil, tapi rasanya tidak kalah sama dengan ikan-ikan jumbo dari lauta. Apalagi di dalam sambel wader ini kita tidak cuma dapet satu ikan saja, ada banyak yang bisa kamu makan dalam satu porsinya. Ikan wader cukup digoreng sampai matang, baru kemudian ditambahkan sambel dan disajikan.