Sukses

Cara Membuat Whipped Cream di Rumah, Super Lembut dan Anti Gagal

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat whipped cream di rumah perlu diketahui oleh Anda yang hobi membuat kue. Whipped cream sering disebut juga sebagai krim kocok. Krim ini dibuat dari 30 persen lemak susu. Krim ini dikocok menggunakan alat pengocok mixer hingga berwarna putih dan kaku. 

Whipped cream ini dijual dalam bentuk cair maupun bubuk. Untuk whipped cream cair, memiliki rasa yang cenderung gurih dan tidak begitu manis. Sedangkan whipped cream bubuk memiliki rasa yang cenderung manis. Dari segi ketahanannya whipped cream bubuk jauh lebih tahan lama teksturnya di suhu ruangan dan tidak mudah meleleh kembali. Sedangkan whipped cream cair cenderung mudah meleleh dalam suhu ruangan.

Kebanyakan orang mengenal whipped cream ini sebagai butter cream. Meski keduanya sama-sama creamy dan lembut, namun keduanya merupakan jenis yang berbeda. Perbedaan keduanya terletak dari segi bahan pembuatan, tekstur dan rasanya.  Cara membuat whipped cream atau krim kocok adalah krim berbentuk cair, kandungan lemaknya 30-35%. Meskipun kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, masih bisa dikocok sampai mengeras. 

Penasaran dengan cara membuat whipped cream sendiri di rumah? Berikut ini ulasan mengenai cara membuat whipped cream yang mudah dan anti gagal yang dapat Anda praktikkan di rumah yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/6/2021).

2 dari 5 halaman

Kandungan Gizi Whipped Cream

Sebelum mengetahui cara membuat whipped cream, alangkah baiknya jika mengetahui kandungan gizi whipped cream. Pada dasarnya, bahan utama pembuatan krim kocok ini berasal dari susu, maka secara tidak langsung dengan mengonsumsi krim ini, maka kita akan mendapatkan manfaat atau khasiat dari susu.

Manfaatnya adalah dapat mencegah terjadinya osteoporosis sehingga tulang tetap sehat dan kuat serta dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, whipped cream dapat mencegah terjadinya resiko kanker dan diabetes, dapat mempercantik kulit, serta dapat menetralisir racun yang kemungkinan terbawa oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Whipped Cream

Berikut ini cara membuat whipped cream yang dapat Anda coba di rumah, yaitu:

Bahan:

- 1 cup heavy cream yang digunakan sebagai bahan dasar

- 1/3 cup icing sugar

- 1/2 sendok teh ekstrak vanili

- 100 gram putih telur ayam

- 1 jumput garam yang akan memberikan sensasi rasa berbeda pada whipped cream

Cara membuat whipped cream:

a. Kocok putih telur dan heavy cream di dalam mangkuk dengan menggunakan mixer. Kocok pada kecepatan tinggi agar mendapatkan hasil yang fluffy atau tebal, halus, dan padat.

b. Setiap 1 menit, turunkan kecepatan menjadi paling rendah dan naikkan lagi kecepatannya.

c. Ulang tahapan di atas sebanyak 2-3 kali, lalu kocok pada kecepatan tertinggi sampai krim menjadi ringan dan berwarna putih.

d. Tambahkan icing sugar untuk jika kamu menginginkan rasa manis. Kamu juga bisa menggunakan gula halus, atau jika tidak ingin manis, tahapan ini bisa kamu lewati.

e. Tambahkan garam dan kocok sampai rata.

f. Jika whipped cream sudah jadi, kamu bisa mengeceknya dengan membalikkan wadah. Whipped cream yang bagus tidak akan jatuh ketika wadah dibalik.

4 dari 5 halaman

Tips Membuat Whipped Cream yang Benar

Agar dapat membuat whipped cream yang benar, ada tips cara membuat whipped cream yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Gunakan wadah yang besar agar nanti whipped cream tidak tumpah. Karena, ketika dikocok, whipped cream akan mengembang, bisa sampai dua kali lipat dari ukuran awal.

2. Gunakan wadah yang dingin, kamu bisa memakai mangkuk stainless steel atau wadah yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.

3. Gunakan putih telur yang masih segar, pastikan bahwa putih telur yang kamu gunakan masih bagus kualitasnya.

4. Gunakan krim dengan label heavy cream, atau bisa juga menggunakan full cream. Tapi, kamu juga bisa menggunakan krim yang memang khusus diperuntukkan membuat whipped cream.

5. Usahakan menggunakan icing sugar agar didapatkan whipped cream yang lebih kental.

5 dari 5 halaman

Cara Menyajikan Whipped Cream

Selain disajikan pada cake, whipped cream juga bisa digunakan pada minuman. Anda pasti pernah melihat sajian minuman di restoran yang menggunakan banyak whipped cream di atasnya.

Penggunaan whipped cream ini juga harus menyesuaikan suhu ruangan. Jika Anda ingin menyajikan kue pada ruangan ber-AC, indoor, dan dingin, maka penggunaan whipped cream sudah tepat. Namun, jika Anda perlu menyajikan kue pada suhu yang agak panas, akan lebih baik untuk menggunakan butter cream.

Dalam cara membuat whipped cream, krim akan dikocok dengan menggunakan mesin kocok atau alat kocok lainnya. Whipped cream ini akan diaduk hingga warnanya berubah menjadi cerah dan cenderung menggumpal. Supaya ada rasa lezat dan manis, maka whipped cream biasanya juga akan diberi campuran susu