Sukses

6 Karya Seni Bernilai Miliaran yang Dilaporkan Hilang, Belum Ditemukan Hingga Kini

Barang-barang bernilai tinggi ini dilaporkan hilang dan ada pula yang dicuri.

Liputan6.com, Jakarta Apabila menyebutkan tentang karya seni yang bernilai fantastis mungkin pikiran Anda akan tertuju pada lukisan terkenal seperti Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci atau bahkan patung L'Homme au doigt merupakan karya dari Alberto Giacometti. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa karya seni dengan harga Miliaran yang dilaporkan hilang dan belum ditemukan hingga kini?

Beberapa karya seni di bawah ini, dihargai dengan nilai fantastis dan dibuat oleh para seniman terkenal dunia seperti Van Gogh. Ada yang dilaporkan dicuri, namun ada pula yang hanya dilaporkan hilang begitu saja.

Berikut ini merupakan daftar karya seni curian dari karya asli yang menurut sumber terpercaya pernah ada namun kini tak dapat ditemukan di museum atau koleksi pribadi. Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (25/6/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Alexander III Commemorative egg by Fabergé – Rp 330-500 miliar

Alexander III Commemorative egg ini merupakan telur Paskah berenamel permata yang dibuat di bawah pengasawan toko perhiasan ternama Rusia, yakni Peter Carl Fabergé pada tahun 1909. Telur ini dibuat untuk Nicholas II dari Rusia yang mempersembahkannya kepada ibunya, yakni Permaisuri Maria Feodorovna.

Hingga kini, telur yang diperkirakan bernilai $20–30,000,000atau senilai dengan Rp 330-500 miliar ini masih dilaporkan hilang. Telur ini merupakan satu dari 10 telur yang pernah dibuat oleh Fabregé. 

 

3 dari 7 halaman

2. Jubilee by Fabergé - Rp 330-500 miliar

Telur Kerajaan Denmark atau yang dikenal dengan nama Jubilee Denmark merupakan telur Paskah berlapis permata, sama halnya Alexander III Commemorative egg, telur ini juga dibuat oleh Peter Carl Fabergé in 1903 dan untuk orang yang sama pula yakni Nicholas II of Russia.

 

Sampai kini, telur ini masih hilang dan belum ditemukan. Nilainya pun fantastis yakni diperkirakan senilai Rp 330-500 miliar.

4 dari 7 halaman

3. Congregation Leaving the Reformed Church in Nuenen oleh Van Gogh – Rp 250 miliar

Lukisan yang bertajuk 'Congregation Leaving the Reformed Church in Nuenen' buatan Van Gogh ini dibuat pada tahun 1884 untuk kedua orang tuanya. Lukisan ini terinspirasi dari ayah Van Gogh yang merupakan seorang pastor gereja di tahun 1882. Lukisan itu dicuri dari Museum Van Gogh pada 7 Desember 2002 dan belum ditemukan hingga kini. Lukisan ini diperkirakan bernilai $15,000,000 atau senilai dengan Rp 250 miliar.

 

5 dari 7 halaman

4. Nativity with San Lorenzo and San Francesco oleh Caravaggio – Rp 332 M

Pada Oktober 1969, lukisan "Nativity with San Lorenzo and San Francesco” dipamerkan di Oratory of San Lorenzo di Palermo, Italia. Di saat itu pula, ada dua orang pencuri yang mengambil lukisan tersebut dari bingkainya. 

Berdasarkan keterangan para ahli, lukisan ini diperkirakan bernilai 20 juta dollar atau kurang lebih Rp 332 miliar. Hingga kini, lukisan ini belum kembali.

 

6 dari 7 halaman

The White Duck oleh Jean-Baptiste Oudry – $8,800,000

The White Duck oleh Jean-Baptiste Oudry adalah salah satu lukisan yang hingga kini belum ditemukan. Lukisan ini awalnya dimiliki oleh Houghton Hall yang berada di Norflok, Inggris. Kemudian, pada tahun 1990, lukisan ini dicuri dan hingga kini belum ditemukan informasi dan jejak dari pencuri tersebut. Diperkirakan lukisan ini bernilai $8,800,000 atau Rp 127 miliar.

 

7 dari 7 halaman

The Concert oleh Vermeer - Rp 2,8 Trilyun sampai tak terhingga

Lukisan bertajuk The Concert yang dibuat oleh Vermeer ini menggambarkan seorang pria dan dua wanita yang sedang bermain musik. Lukisan ini dicuri dari Museum Isabella Stewart Gardner di Boston pada bulan Maret 1990. Lukisan ini disebut sangat berharga, berdasarkan para ahli, lukisan ini senilai $200,000,000 atau Rp 2,8 Trilyun. Namun ada pula yang menyebut bahwa lukisan ini harganya tak terhingga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini