Sukses

Filosofi adalah Filsafat, Ketahui Pengertian dan Cabangnya

Filosofi adalah salah satu ilmu tertua.

Liputan6.com, Jakarta Filosofi adalah cabang ilmu yang mengkaji tentang masalah mendasar dalam kehidupan. Dalam dunia ilmu pengetahuan, filosofi adalah salah satu ilmu tertua. Filosofi juga sering disebut dengan filsafat.

Filosofi adalah pemikiran dengan cakupan yang kompleks dan terkadang sulit dimengerti. Filosofi adalah pandangan dunia yang sistematis. Banyak pandangan bahwa filosofi adalah dasar dari segala ilmu.

Tujuan filosofi adalah untuk memperdalam pemahaman. Selain itu, filosofi adalah ilmu yang memiliki beberapa cabang, sesuai dengan fokus pemahamannya. Berikut pegertian tentang filosofi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(28/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asal kata Filosofi

KBBI mendefinisikan arti filosofi sama dengan filsafat. Filosofi adalah kata yang diserap dari bahasa Belanda, filosofie. Sementara filsafat berasal dari serapan bahasa Arab, falsafa. Kata ini berakar dari bahasa Yunani, philosophia.

Istilah Yunani ini terdiri dari kata philos yang berarti cinta atau sahabat dan kata sophia yang berarti kebijaksanaan, kearifan atau pengetahuan. Jadi, menurut asal usul katanya, arti filosofi adalah cinta pada kebijaksanaan atau cinta pada kebenaran yang dalam hal ini kebenaran ilmu pengetahuan.

3 dari 6 halaman

Pengertian filosofi secara umum

Secara umum, filosofi adalah kajian masalah mendasar dan umum tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa. Dalam arti luas, filosofi adalah kegiatan yang dilakukan orang ketika mereka berusaha memahami kebenaran mendasar tentang diri mereka sendiri, dunia tempat mereka tinggal, dan hubungan mereka dengan dunia dan satu sama lain.

Filosofi adalah cara berpikir tentang subjek tertentu seperti etika, pemikiran, keberadaan, waktu, makna dan nilai. Cara berpikir filosofi melibatkan 4 Rs: responsiveness (daya tanggap), reflection (refleksi), reason (alasan), dan re-evaluation (re-evaluasi).

Menurut KBBI, filsafat atau filosofi adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya. Filosofi juga diartikan sebagai n teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan, dan n ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi.

Menurut Britannica, filosofi adalah pertimbangan rasional, abstrak, dan metodis realitas sebagai keseluruhan atau dimensi fundamental dari keberadaan dan pengalaman manusia. Penyelidikan filosofis adalah elemen sentral dalam sejarah intelektual banyak peradaban.

4 dari 6 halaman

Pengertian filosofi menurut ahli

Plato

Menurut Plato (427-347 SM), filosofi adalah ilmu pengetahuan tentang hakekat. Ilmu filsafat adalah upaya untuk mencapai pengetahuan dan mengetahui tentang kebenaran yang sebenarnya.

Aristoteles

Menurut Aristoteles (384-322 SM), filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang kebenaran yang meliputi logika, fisika, metafisika dan pengetahuan praktis.

Bertrand Russel

Filsafat adalah tidak lebih dari suatu usaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terakhir, tidak secara dangkal atau dogmatis seperti yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan dalam ilmu pengetahuan.

Immanuel Kant

Immanuel Kant merumuskan filsafat sebagai ilmu pengetahuan yang menjadi pokok pangkal dan puncak segala pengetahuan yang tercakup di dalamnya empat persoalan yaitu:

Apa yang dapat kita ketahui? (Metafisika)

Apa yang seharusnya dilakukan? (Etika)

Sampai dimanakah harapan kita? (Agama)

Apa hakikat manusia? (Anthropologi)

5 dari 6 halaman

Cabang filosofi

Metafisika

Metafisika adalah suatu cabang filsafat sistematis yang membahas keberadaan. Ini berkaitan dengan proses analitis atas hakikat fundamental mengenai keberadaan dan realitas yang menyertainya.

Epistemologi

Epistemologi merupakan suatu cabang filsafat sistematis yang membahas pengetahuan. Ahli epistemologi mempelajari sumber pengetahuan, termasuk intuisi, argumen a priori, ingatan, pengetahuan perseptual, pengetahuan diri dan kesaksian.

Metodologi

Metodologi merupakan cabang filsafat sistematis yang membahas metode. Metode adalah suatu tata cara, teknik, atau jalan yang telah dirancang dan dipakai dalam proses memperoleh pengetahuan jenis apa pun.

6 dari 6 halaman

Cabang filosofi

Logika

Logika adalah cabang filosofi yang membahas penalaran. Penalaran adalah suatu corak pemikiran khas yang dimiliki manusia dari pengetahuan yang ada untuk memperoleh pengetahuan lainnya, terutama sebagai sarana dalam pemecahan suatu masalah.

Etika

Etika merupakan satu cabang filsafat sistematis yang membahas moralitas. Moralitas ialah suatu himpunan ide mengenai hal-hal yang baik atau buruk pada perilaku manusia dan hal-hal yang benar atau salah pada tindakan manusia.

Estetika

Estetika merupakan cabang ilmu filsafat yang membahas keindahan. Estetika adalah ilmu yang membahas bagaimana keindahan dapat terbentuk, serta bagaimana dapat merasakannnya.

Sejarah Filsafat

Sejarah filsafat adalah studi tentang periode tertentu, individu, atau aliran tertentu. Bidang ini masih berkaitan, tetapi tidak sama dengan filsafat sejarah. Sejarah filsafat merupakan bidang pengetahuan yang sangat luas dan merupakan cabang ketujuh dari filsafat sistematis dan membahas perkembangan filsafat dari masa yang paling permulaan sampai sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini