Sukses

Cara Menyelesaikan Rubik yang Sudah Teracak, 3x3 dan 4x4 Selesai Cepat

Mulailah cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak dengan memahami nama dasar dan pergerakan rubiknya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak sebenarnya mudah dan bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Entah untuk rubik 3x3 maupun rubik 4x4. Mulailah cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak dengan memahami nama dasar rubiknya. Ini memudahkan pemain menempatkan bagian sisi-sisinya.

Jangan asal melakukan pergerakan bila rubik sudah sangat acak. Cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak kedua adalah memahami setiap pergerakan dalam permainan rubik. Bila sudah, cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak terapkan rumusnya dengan memerhatikan warna, simbol, dan alogaritma.

Bila hanya dibaca sekilas memang cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak cukup rumit. Langsung saja praktikkan cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak 3x3 dan 4x4 dengan mengikuti setiap langkah yang akan diulas kali ini. Berikut Liputan6.com ulas cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak dari berbagai sumber, Rabu (30/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menyelesaikan Rubik yang Sudah Teracak 3x3

1. Memahami Nama Dasar Rubik 3x3

Seorang pemula yang hendak bermain rubik, mulai pahami cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak dengan awalan memahami nama-nama dasar dari mainan kubus ini. Rubik 3x3 terdiri dari 27 bagian kecil yang saling terhubung pada poros. Serta terdiri atas 6 sisi, setiap bagian rubik memiliki nama masing-masing yaitu:

- Center: bagian tengah rubik, posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah.

- Edge: bagian tengah di sisi samping rubik.

- Corner: bagian ujung-ujung dari rubik.

- Layer: terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah ialah layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir layer 3.

2. Memahami Dasar Pergerakan Rubik

Cara menyelesaikan rubik 3x3 kedua memahami dasar pergerakannya. Sebagai awalan cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak, mungkin Anda akan reflek menghafal. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa membuat istilah atau nama pergerakan dengan sendirinya untuk cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak ini.

- R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam.

- R' (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.

- L (Left): memutar sisi kiri rubik searah jarum jam.

- L' (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.

- U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam

- U' (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam.

- D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam.

- D' (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam.

- F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam.

- F' (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam.

- f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam.

- f' (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam.

- B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam.

- B' (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam..

3. Rumus Cara Menyelesaikan Rubik 3x3

Cara menyelesaikan rubik 3x3 ketiga adalah mempelajari rumus bermain rubik. Semakin sering berlatih, cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak bagi Anda akan bisa menerapkan setiap rumusnya. Salah satu rumus cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak yang mudah untuk dipraktikan:

- Cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak adalah fokus pada satu warna. Karena tidak mungkin bisa menyamakan beberapa warna sekaligus hanya dengan beberapa kali putar. Anda harus fokus dulu di salah satu warna. Misal warna patokan merah.

- Bentuk Cross merah dengan Center warna kuning. Cross di sini merupakan cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak dengan pola mirip simbol "+".

- Membentuk Cross merah secara sempurna. Lalu samakn warna top layer (edge) yang bersebelahan kotak merah dengan centernya.

- Sempurnakan layar utama sebagai cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak. Ini memang cukup rumit, namun cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak ini bisa menggunakan rumus algoritama L' U' L dan R U R'.

- Kemudian sempurnakan layar kedua. Fokus kembali pada satu sisi semisal warna putih, lalu carilah edge dan center berwarna putih. Selanjutnya putar ke arah layer putih hingga terbentuk pola "T" berwarna putih. Kemudian gunakan rumus algoritma U R U' R' tau U' L' U L untuk menyempurnakan layer dua.

- Sempurnakan layar ketiga, yakni membentuk cross pada warna kuning. Putarlah edge yang bersebelahan dengan notasi F R U R' U' F'. Lalu untuk edge yang berseberangan menggunakan notasi f R U R' U' f'. Setelah sisi kuning terbentuk, lakukan pemutaran pada bagian cornernya dengan rumus R U R' U R U U R'.

- Sempurnakan layar keempat. Setelah sisi berwarna kuning terbentuk sempurna, cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak barulah menyelesaikan sisi-sisi lain yang masih memiliki warna edge tak selaras.

- Rumus yang bisa digunakan R U R' F' R U R' U' R' F R2 U' R' U'. Serta tambahkan rumus R U' R U R U R U' R' U' R2 jika ada bagian yang belum sempurna.

- Sempurnakan semua layar. Jika ada edge dan corner yang berlainan warna, maka cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak bisa merampungkan permainan dengan rumus R2 U R U R' U' R' U' R' U' R' dan selamat Anda berhasil menyelesaikan rubik 3x3.

3 dari 4 halaman

Cara Menyelesaikan Rubik yang Sudah Teracak 4x4

1. Mengenali Notasi Rubik 4x4

Cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak adalah gunakan huruf untuk menandai rotasi pada kubus, mirip dengan notasi kubus rubik biasanya. Pahami bahwa cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak bagian belokan dalam saat memindahkan dua huruf bersama-sama. Tapi bisa menentukan belokan irisan saat memindahkan lapisan kedua saja. Seperti menggunakan notasi NxNxN resmi:

- F = Muka depan luar searah jarum jam

- U ' = Muka luar ke atas berlawanan arah jarum jam

- L2 = Putar dua kali sisi kiri wajah (180 derajat)

- Fw = Gerakan blok luar: dua sisi depan menyatu searah jarum jam.

Untuk kubus rubik 4x4 karena angkanya selalu 2 : 2Rw '. Tutorial lainnya menggunakan huruf kecil untuk menandai belokan ganda.

- f = Huruf kecil menandai putaran irisan bagian dalam.

- u ' = Uw' U

2. Mengenali Dasar Pergerakan Rubik 4x4

Cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak 4x4 ini sama dengan menyelesaikan rubik 3x3. Semakin sering bermain rubik 3x3, maka cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak akan terbiasa dengan setiap istilah dan nama pergerakan ini. Lalu diterapkan untuk cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak 4x4.

- R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam.

- R' (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.

- L (Left): memutar sisi kiri rubik searah jarum jam.

- L' (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam.

- U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam

- U' (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam.

- D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam.

- D' (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam.

- F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam.

- F' (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam.

- f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam.

- f' (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam.

- B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam.

- B' (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam.

4 dari 4 halaman

Cara Menyelesaikan Rubik yang Sudah Teracak 4x4

3. Menentukan Warna Wajah

Rubik 4x4 tidak memiliki bagian tengah, cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak Anda tetap harus menentukan warna setiap wajah. Pilih dua pusat yang berdekatan skema warna. Menghitung skema warna dari warna potongan sudut.

Jika Anda memiliki logo rubik di kubus, maka ini yang harus digunakan. Lalu cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak, pilih dulu pusat yang berdekatan putih dan kuning. Jika tidak menemukan sudut yang memiliki dua warna ini bersebelahan, cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak seharusnya tetap baik-baik saja.

Langkah cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak ini seharusnya tidak menjadi masalah karena tidak ada bagian yang terpecahkan. Gunakan algoritma cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak singkat ini untuk memasukkan bagian dari atas ke lapisan depan.

Saat permukaan putih selesai, cobalah cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak untuk membuat balok kuning 2x2 pada sisi berlawanan dengan permukaan putih dipindahkan ke bawah. Pusat putih selesai di bagian bawah: Rw U Rw 'dan Rw U2 Rw'.

4. Pindahkan Pusat

Pindahkan pusat yang telah selesai ke sisi kiri dan kanan agar tidak menghalangi. Bangun blok pertama lalu cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak perhatikan skema warna untuk blok berikutnya. Gunakan algoritma yang sama seperti di atas, dengan pusat putih dan kuning di kiri dan kanan: Rw U Rw '.

5. Memasang Bagian Tepi

Blok tengah sudah selesai dan sekarang kita harus memasangkan tepinya. Gunakan cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak dengan algoritma untuk memasang dua tepi dari tepi kiri depan dan kanan depan.

Pastikan tidak ada tepi lengkap di atas bagian tepi bawah (ditandai dengan panah) karena algoritma ini akan memecahkannya. Ketika potongan yang cocok berdampingan pada tingkat yang sama (gambar ke-3), cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak perlu membalikkan bagian kanan untuk bisa melakukan salah satu gerakan.

Saat mencapai dua tepi terakhir, maka cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak tidak akan dapat menggunakan pasangan tepi yang tidak cocok di lapisan atas. Karena semuanya telah dipasangkan. Gunakan trik R U 'B' R2 di atas jika potongan tidak sejajar dengan benar.

6. Penyelesaian Rubik 4x4

Dari titik ini bisa menyelesaikan kubus seperti rubik 3x3, memutar lapisan luar saja.

7. Kasus Paritas

Saat sudah mencapai lapisan terakhir, mungkin akan menemukan diri Anda dalam situasi di mana kubus tampaknya tidak dapat dipecahkan. Misalnya saat mencapai salib kuning dan satu sisi tampaknya berorientasi salah atau. Menemukan dua bagian di tempat yang benar saat memposisikan sudut lapisan terakhir. Cara menyelesaikan rubik yang sudah teracak ini, lihat algoritma panjang di bawah ini:

- Ubah orientasi 2 dan 3:

r2 B2 U2 l - U2 r 'U2 r - U2 F2 r F2 - l' B2 r2

- Hal yang sama tanpa gerakan irisan:

Rw2 R2 B2 U2 - Lw L 'U2 Rw' - R U2 Rw R '- U2 F2 Rw R' - F2 Lw 'L - B2 Rw2 R2

- Tukar 4 dan 5:

Rw2 f2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U

- Algoritma yang sama tanpa gerakan irisan:

Rw2 Fw2 F2 U2 Fw2 - D Rw2 U2 Fw2 - U 'Fw2 L2 U2 - B2 Lw2 U

- Tukar 1 dan 4:

F2 R2 B '- D' B R2 F 'U - Fw2 F L2 - f2 Lw2 - f2 l2 U' (ok)

- Algoritma yang sama tanpa gerakan irisan:

F2 R2 B '- D' B R2 F 'U - Fw2 F L2 - Fw2 F2 Lw2 - Fw2 F2 Lw2 L2 U'

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini