Sukses

11 Macam Timbangan dan Kegunaannya, Jangan Salah Sebut

Kegunaan macam timbangan paling utama adalah untuk mengukur berat benda atau massa benda.

Liputan6.com, Jakarta Macam timbangan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari lebih kurang ada sebelas macam dengan kegunaan yang berbeda-beda. Kegunaan macam timbangan paling utama adalah untuk mengukur berat benda atau massa benda.

Berdasarkan cara kerjanya, macam timbangan terdiri dari tiga bagian, yakni macam timbangan digital, manual, dan hybrid. Macam timbangan yang ada tak cuma mudah ditemukan di supermarket dan pasar. Akan tetapi macam timbangan juga pasti ditemukan di rumah sakit, puskesmas, hingga apotek.

Cara menggunakan macam timbangan bisa dibilang sangat bervariasi hal ini bergantung pada barang yang akan ditimbang. Berikut Liputan6.com ulas macam timbangan dan kegunaannya dari berbagai sumber, Rabu (30/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Timbangan dan Kegunaannya

1. Macam Timbangan Manual

Timbangan manual merupakan macam timbangan yang bekerja secara mekanis dengan sistem pegas. Umumnya macam timbangan ini menggunakan indikator berupa jarum sebagai penunjuk ukuran massa yang telah terskala.

2. Macam Timbangan Digital

Timbangan digital merupakan macam timbangan yang bekerja secara elektronis dengan tenaga listrik. Biasanya macam timbangan ini menggunakan arus lemah dan indikatornya berupa angka digital pada layar bacaan.

3. Macam Timbangan Hybrid

Timbangan hybrid merupakan macam timbangan yang cara kerjanya adalah perpaduan antara timbangan manual dan digital. Macam timbangan ini sering kali digunakan untuk lokasi penimbangan yang tidak ada aliran listrik. Selain itu macam timbangan hybrid menggunakan diplay digital tetapi bagian platform menggunakan plat mekanik.

4. Macam Timbangan Analog

Timbangan analog merupakan macam timbangan yang biasa digunakan dalam rumah tangga. Macam timbangan ini sering digunakan oleh pedagang sayur, buah, ikan, dan sejenisnya.

5. Macam Timbangan Gantung

Timbangan gantung merupakan macam timbangan yang diletakkan menggantung dan bekerja dengan prinsip tuas, yang biasanya untuk menimbang padi, kacang hijau maupun buah-buahan yang dimaksukkan ke dalam karung.

6. Macam Timbangan Badan

Timbangan badan biasa kita temui di rumah sakit atau apotek ini sering sekali digunakan. Cara menggunakan macam timbangan badan ini yaitu dengan menginjak timbangan tersebut, untuk dapat mengetahui dan membandingkan semua beban.

3 dari 4 halaman

Macam Timbangan dan Kegunaannya

7. Macam Timbangan Emas

Timbangan emas bukan berarti macam timbangan ini terbuat dari emas. Macam timbangan ini dibuat secara khusus untuk menimbang logam emas. Timbangan emas ini memiliki akurasi perhitungan yang sangat tinggi. Macam timbangan ini terdiri daru dua jenis, yaitu timbangan versi digital dan manual.

8. Macam Timbangan Duduk

Timbangan duduk adalah macam timbangan di mana benda yang ditimbang dalam keadaan duduk atau sering diketahui Platform Scale.

9. Macam Timbangan Kodok

Neraca duduk atau neraca kodok adalah macam timbangan neraca yang sering kita lihat di pasar. Berdasarkan fungsinya, macam timbangan kodok digunakan untuk mengukur berat bahan-bahan makanan, rempah, buah-buahan atau yang lainnya.

Untuk menggunakan macam timbangan ini, ada anak batu yang perlu dipakai untuk mengukur berat. Anak batu yang tersedia terdiri dari beberapa ukuran, yakni 50 gr (1/2 ons), 100 gr(1 ons), 200 gr (2 ons), 500 gr (1/2 kg), dan terberat 1000 gr (1 kg). Kapasitas maksimal berat yang ditampung adalah 10 kg.

10. Macam Timbangan Neraca

Timbangan neraca biasanya terdapat di laboratorium dan macam timbangan ini sering digunakan untuk latihan penelitian di ruang lab sekolah. Macam timbangan neraca biasanya digunakan untuk menimbang benda kecil, seperti sample zat maupun obat.

Menggunakan macam timbangan neraca, seseorang dapat mengukur massa benda yang sangat ringan yang tidak mungkin ditimbang menggunakan alat ukur biasa. Massa benda yang bisa diukur bisa di tingkat ketelitian 0,01 kg.

11. Macam Timbangan Hewan

Timbangan hewan ini digunakan khusus untuk mengukur hewan-hewan ternak, seperti sapi, kerbau, dan kambing. Tentu saja kapasitas berat macam timbangan yang bisa ditimbang sangat tinggi antara ratusan kilo hingga per ton.

Cara menggunakan macam timbangan hewan sangat mudah. Cukup naikkan hewan ternak ke atas papan macam timbangan hewan. Kemudian data berat akan muncul di macam timbangan hewan.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Timbangan

Cara menggunakan macam timbangan bisa dibilang sangat bervariasi hal ini bergantung pada barang yang akan ditimbang. Ada timbangan yang cara menggunakannya dengan diinjak, yang mana macam timbangan ini biasanya digunakan untuk mengetahui berat badan seseorang.

Ada pula macam timbangan gantung yang cara menggunakannya adalah dengan menggantungkan objek ke timbangan untuk mendapatkan angka berat objek tersebut. Umumnya macam timbangan ini digunakan untuk menimbang beras atau padi.

Selain itu, ada pula macam timbangan meja di mana cara menggunakannya cukup sederhana hanya dengan meletakkan objek di atas timbangan. Macam timbangan ini akan sangat mudah ditemui di pasar atau supermarket.

Timbangan duduk juga hampir sama dengan macam timbangan meja. Sering dijumpai macam timbangan duduk ini di toko-toko yang menjual bahan-bahan sembako seperti gula, tepung, dan lain-lain.

Terakhir ada macam timbangan datar. Timbangan datar ini biasa digunakan untuk menimbang objek yang berat, seperti paket yang bervolume berat. Caranya pun cukup dengan meletakkan objek di atas macam timbangan datar ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini