Sukses

25 Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer, Surga Tersembunyi di Kota ‘The Sunrise of Java’

Ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi ketika ingin menikmati suasana alam yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Banyuwangi saat ini menjadi salah satu tujuan destinasi yang populer. Terletak di ujung paling timur pulau Jawa, Banyuwangi memiliki julukan ‘The Sunrise of Java’ ini menyimpan beragam destinasi wisata yang memukau.

Jika melakukan perjalanan darat, Banyuwangi adalah pintu masuk menuju Bali. Namun tak ada salahnya bila menghabiskan waktu di Banyuwangi selama beberapa hari untuk menikmati spot-spot wisata luar biasa yang bisa dikatakan keindahannya tak kalah dengan Bali. Mulai dari pantai, gunung, savana, bangunan bersejarah, hingga air terjunnya.

Tak hanya terkenal dikalangan wisatawan lokal, ternyata tempat wisata di Banyuwangi ini juga sudah terkenal dikalangan turis mancanegara. Setidaknya ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang namanya sudah mendunia seperti Kawah Ijen dengan Blue Fire nya dan Taman Nasional Baluran, serta masih banyak yang lainnya.

Berikut ini tempat wisata di Banyuwangi paling populer yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (30/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer

1. Kawah Ijen

Tempat wisata di Banyuwangi yang pertama adalah Kawah Ijen. Berada di puncak Gunung Ijen setinggi 2.443 meter di atas permukaan laut, Kawah Ijen merupakan sebuah danau kaldera yang airnya mengandung asam. Perpaduan air danau berwarna hijau kebiruan dengan asap belerang dan kabut menciptakan pemandangan yang begitu menakjubkan. Datanglah ke Kawah Ijen saat malam hari agar kamu bisa menikmati fenomena alam api biru (blue fire). Lalu, tunggulah hingga pagi hari untuk menyaksikan sunrise yang sangat eksotis. Bahkan sunrise di Kawah Ijen disebut-sebut sebagai salah satu yang paling cantik di Indonesia.

2. Taman Nasional Alas Purwo

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Taman Nasional Alas Purwo. Taman nasional ini sebagai hutan paling alami di benua Asia. Seperti taman nasional lainnya, destinasi wisata satu ini kamu bisa menemui banyak ekosistem alam tropis yang begitu memesona. Mulai dari pantai, hutan tropis, hingga gua, semuanya bisa ditemukan di Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional satu ini juga kerap kali dihubungkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Namun hal tersebut, tentu saja tidak bisa menghalangi para wisatawan untuk menikmati keindahan yang tersaji di tempat wisata ini. Menyandang gelar sebagai hutan tropis paling tua di pulau Jawa, membuat Taman Nasional Alas Purwo memiliki pesona keindahan alam yang memukau dan tentu saja ada banyak misteri di dalamnya yang menarik untuk dijelajahi.

3. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Liburan ke Taman Nasional Baluran akan membuat kamu merasa seolah sedang berada di Afrika. Taman Nasional Baluran merupakan sebuah padang savana yang luas. Di sini kamu bisa bertemu dengan aneka spesies hewan dan tumbuhan. Beberapa di antaranya seperti merak, rusa, kancil, dan elang. Kalau mau, kamu bisa menginap di area camping ground agar bisa menikmati pemandangan sunrise yang eksotis. Namun, kamu harus membawa peralatan camping sendiri. Tenang saja, camping ground di Taman Nasional Baluran sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi.

4. Desa Wisata Osing Kemiren

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah desa wisata Osing Kemiren. Kalau mau lebih jauh mengenal budaya masyarakat Banyuwangi, kamu wajib berkunjung ke Desa Wisata Osing Kemiren. Desa ini merupakan kawasan tempat tinggal Suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi. Setiap tahunnya, Desa Wisata Osing Kemiren mengadakan festival unik. Misalnya festival ngopi sepuluh ewu di mana tersedia sepuluh ribu cangkir kopi yang disajikan di sepanjang jalan. Selain itu, di sini kamu juga akan menemukan rumah-rumah kuno khas Suku Osing yang sudah berusia ratusan tahun. Salah satu rumahnya terkadang dipakai sebagai tempat pertunjukan kesenian. Contohnya seperti angklung paglak, tari gandrung, dan othek.

5. Jawatan Benculuk

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah jawatan benculuk. Di tempat ini, pengunjung akan terkesima dengan keindahan yang disuguhkan oleh hutan yang awalnya dibangun bukan untuk destinasi wisata melainkan sebagai daerah resapan air. Adanya kehadiran pohon trembesi yang menjulang tinggi dengan begitu rindang akan sayang untuk dilewatkan. Jawatan Benculuk selain memiliki udara yang sejuk, tetapi juga memiliki deretan pohon trembesi yang sangat cantik bila digunakan sebagai spot foto. Hingga akhirnya banyak warga Banyuwangi yang berkunjung ke tempat ini, untuk sekedar jalan-jalan atupun mengabadikan keindahan Jawatan Benculuk dalam lensa kamera.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bantuwangi Paling Populer

6. Bukit Mondoleko Sragi

Tempat wisata di Banyuwangi satu ini cocok untuk kamu yang suka menikmati pemandangan pegunungan. Bukit Mondoleko Sragi, menawarkan keindahan lima gunung sekaligus di ujung timur Jawa, yaitu Gunung Suket, Raung, Kendil, Merapi, dan Meranti. Kamu bisa menikmati keindahan tersebut dari area gardu pandang. Untuk mencapainya, kamu harus berjalan sekitar 1,5 km dulu. Tenang saja, di sepanjang perjalanan, kamu akan bertemu dengan ladang bunga matahari dan kebun strowberry. Jadi, perjalanan kamu mencapai gardu pandang pun tidak akan terasa.

7. Kawah Wurung Banyuwangi

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Kawah Wurung Banyuwangi. Tempat ini sering disebut sebagai bukit teletubbies, karena memang bentuknya yang mirip dengan bukit di kartun teletubbies. Jika berkunjung ke tempat ini, maka hamparan rumput hijau bisa dinikmati sepanjang mata memandang. Namun ada baiknya datang kesini pada bulan Maret atau April, sebab di waktu itu rumput yang tumbuh masih segar untuk dilihat.

8. Mangrove Bedul Ecotourism

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah mangrove bedul ecotourism. Objek wisata satu ini menawarkan wisata edukasi alam yang membahas seputar pelestarian pohon mangrove. Karena letaknya dekat dengan Taman Nasional Alas Purwo, pengunjung selain datang ke Mangrove Bedul Ecouturism juga bisa berkunjung ke pantai-pantai di sekitarnya. Selain itu, di objek wisata satu ini pengunjung juga menemukan tempat untuk membeli hasil laut yang bisa dimasak langsung di tempat.

9. Taman Gandrung Terakota

Keunikan tempat wisata di Banyuwangi ini terletak pada deretan patung tembikar berbentuk wanita yang tampak sedang menari. Jadi, ketika berfoto di sini, kamu akan terlihat seperti sedang ditemani oleh banyak penari latar. Hamparan sawah mengelilingi Taman Gandrung Terakota sehingga pemandangan sekitarnya tampak menarik. Uniknya lagi, pihak pengelola terkadang mengadakan pentas seni Tari Gandrung di area amfiteater.

10. Air Terjun Lider

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Air Terjun Lider. Tempat wisata ini merupakan salah satu air terjun yang masih alami di Banyuwangi. Terletak di lereng Gunung Raung membuat suasana di air terjun ini menyejukkan. Dengan ketinggian air terjunnya yang mencapai 60 meter membuat air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Banyuwangi. Percikan airnya yang memantul dan terkena sinar matahari akan memunculkan warna pelangi yang indah sehingga membuat pemandangan semakin menakjubkan.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bantuwangi Paling Populer

11. Wisata Air Terjun Kampung Anyar Banyuwangi

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah wisata air terjun kampung Anyar Banyuwangi. Dinamakan air terjun Kampung Anyar karena berada di Dusun Kampung Anyar, desa Taman Suruh, kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Keunikan dari destinasi ini adalah pengunjung dapat menikmati tiga air terjun sekaligus disatu tempat. Banyak sebutan dari air terjun ini, mulai dari air terjun bersaudara atau air terjun kembar, air terjun Kampung Anyar, air terjun bidadari dan air terjun jagir.

12. Air Terjun Kalipait

Air terjun satu ini memiliki daya tarik yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Hal ini dikarenakan aliran airnya merupakan lelehan air yang mengalir dari Kawah Ijen. Karena air tersebut adalah bagian dari Kawah Ijen, maka ai terjun tersebut mengandung belerang sehingga sangat dilarang untuk meminum air tersebut. Namun meskipun begitu, pengunjung masih bisa menikmati suasana air terjun yang begitu asri dan tenang.

13. Air terjun Tirto Penganten

Air terjun Tirto Penganten adalah sepasang air terjun yang kembar. Tempat wisata satu ini cukup populer di kalangan wisatawan karena memiliki suasana yang sejuk dan segar. Aliran air yang mengalir di air terjun ini ternyata berasal dari mata air Gunung Raung dan mengalir di antara rerimbunan pohon-pohon yang masih asri. Sehingga membuat pemandangan di tempat wisata satu ini begitu meneduhkan.

14. Kalibiru

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Kalibiru. Kawasan wisata Kalibaru cocok untuk Anda yang gemar dengan trakking. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut memiliki suasana yang asri karena dikelilingi berbagai gunung seperti gunung Terong, gunung Raung, gunung Gumitir, gunung Gending, dan gunung Menyan. Apalagi dengan adanya air terjun dengan udara yang segar, kawasan wisata Kalibiru sangat bagus jika digunakan sebagai tempat untuk relaksasi dan lebih dekat dengan alam.

15. Waduk Jatirono

Hanya berjarak 15 menit dari stasiun Kalibaru, waduk Jatirono menjadi salah satu objek wisata di Banyuwangi yang digemari oleh para wisatawan. Di tempat ini, pengunjung bisa menenangkan diri karena suasana yang begitu tenang. Apalagi air di waduk ini sangat tenang dengan warna kehijauan dan dibingkai oleh pepohonan yang rindang. Tidak mengherankan jika banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk menenangkan pikiran atau hanya sekedar melepas penat.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer

16. Kampung Warna-warni Kalilo

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Kampung Warna-warni Kalilo. Sebelumnya kampung di bantaran sungai Kalilo ini tidaklah bagus, bahkan sempat dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun setelah direnovasi dan diperbaiki, Kampung Kalilo menjadi lebih indah dipandang dan bahkan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Banyuwangi. Jika Anda suka hunting foto aestetik ataupun hanya ingin berselfie ria bersama teman, maka tidak ada salahnya berkunjung ke Kampung Warna Warni Kalilo.

17. Pantai Pulau Merah

Tempat wisata di Banyuwangi yang selanjutnya adalah Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi primadona Banyuwangi. Pantai ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai Pulau Merah menjadi berbeda karena adanya sebuah pulau yang terletak di bibir pantai. Keberadaan pulau ini membuat pantai ini semakin eksotis dan menjadi asal mula nama Pulau Merah. Selain pemandangannya yang bagus, gulungan ombak-nya yang lumayan besar juga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak surfer pemula atau menengah berselancar di Pantai Merah tersebut. Karena itulah, pantai ini dijadikan tempat untuk menyelenggarakan event tahunan Internasional Surfing Competition yang diikuti oleh 20 surfer dari berbagai negara. Satu lagi yang tidak kalah mencuri perhatian mata yang sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu pemandangan saat matahari terbenam atau sunset. Warna orange dengan kebiruan yang sangat cantik terbenam diantara perbukitan. Panorama ini akan memanjakan mata kamu yang akan selalu teringat akan keindahan wisata di Banyuwangi tersebut.

18. Pantai Plengkung atau G-Land

Pantai Plengkung atau G-Land merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dari berbagai negara. Terutama bagi mereka yang memiliki hobi berselancar atau surfing. Pantai ini disebut sebagai salah satu wisata di Banyuwangi yang menjadi destinasi surfing terbaik di dunia. Karena gulungan ombaknya yang sangat besar dan tinggi. Pantai Plengkung dijuluki “The Seven Giant Waves Wonder” oleh peselancar asing karena memiliki 7 gulungan ombak yang memiliki ketinggian hingga 6 meter. G-Land menjadi idaman dunia surfing internasional dan mempunyai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawai. Untuk mendapatkan ombak terbaik pantai Plengkung, peselancar harus mengetahui bulan–bulan yang pas karena tidak disetiap bulan ombak-nya besar. Hanya ada di bulan-bulan tertentu antara April hingga Agustus. Tempat ini menjadi tempat wisata di Banyuwangi yang selalu ramai jika musim surfing tiba.

19. Pantai Teluk Hijau

Pantai teluk hijau atau nama keren dengan sebutan Green Bay merupakan tempat wisata di Banyuwangi. Keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi, hutannya yang masih asri dan pantainya yang masih bersih membuat suasana menyegarkan. Tak heran jika masih ada hewan yang berkeliaran di sekitar pantai meskipun banyak pengunjung yang berkunjung di Teluk Hijau. Salah satunya adalah monyet, pengunjung diharapkan berhati-hati dengan hewan yang satu ini karena hewan ini bisa mencuri barang-barang kamu. Selain pantai, di sini juga terdapat air terjun yang langsung mengarah ke pantai.

20. Pantai Teluk Biru (Blue Bay) Banyuwangi

Teluk yang satu ini berbeda dengan Green Bay. Jika Green Bay mempunyai keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan. Kalau teluk Biru atau Blue Bay mempunyai keindahan bawah laut yang indah. Blue Bay salah satu alternatif snorkeling di Banyuwangi selain pantai Bama di Baluran atau pulau Tabuhan. Keindahan bawah laut Blue Bay tidak kalah dengan kedua wisata Banyuwangi di atas. Laut disini juga masih asri, terbukti dari warna lautnya yang biru jernih.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer

21. Pantai Sukamade

Pantai satu ini merupakan pantai yang dikenal sebagai tempat konservasi penyu. Jadi, untuk kamu yang ingin melihat proses penyu bertelur, bisa berkunjung ke Pantai Sukamade. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat proses pelepasan anak penyu ataupun melihat secara langsung penyu-penyu yang muncul dari laut dan naik ke daratan untuk bertelur dari atas perahu. Karena penyu bertelur pada malam hari, jika ingin melihat proses tersebut ada baiknya datang di saat hari sudah petang.

22. Pantai Boom

Tidak jauh dari pusat kota, Pantai Boom acap kali dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat Banyuwangi ataupun para pelancong. Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama sembari merasakan semilir angin berhembus. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai spot cantik untuk melihat sunset. Pantai Boom juga digunakan sebagai tempat perayaan tarian kolosal gandrung yang dilakukan oleh 1000 lebih penari gandrung. Ada juga perayaan Banyuwangi Beach Jazz Festival adalah event musik Jazz pantai pertama dan satu-satunya di Indonesia. Banyak tarian Indonesia yang terkenal yang berasal dari kota Banyuwangi ini. Karena Banyuwangi memang gudangnya tempat wisata dan kesenian.

23. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng merupakan replika kecil dari Raja Ampat di Papua. Di lokasi ini sejauh mata memandang akan terlihat tebing-tebing yang memutari pulau. Pantai ini masih tergolong asri, itu terlihat dari medan yang dilalui. Jika kamu melalui jalur darat maka akan melewati medan yang sangat berat dan susah karena kamu harus melewati hutan dengan jalan yang banyak lumpur. Kamu juga harus mendaki sampai ke ujung bukit lalu menuruninya. Namun percayalah, perjalananmu tidak akan sia-sia jika sudah sampai ke di pantai. Air lautnya yang masih jernih dan berwarna biru serta bibir pantai yang dikelilingi pepohonan hijau memberikan suasana teduh. Sangat pantas kalau pantai ini menjadi salah satu wisata Banyuwangi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

24. Wisata Laut Bangsring Under Water (Bunder) Banyuwangi

Pantai yang terletak di dusun Krajan, desa Bangsring, kecamatan Wongsorejo ini memiliki keindahan bawah laut yang indah. Pantai ini sangat cocok bagi kamu pecinta olahraga snorkeling. Pengunjung bisa menikmati keindahan biota dan tanaman laut yang lumayan bagus. Selain terumbu karangnya yang indah, di sini juga ada ikan hias yang menghiasi perairan di Bangsring Underwater. Mereka berenang menari-nari di atas coral. Coral di sini terbagi menjadi dua, yaitu soft coral dan hard coral yang masih terjaga dengan baik. Coral menjadi tanaman yang indah bagi 500 jenis ikan hias perairan ini. Namun dari 15 spesies yang tersebar dalam perairan ini, yang paling banyak diminati adalah jenis angel. Dan yang paling banyak diburu adalah ikan jenis betok. Stoknya yang melimpah membuat jenis ikan betok dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

25. Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau yang tidak berpenghuni ini berada di 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Dengan luas pantai sekitar 5 hektar, pulau ini terletak di antara pulau Bali dan Pulau Jawa. Lokasinya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Pulau ini dijadikan sebagai salah satu pulau wisata di Banyuwangi yang sedang dikembangkan oleh Pemda Banyuwangi. Tabuhan merupakan pulau eksotis, pulau ini diselimuti oleh pasir putih yang indah. Di bawah lautnya kamu bisa menemukan coral dan beberapa biota laut. Selain pemandangan yang indah, pulau ini menjadi surga baru bagi pecinta olahraga air ekstrim yaitu kitesurfing dan windsurfing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.