Sukses

7 Cara Menulis Essay yang Baik dan Benar, Perhatikan Tiap Tahapannya

Ada beberapa cara menulis essay yang baik dan benar yang perlu Anda ketahui agar tepat sasaran dan dapat diterima oleh pembaca.

Liputan6.com, Jakarta Cara menulis essay yang baik dan benar perlu untuk diketahui, supaya saat menulis tidak bingung dan meminimalisir kesalahan saat menulis. Essay merupakan karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. 

Essay lebih bersifat subjektif dari sudut pandang penulisnya yang bersifat analitis, spekulatif, dan interpretatif. Essay mencakup narasi yang bisa berupa kritik, argumen, sastra dari pengamatan kehidupan sehari-hari dan refleksi penulis.

Menuliskan essay berarti membentuk sekumpulan ide yang saling berkaitan menjadi argumen. Essay pada dasarnya perlu disusun secara rapi agar masuk akal dan dapat dipahami bagi para pembaca. Sebab, essay menentukan informasi yang perlu diketahui pembaca dan juga urutan yang harus mereka terima.

Untuk lebih rinci mengenai pengertian essay dana cara menulis essay yang benar. Berikut ini ulasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (30/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Essay

Essay merupakan suatu bentuk tulisan yang menggambarkan sebuah opini dari penulis tentang subyek tertentu. Di dalam essay berisi tentang opini, pandangan atau ekspresi pribadi dari penulis mengenai sebuah hal yang sedang terjadi atau berlangsung di masyarakat.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian essay merupakan karangan prosa yang membahas suatu persoalan dari sudut penulis secara sepintas. Sedangkan menurut ilmu jurnalistik, essay adalah tulisan yang memuat pendapat seseorang tentang suatu persoalan ditinjau secara subjektif.

Secara umum, essay adalah sebuah tulisan yang berisi tentang pendapat Anda terhadap suatu fenomena. Sebagaian merasa tidak dapat menulis essay dengan baik dan benar, padahal menulis essay dapat dilakukan dengan mudah asalkan Anda tahu tahapan cara menulis essay yang benar.

3 dari 4 halaman

Tujuan Menulis Essay

Ada beberapa tujuan menulis essay yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

1.  Meyakinkan Pembaca

Argumen yang dituliskan dalam essay bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar percaya terhadap pendapat penulis mengenai sebuah fenomena tertentu. Data-data atau fakta yang menunjang harus selalu disertakan guna memperkuat opini yang dipaparkan.

2.  Menerima Pendapat Penulis

Setiap essay yang dibuat tentu memiliki sudut pandang berbeda tergantung pada penulisnya. Penulisan essay juga bertujuan untuk membuat pembaca bisa menerima pemikiran penulis yang tertuang dalam essay. Sehingga sekali lagi, data dan fakta menjadi hal yang wajib untuk dicantumkan dalam sebuah essay.

3.  Memberikan Informasi Mengenai Topik yang Dibicarakan

Essay dapat menjadi sumber informasi terhadap suatu opini atau penelitian yang telah dilakukan. Dengan penelitian atau tinjauan terhadap kondisi atau temuan yang diungkapkan di dalam tulisan essay, pembaca bisa mendapatkan informasi baru sesuai dengan topik yang dibicarakan. 

4 dari 4 halaman

Cara Menulis Essay

Beberapa tahapan dalam cara menulis essay yang baik dan benar perlu Anda perhatikan. Hal ini penting agar tulisan essay yang Anda buat tidak salah sasaran dan tidak melebar ke permasalahan yang tidak ada hubungannya. Beberapa cara menulis essay yang baik, bisa Anda perhatikan beberapa poin dibawah ini sebagai berikut:

1. Tentukan Tema atau Topik yang Akan Dibuat pada Essay

Menentukan tema atau topik adalah cara menulis essay pertama yang harus Anda lakukan.  Penting terlebih dahulu untuk menentukan tema essay. Disarankan bagi Anda untuk memilih tema yang disukai oleh banyak orang. Hal ini agar tulisan essay Anda dapat dibaca oleh banyak orang.

2. Melakukan Riset

Cara menulis essay yang selanjutnya adalah melakukan riset. Riset yang dilakukan bisa melalui pencarian di buku, internet, jurnal, arsip, koran atau bahkan Anda bisa langsung terjun ke tengah masyarakat untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Dalam melakukan riset ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar essay yang Anda buat menjadi tulisan yang baik dan akurat. Beberapa hal tersebut antara lain:

a.    Fokus pada salah satu atau dua metode untuk riset.

b.    Carilah sumber-sumber yang akurat dan dapat dipercaya seperti web jurnal, buku-buku dari penulis yang berkompeten dan sebagainya.

c.    Lakukan riset melalui buku terlebih dahulu lalu lengkapi dengan penambahan informasi melalui web jurnal atau media internet lainnya.

d.    Catat semua sumber riset yang kamu dapat, agar jika kamu ingin mengutip kamu dengan mudah dan cepat menemukannya sehingga akurasi essay kamu buat dapat dipercaya.

3. Merancang Outline

Cara menulis essay yang lainnya adalah merancang outline. Semua karya tulisan yang baik biasanya berasal dari sebuah kerangka tulisan atau outline. Kerangka tulisan akan membantu Anda menyusun essay dengan runtut dan tidak melebar jauh dari topik yang telah Anda tentukan. Dari kerangka tersebut agar mempermudah Anda untuk menyusun ide-ide yang bisa Anda tuangkan dalam essay.

4. Perhatikan Susunan dan Pemilihan Kata dalam Essay

Sebuah karya tulisan sangat penting untuk menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat. Cara menulis essay yang baik dan benar maka penting bagi Anda untuk menyusun essay dengan pemilihan kata yang sesuai. Essay adalah karya tulis sehingga menggunakan bahasa yang formal.

Walaupun target pembaca essay Anda adalah masyarakat biasa, tetap gunakan bahasa yang formal. Jika target essay yang Anda buat adalah para intelektual atau para tokoh akademis, maka ada baiknya jika bahasa yang digunakan adalah bahasa intelektual yang khas dengan para akademisi.

5. Tulis dan Buat  Isi Essay

Cara menulis essay yang selanjutnya adalah tulis dan buat isi essay. Tulislah essay Anda sesuai dengan topik dan kerangka yang telah tersusun. Jangan lupa pilih bahasa yang baik dan menggunakan bahasa yang formal. Jangan lupa cantumkan sumber-sumber terpercaya dan relevan.

6. Tulis Kesimpulan

Cara menulis essay yang berikutnya adalah menulis kesimpulan. Setelah isi dan pendahuluan ditulis, terakhir bisa dituliskan mengenai kesimpulan essay. Ini memungkinkan kita bisa membuat kesimpulan essay yang tepat karena kita sudah memahami dan selesai menguraikan seluruh tahapan dari menulis essay, sehingga simpulan dan saran yang dibuat bisa sesuai.

7. Baca Ulang dan Beri Sentuhan Akhir

Cara menulis essay yang terakhir adalah beri sentuhan di akhir pada kelimpulan ataupun beri tema yang menarik. Jika seluruh bagian essay sudah selesai ditulis. Jangan lupa untuk melakukan self editing. Self editing dilakukan dengan membaca ulang seluruh essay dari awal sampai akhir secara cermat. Perhatikan setiap kata, kalimat, dan paragrafnya. Cermati dan pahami apakah tulisan sudah padu, utuh, dan mudah dipahami.

Pastikan bahasa menulis essay yang digunakan sudah sesuai dan mudah dipahami oleh pembaca. Jadi, pembaca bisa dengan mudah menangkap pesan yang disampaikan dalam essay. Segala bentuk kesalahan ketik, kesalahan ejaan dan tanda baca juga harus diperhatikan. Jika ada kesalahan, perbaikilah. Jika ada kalimat yang masih membingungkan, bisa ditata ulang. Berikan sentuhan akhir pada penutup ataupun judulnya agar lebih menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini