Sukses

15 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Wanita Beserta Cara Membuatnya yang Tepat

Ada beberapa manfaat jamu kunyit asam bagi wanita terutama untuk melancarkan haid dan juga mencerahkan kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan tubuh dipengaruhi oleh bahan alami dari kunyit dan asam jawa. Kunyit sendiri kaya kandungan kurkumin, sedangkan asem kaya kandungan vitamin.

Kedua bahan tersebut mengandung beragam vitamin serta senyawa yang bersifat antiinflamasi serta antibakteri sehingga mampu berkontribusi dengan baik terhadap kesehatan tubuh.

Jamu tradisional ini sangat digemari oleh orang banyak, sebab memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, manis, dan asam. Biasanya, para perempuan mengonsumsi kunyit asam untuk mengurangi rasa nyeri saat haid dan baik untuk ibu hamil. Tak hanya itu saja, meminum jamu tradisional ini juga memiliki manfaat lainnya.

Berikut ini manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (1/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jamu Kunyit Asam

1. Meredakan Peradangan

Manfaat jamu kunyit asem yang pertama adalah meredakan peradangan. Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya. Kurkumin diyakini bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

2. Membersihkan Tubuh dari Racun

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah tubuh menjadi bersih dan bebas dari racun. Jamu kunyit asam bisa dikatakan sebagai minuman detoksifikasi atau minuman penetral racun yang masuk dalam tubuh. Racun atau toksin dapat ditemui di mana saja, terutama berasal dari polusi udara yang tercemar oleh asap kendaraan. Ketika tubuh menghirup udara yang sudah tercampur dengan polusi asap, racun yang ada di dalamnya bisa mengendap melalui makanan atau obat yang sedang dikonsumsi. Jika racun tersebut tidak dibersihkan maka akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Hal ini bisa dinetralisir dengan mengonsumsi kunyit asam sebagai detoks alami yang dapat membersihkan semua racun dalam tubuh.

3. Melancarkan dan Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat jamu kunyit asam yang lain adalah dapat melancarkan dan mengurangi nyeri saat haid atau menstruasi. Kandungan kurkumin dalam kunyit asam bekerja mengurangi ias iaslandin yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri. Bukan hanya itu, campuran kunyit dengan asam jawa juga dapat memberikan pengaruh baik pada ias saraf otak. Di mana otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh agar kontraksi ias dan nyeri yang ditimbulkannya ias berkurang. Bagi para wanita, dianjurkan mengonsumsi jamu kunyit asam sebelum atau sesudah haid.

4. Mengatasi Keputihan

Manfaat jamu kunyit asam yang lain adalah mengatasi keputihan. Keputihan memang menjadi masalah umum yang dirasakan oleh kaum hawa. Bukan hanya orang dewasa, keputihan juga dialami oleh remaja terutama yang sudah mengalami menstruasi. Keberadaanya sering kali mengganggu, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan bau dan rasa gatal pada organ intim. Tidak jarang memang, masalah keputihan ini bisa mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi serta efektif mencegah keputihan. Manfaat jamu kunyit asam ini akan lebih terasa jika konsumsi secara rutin dengan takaran yang baik.

5. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah asam memiliki kandungan magnesium dan polifenol yang mampu mencegah penyakit diabetes, tidak terkecuali kunyit yang mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kunyit juga memiliki enzim alpha-amilase yang mampu menghentikan penyerapan karbohidrat. Oleh sebab itu, kunyit asam sering direkomendasikan bagi para pengidap diabetes.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jamu Kunyit Asam

6. Mencegah dan Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah mencegah dan mengurangi risiko kanker. Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kanker. Kurkumin juga berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan, sehingga dapat mencegah risiko mutasi sel kanker dalam tubuh.

7. Mengurangi Risiko Komplikasi Penyakit Jantung

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung. Berkat kandungan kurkumin pada kunyit, Anda bisa menekan risiko penyakit jantung, Hal ini karena kurkumin memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dan antiradang.  Selain itu dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kurkumin secara rutin dapat mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit jantung.

8. Mengempiskan Perut Kembung

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah mengecilkan perut kembung. Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kuyit juga sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi kunyit asam dapat membuat daya tahan tubuh meningkat lebih baik. Manfaat jamu kunyit asam yang satu ini didapatkan dari zat antioksidan, antiperadangan dan antibakteri yang terkandung dalam jamu kunyit asam. Bukan hanya itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam campuran asam jawa, dapat dikatakan sebagai pelindung utama tubuh dari berbagai ancaman bakteri, kuman, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit asam mampu meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Dengan begitu, fungsi otak dapat meningkat dengan baik sehingga dapat menghindarkan dari penyakit depresi, Alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya. Manfaat jamu kunyit asam ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi secara rutin.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jamu Kunyit Asam

11. Mencegah Penuaan Dini

Bila Anda sering terpapar radikal bebas dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat, maka risiko penuaan dini dapat meningkat drastis. Oleh sebab itu, Anda perlu mengonsumsi kunyit asam yang mengandung antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

12. Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Manfaat jamu kunyit asam untuk mengatasi jerawat sudah diketahui sejak lama. Sering kali para wanita yang menjelang masa haid akan mengalami timbulnya jerawat hormonal di wajah, namun semua itu bisa diatasi dengan kunyit asam. Kunyit asam dapat meredakan peradangan dan mencegah timbulnya jerawat karena mengandung vitamin A dan vitamin C dalam kunyit.

13. Mengurangi Bau Badan

Manfaat jamu kunyit asam yang lain juga dikenal dapat mengatasi masalah bau badan. Bau badan memang menjadi masalah sebagian orang, terlebih pada orang yang memiliki produksi keringat berlebih. Namun tidak perlu khawatir, hal ini dapat diminimalisir dengan mengonsumsi minuman kunyit asam secara rutin. Untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa dengan menambahkan daun beluntas ke dalam ramuan kunyit asam yang akan dikonsumsi.

14. Menurunkan Berat Badan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam jawa memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu kandungan dalam asam jawa juga dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan dapat menghambat produksi lemak. Ini menjadi salah satu manfaat jamu kunyit asam yang menarik. Dengan berbagai kandungan asam jawa yang tercampur dalam minuman kunyit asam bisa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan secara efektif dan tanpa adanya efek samping yang merugikan.

15. Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kunyit asam secara teratur. Manfaat jamu kunyit asam ini dipengaruhi oleh antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya. Bekas jerawat hingga wajah kusam dapat Anda atasi dengan rutin dan disiplin mengonsumi kunyit asam.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Tradisional yang Segar

Jamu kunyit asam dikenal sebagai minuman kesehatan untuk wanita. Jamu yang satu ini dipercaya bisa melancarkan haid, mengatasi bau badan, dan menghaluskan kulit. Selain baik untuk wanita, khasiatnya juga bisa dirasakan semua orang. Pasalnya kunyit memang kaya antioksidan yang baik untuk tubuh.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana untuk membuat jamu kunyit asam yang enak, yaitu:

Bahan:

a.    600 ml air

b.    100 gram gula jawa, sisir

c.    20 gr asam jawa

d.    8 buah kunyit ukuran besar

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam:

1.    Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.

2.    Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa.

3.    Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring ke dalam gelas atau botol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini