Sukses

Apresiasi adalah Penghargaan dan Penilaian terhadap Sesuatu, Pahami dari Contohnya

Apresiasi adalah bentuk penghargaan dan penilaian terhadap sesuatu kepada diri sendiri maupun orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Apresiasi adalah bentuk penghargaan dan penilaian terhadap sesuatu kepada diri sendiri maupun orang lain. Apresiasi adalah dilakukan dengan mengamati, menghayati, memahami, menanggapi, menilai, dan melakukan implementasi atau penerapan.

Albert R. Candler menjelaskan dalam aktivitas apresiasi adalah seorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif). Secara sederhana, Jarret menegaskan apresiasi adalah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.

Fungsi apresiasi adalah bagian dari sarana penilaian, penikmatan, empati, hiburan, edukasi, serta mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal. Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas apresiasi adalah penghargaan dan penilaian sesuatu, lengkap contohnya dari berbagai sumber, Kamis (1/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apresiasi Menurut Para Ahli

1. Albert R. Candler

Apresiasi adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya. Dalam aktivitas apresiasi adalah seorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif).

2. Prayogi

Apresiasi adalah setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra atau pun karya seni tertentu. Apresiasi adalah dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum atau pun kekaguman yang keluar dari diri pengguna atau pun penikmat karya seni atau pun karya sastra tertentu.

3. Hornby

Apresiasi adalah mengacu kepada pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

4. Aminuddin

Apresiasi adalah mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

5. Elliyati

Apresiasi adalah setiap kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Berkaitan dengan hal itu, apresiasi membutuhkan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ia dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

3 dari 5 halaman

Apresiasi Menurut Para Ahli

6. John Dewey

Apresiasi adalah menikmati sebuah kesenangan atau pengalaman terhadap sesuatu.

7. Jarret

Apresiasi adalah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.

8. Effendi

Apresiasi adalah aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

9. Alfred North Whitehead

Apresiasi adalah proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.

10. Tirta Wiraya

Apresiasi adalah kemampuan seseorang dalam menentukan dan mengetahui tinggi rendahnya mutu atau kualitas sebuah karya sastra.

11. G.H Hardy

Apresiasi adalah seseorang yang appreciate terhadap suatu hal.

12. Syoyan Zakaria

Apresiasi adalah respon yang diberikan seseorang secara matang dan penuh dengan intisari yang dihasilkan dari pemahaman yang kritis terhadap nilai yang tinggi yang disebabkan oleh jiwa yang berkembang.

4 dari 5 halaman

Mengenal Apresiasi Lebih Jauh

Apresiasi adalah secara etimologis berasal dari bahasa Latin “apreciatio” yang artinya penghargaan. Dalam bahasa Inggris “appreciate” dengan arti menyadari, memahami, menghargai, dan menilai. Sementara secara terminologi, apresiasi adalah proses menilai yang dilakukan untuk sesuatu hal dari satu orang ke orang lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan apresiasi adalah bentuk kesadaran terhadap nilai seni dan budaya. Apresiasi adalah bagian dari penilaian atau penghargaan terhadap sesuatu. Terakhir, apresiasi adalah bentuk kenaikan nilang barang karena harga pasarnya naik dan permintaan akan barang bertambah.

Dari penjelasan tersebut, pengertian apresiasi adalah penghargaan dan penilaian terhadap sesuatu untuk mengungkap perasaan puas. Oleh penikmat karya seni, fungsi apresiasi adalah bisa menciptakan rasa puas, kecewa, dan tidak menimbulkan perasaan apapun. Fungsi apresiasi adalah bagian dari sarana penilaian, penikmatan, empati, hiburan, edukasi, serta mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.

Untuk memberikan apresiasi adalah ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipahami. Apresiasi adalah dilakukan dengan mengamati, menghayati, memahami, menanggapi, menilai, dan melakukan implementasi atau penerapan. Apresiasi adalah melibatkan pikiran, perasaan, penghayatan, analisis, evaluasi, hingga deskripsi.

5 dari 5 halaman

Contoh Kalimat Apresiasi

1. Saya sangat menghargai semua yang Anda lakukan untuk saya.

2. Terima kasih karena selalu ada disini untukku, kamu salah satu sahabat terbaikku.

3. Saya menikmati menghabiskan waktu dengan Anda.

4. Terima kasih karena sudah mencuci piring. Saya sangat menghargai bantuan Anda.

5. Terima kasih atas bantuanmu hari ini, saya sangat menghargainya!

6. Terima kasih telah hadir ke acara ini, saya mengapresiasi Anda.

7. Terima kasih telah mencoba memperbaikinya, saya mengapresiasi Anda.

8. Aku bersyukur karena kamu membantuku mengerjakan desain ini, jika tidak mungkin aku akan gagal dalam tahap ini.

9. Aku bersyukur karena memiliki kamu sebagai sahabatku, aku tidak bisa membayangkan kalau aku hidup tanpamu.

10. Terima kasih telah memperbaiki sepeda adikku, kamu sangat membantu.

11. Terima kasih telah memperbaiki sepeda adikku, kamu sangat membantu.

12. Presentasi anda hari ini sangat membuat saya mengerti, anda sangat hebat!

13. Kamu sangat keren karena bisa melewati seleksi itu, kamu sangat hebat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini