Sukses

7 Cara Membuat Sate Kambing Tidak Alot dan Tidak Berbau Prengus

Inilah cara membuat daging kambing yang empuk dan tak berbau prengus.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui cara membuat sate kambing tidak alot dan tak berbau prengus bisa jadi hal penting yang perlu diketahui. Menjelang Idul Adha seperti ini, membuat orang-orang berburu resep masakan berbahan daging kambing dan sapi untuk disajikan kepada keluarga. 

Sate kambing bisa jadi menu andalan untuk mengolah daging kambing yang didapat dari pembagian Idul Adha. Terkadang daging kambing yang di dapat adalah daging kambing yang berusia dewasa atau tua. Daging tersebut pasti memiliki bau menyengat dan daging alot, berbeda halnya dengan daging kambing usia muda.

Untuk mengolah sate kambing agar anti alot dan tak berbau prengus, ada cara yang mudah dan bisa Anda praktikkan di rumah. Anda bisa menggunakan nanas maupun jangan mencucinya.

Ingin tahu lebih detail cara membuat sate kambing anti alot dan tak berbau prengus? Berikut ini rangkumannya oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (2/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih Daging Kambing yang Tepat dan Jangan Potong Terlalu Tebal

1. Pilih Daging Kambing yang Tepat

Cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau prengus yang pertama adalah pilihlah daging kambing yang tepat. Pemilihan daging kambing untuk sate itu penting sekali. Paha belakang, punggung, dan has dalam adalah bagian terempuk sehingga lebih mudah diolah. Selain itu, umur kambing juga mempengaruhi kualitas daging. Kambing muda lebih sering dipilih karena dagingnya lebih empuk dan tidak prengus, sedangkan kambing dewasa atau cenderung tua terasa lebih alot. Namun tak perlu khawatir kalau harus mengolah kambing dewasa atau tua. Potong daging kambing dan rendam dalam nanas muda yang sudah dihaluskan hingga dagingnya terasa empuk.

2. Potong Daging Jangan Terlalu Tebal

Cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau prengus yang selanjutnya adalah jangan potong daging terlalu tebal. Ketika memotong daging kambing untuk sate, potongan jangan terlalu tebal. Akan lebih baik jika tipis agar cepat matang dan empuk. Karena daging kambing sendiri sudah banyak urat, umumnya rentan keras saat matang. Jika potongannya tebal, keras atau alotnya semakin terasa.

3 dari 4 halaman

Jangan di Cuci dan Bungkus dengan Daun Pepaya

3. Tak Perlu Cuci, Cukup Bersihkan dari Kotoran dan Darah

Cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau prengus yang selanjutnya adalah jangan mencuci daging sebab akan memberikan bau prengus. Daging kambing akan lebih prengus dan beraroma tajam jika dicuci. Oleh karenanya, langkah ini selalu dihindari dan langsung masuk pada tahap pengolahan. Namun untuk menjamin kehigenisan daging, Anda bisa bersihkan dari kotoran atau darah dengan tangan, lap basah, atau tisue dapur, kemudian daging kambing bisa langsung diolah. Cara ini memang terbukti membuat daging tak berbau sekaligus terasa lebih empuk.

4. Bungkus dengan Daun Papaya

Cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau prengus yang selanjutnya adalah membungkus daging kambing dengan daun pepaya. Supaya dagingnya empuk, ambil 2 lembar daun pepaya, remas-remas dan bungkus daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan daun tersebut selama kurang lebih 15 menit. Jangan menggunakan nanas karena akan membuat daging hancur saat dibakar.

4 dari 4 halaman

Bumbui Daging dan Bakar dengan Api Sedang

5. Taburkan Garam

Cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau prengus yang selanjutnya adalah taburkan garam. Jika daging kambing yang Anda dapatkan sudah terlanjur dicuci, Anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap. Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

6. Pilih Bumbu Aromatik dan Asam untuk Marinasi

Cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau prengus yang selanjutnya adalah pilih bumbu aromatik dan asam untuk marinasi daging kambing tersebut. Selain tidak dicuci, bumbu aromatik dan asam juga bisa menghilangkan aroma prengus. Pilih bumbu dengan aroma khas seperti daun jeruk, bawang putih, atau ketumbar, atau bumbu dengan rasa asam seperti air jeruk atau air asam untuk menambah citarasa. Caranya, haluskan bumbu-bumbu pilihan anda dan rendam daging kambing selama minimal 1 jam supaya bumbunya resap. Setelah itu, daging bisa ditusuk dan siap dibakar.

7. Bakar dengan Api Sedang

Cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak berbau prengus yang selanjutnya adalah bakar dengan api sedang. Ketika membakar sate kambing, baik di teflon atau alat bakar, pastikan Anda menggunakan api sedang. Api yang terlalu besar bisa membuat daging sate alot, tidak matang sempurna, dan gosong di permukaan luar. Jadi, bakarlah secara perlahan dan merata. Jangan lupa untuk mengolesi daging dengan bumbu marinasi yang sudah ditambahkan kecap dan sedikit minyak. Dengan begitu, permukaan luar sate akan tetap terasa berbumbu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.