Sukses

Pemda DIY Segera Bentuk Satgas Oksigen, Atasi Kelangkaan di RS

Untuk memastikan ketersediaan oksigen di rumah sakit, Pemda DIY membentuk Satgas Oksigen.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) segera membentuk Satuan Tugas (satgas) Oksigen. Hal ini menyusul kelangkaan oksigen yang sempat dialami oleh sejumlah rumah sakit di DIY.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji membenarkan pembentukan Satgas Oksigen ini. Aji menuturkan bahwa Satgas Oksigen akan berada di bawah Asisten II Sekda DIY.

"Saya sudah minta Pak Asisten II memimpin Satgas Oksigen," kata Aji, di Kantor Gubernur DIY, Kamis (1/7).

Aji menerangkan bahwa ada dua dinas yang dilibatkan dalam Satgas Oksigen ini. Yaitu Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY.

"Nanti leadingnya ada di Dinas Perindag dan Dinas Kesehatan," pungkas Aji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasokan oksigen di DIY menipis

Satgas baru ini ditujukan sebagai bagian dari rantai utama penanganan Covid-19 yang jumlah kasusnya kian melonjak.

Tugas utama satgas ini khusus mengawasi, memonitor dan menjaga pasokan juga ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di seluruh fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit rujukan. Menurut Aji, peran tersebut krusial.

Sebelumnya pada awal pekan ini sejumlah rumah sakit baik milik pemerintah dan swasta blak-blakan mengakui mengalami kesulitan mencari pasokan oksigen di DIY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini