Sukses

Viral Pria Minta Pungli Uang Rokok untuk Buka Portal Kompleks yang Di-Lockdown

Minta uang rokok untuk buka portal lockdown, aksi pria ini viral

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi Corona Covid-19 ini sudah jadi kejadian umum bila sejumlah wilayah saat ini memberlakukan lockdown di tingkat RT dan RW. Akses keluar masuknya berupa portal kini banyak yang ditutup hingga dikunci. Jadi hanya warga setempat saja yang bisa memasuki wilayah tersebut.

Namun dengan keadaan seperti ini ternyata dimanfaatkan oleh sejumlah oknum dengan melakukan pungli untuk membukakan portal. Padahal yang ingin mengakses portal tersebut ialah warga setempat. 

Kejadian ini direkam oleh wanita yang mengendarai mobil saat ingin pulang ke rumahnya. Namun saat memasuki jalan satu-satunya untuk sampai ke rumah, ia dimintai uang rokok agar bisa dibukakan portal.

Videonya ini pun viral dan kini banyak diunggah oleh berbagai akun media sosial di Instagram seperti akun @kamerapengawas. Banyak netizen pun ikut marah karena dalam situasi PPKM Darurat ini malah ada oknum yang mencari kesempatan.

Berikut ulasan aksi pria minta pungli uang rokok untuk bka portal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pria ini minta uang Rp 20 ribu untuk membukakan portal

Sebuah video viral baru-baru ini menggemparkan media sosial saat seorang wanita ingin pulang ke rumahnya. Dalam video tersebut diketahui bahwa kejadian itu terjadi di Jl. H. Ismail, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Kamis (1/7/2021). Dalam video tersebut seorang wanita tertahan di pintu portal sambil berbicara dengan seorang pria yang meminta uang rokok.

“Kok jadi minta uang rokok si, Pak? Kan saya warga sini,” ujar wanita tersebut dari dalam mobil.

“RT 4, kamu ngerti nggak?” jawab pria yang berdiri di belakang portal.

Tidak lama kemudian pria tersebut pun menghampirinya.

“Kasih uang rokok gitu aja udah beres, buat saya buka pintu. Ngerti nggak? Kalau gratis, siapa mau buka,” jelas pria tersebut.

“Ya nggak tahu kan kita juga bayar keamanan, Pak,” tuturnya.

Usai ditelusuri di kolom komentar, ada seorang netizen yang menjelaskan bahwa wanita tersebut merupakan warga RT 5, sedangkan portal tersebut berada di wilayah RT 4 dan itu adalah akses satu-satunya. 

 
3 dari 3 halaman

Oknum yang meminta pungli uang rokok diamankan polisi

Karena video aksi pungli yang meminta uang rokok saat membukakan portal ini viral. Akhirnya menjadi banyak perhatian netizen, dan diketahui bahwa polisi dan aparat setempat melacak aksi pungli tersebut.

Saat ini oknum yang meminta pungli ini pun sudah diamankan ke Polsek Kebon Jeruk dan kini sudah meminta maaf. Dalam pengakuannya, ia mengungkapkan bahwa sedang khilaf dan tidak memiliki uang untuk membeli rokok.

Selain itu identitas dari pelaku ternyata bukan aparat kelurahan, maupun keamanan setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.