Sukses

Penyebab Perang Dunia 1 dan Efeknya yang Mengubah Dunia

Perang dunia 1 ini pada akhirnya memberi dampak besar bagi dunia.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab perang dunia 1 dipicu oleh beragam faktor. Perang dunia 1 merupakan perpecahan besar yang pernah terjadi sepanjang sejarah dunia. Penyebab perang dunia 1 merupakan kombinasi dari masalah politik, aliansi, imperialisme, nasionalisme, dan beberapa faktor lainnya. 

Penyebab perang dunia 1 merupakan rangkaian peristiwa rumit yang secara langsung mengarah pada pertempuran. Penyebab perang dunia 1 ini melibatkan sebagian besar negara-negara Eropa bersama dengan Rusia, Amerika Serikat, Timur Tengah, dan wilayah lainnya.

Penyebab perang dunia 1 ini pada akhirnya memberi dampak besar bagi dunia. Penyebab perang dunia 1 menghasilkan pembantaian, kekerasan, dan kehancuran. Berikut penyebab perang dunia 1 dan efeknya, dirangkum dari ThoughtCo dan Britannica Jumat(2/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab perang dunia 1: kematian Archduke Franz Ferdinand

Penyebab perang dunia 1 yang mendasari faktor-faktor lainnya adalah pembunuhan Archduke Franz Ferdinand, pewaris tahta kerajaan Austria-Hongaria. Ini menjadi pemicu bergeraknya aliansi, imperialisme, militerisme, dan nasionalisme dalam peperangan.

Archduke Franz Ferdinand merupakan pewaris takhta Austria-Hongaria pada periode 1896-1914. Ferdinand dibunuh pada 1914 oleh kelompok teroris Serbia-nasionalis yang disebut Tangan Hitam di Sarajevo, Bosnia. Pembunuhan ini terjadi sebagai protes terhadap Austria-Hongaria yang memiliki kendali atas wilayah ini. Serbia ingin mengambil alih Bosnia dan Herzegovina. Pembunuhan Ferdinand menyebabkan Austria-Hongaria mendeklarasikan perang terhadap Serbia. Ketika Rusia mulai memobilisasi untuk mempertahankan aliansi dengan Serbia, Jerman menyatakan perang terhadap Rusia. Inilah yang menjadi cikal bakal perang dunia 1.

3 dari 7 halaman

Penyebab perang dunia 1: aliansi antar negara

Pada masa sebelum perang dunia 1, negara-negara di seluruh dunia kerap membuat perjanjian pertahanan bersama dengan negara tetangga mereka. Perjanjian ini berarti bahwa jika satu negara diserang, negara-negara sekutu terikat untuk membela mereka. Beberapa aliansi negara yang pada akhirnya terlibat dalam penyebab perang dunia 1 di antaranya adalah Rusia dan Serbia, Jerman dan Austria-Hongaria, Prancis dan Rusia, Inggris, Prancis dan Belgia, Jepang dan Inggris.

Ketika Austria-Hongaria menyatakan perang terhadap Serbia, Rusia terlibat untuk mempertahankan Serbia. Jerman, melihat bahwa Rusia sedang memobilisasi, menyatakan perang terhadap Rusia. Prancis kemudian ditarik melawan Jerman dan Austria-Hongaria.

Jerman kemudian menyerang Prancis yang membuat Inggris masuk ke dalam perang membela Prancis. Kemudian Jepang memasuki perang karena keterlibatan Inggris. Nantinya, Italia dan Amerika Serikat akan masuk di pihak sekutu.

4 dari 7 halaman

Penyebab perang dunia 1: Imperialisme

Sebelum Perang Dunia 1, beberapa negara Eropa telah membuat klaim imperialistik yang bersaing di Afrika dan beberapa bagian Asia, menjadikan mereka poin pertikaian. Inilah yang kemudian akan menjadi penyebab perang dunia 1. Imperialisme terjadi ketika suatu negara meningkatkan kekuatan dan kekayaan mereka dengan membawa wilayah tambahan di bawah kendali mereka.

Karena bahan baku yang dapat disediakan oleh area ini, ketegangan di sekitar negara mana yang memiliki hak untuk mengeksploitasi area ini menjadi sangat tinggi. Meningkatnya persaingan dan keinginan untuk menginvasi yang lebih besar mendorong dunia ke dalam Perang Dunia 1.

5 dari 7 halaman

Penyebab perang dunia 1: Militerisme

Persaingan militer antar negara juga menjadi penyebab perang dunia 1. Ketika dunia memasuki abad ke-20, perlombaan senjata telah dimulai, terutama menyangkut jumlah kapal perang masing-masing negara, dan meningkatnya jumlah pasukan mereka. Negara-negara mulai melatih banyak pemuda untuk bersiap-siap menghadapi pertempuran.

6 dari 7 halaman

Penyebab perang dunia 1: Nasionalisme

Sebagian besar asal usul perang didasarkan pada keinginan rakyat Slavia di Bosnia dan Herzegovina untuk tidak lagi menjadi bagian dari Austria-Hongaria melainkan menjadi bagian dari Serbia. Pemberontakan yang pada dasarnya bersifat nasionalistik dan etnis ini langsung mengarah pada pembunuhan Archduke Ferdinand.

Tetapi secara lebih umum, nasionalisme di banyak negara di seluruh Eropa berkontribusi tidak hanya pada permulaan tetapi juga pada perluasan perang di seluruh Eropa dan ke Asia. Ketika masing-masing negara berusaha membuktikan dominasi dan kekuatan mereka, perang menjadi lebih rumit dan berkepanjangan.

7 dari 7 halaman

Efek perang dunia 1

Perang dunia 1 memberi banyak dampak bagi negara-negara di seluruh dunia. Efek ini banyak mengacu pada kerugian dan perubahan yang bahkan bisa disaksikan hingga kini. Berikut efek perang dunia, dilansir dari Ensiklopedia Britannica:

- Sebanyak 8,5 juta tentara dan sekitar 13 juta warga sipil tewas selama Perang Dunia I.

- Empat dinasti kekaisaran runtuh akibat perang: Habsburg Austria-Hongaria, Hohenzollern Jerman, kesultanan Kekaisaran Ottoman , dan Romanov Rusia.

- Pergerakan massa tentara dan pengungsi membantu menyebarkan salah satu pandemi influenza paling mematikan di dunia yang juga disebut flu Spanyol.

- Peta Eropa berubah selamanya karena wilayah dibagi di antara kekuatan Sekutu yang menang.

- Perang menyebabkan Revolusi Oktober di Rusia, yang menempatkan Bolshevik dalam kekuasaan pemerintah Rusia.

- Amerika Serikat muncul sebagai kekuatan dunia.

- Senjata kimia, seperti gas mustard dan fosgen, dan teknologi dan perkembangan baru, seperti senapan mesin, tank, dan pertempuran udara, diperkenalkan. Sebuah protokol yang ditandatangani pada Konferensi Jenewa 1925 untuk Pengawasan Perdagangan Senjata Internasional membatasi penggunaan bahan kimia dan biologi dalam peperangan.

- Tumbuhnya nasionalisme di Eropa tengah dan timur menjadi dasar bagi Perang Dunia II .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini