Sukses

Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia, Ini 6 Fakta Terbarunya

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia. Putri ketiga proklamator Soekarno yakni Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021). Politisi kondang ini mengembuskan napas terakhir di RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta, pukul 06.15 WIB.

"Benar, Ibu Rachmawati meninggal dunia pagi ini," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Politisi kelahiran 27 September 1950 ini merupakan anak ketiga dari pasangan Soekarno dan Fatmawati. Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia di usia 70 tahun dan menyisakan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Rachmawati Soekarnoputri sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit sebelum meninggal dunia. Namun belum diketahui sakit yang diderita oleh ibunda Didi Mahardhika tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta terkni kabar meninggalnya adik Megawati Soekarnoputri pada Sabtu (3/7/2021).

2 dari 7 halaman

1. Sempat Positif Covid-19

Kabar meninggalnya Rachamawati Soekarnoputri disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade pada 3 Juli 2021. Andre mengaku belum mengetahui penyebab meninggalnya Rachmawati. Namun, pada 26 Juni 2021 lalu, Rachmawati dikabarkan positif Covid-19 dan dilarikan ke rumah sakit.

"Pada 26 Juni diinfokan bahwa beliau positif Covid-19 dan di rawat di RS," kata Andre.

Andre juga menambahkan bahwa ia juga belum mengetahui penyebab meninggalnya putri Soekarno dan Fatmawati tersebut.

"Belum tahu kenapa," kata Andre kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

3 dari 7 halaman

2. Sempat Dirawat di ICU

Rachmawati Soekarnoputri menghembuskan napas terakhir di usia 70 tahun, Sabtu (3/7/2021). Sebelum meninggal dunia, Rachmawati sempat dirawat di ICU RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

"Innalillahi wa innailaihi rooji'uun.Telah meninggal dunia Ibu Rachmawati Soekarnoputri (70 thn). Pada pukul 06.15 di ICU RSPAD Gatot Soebroto," kata politisi Partai Gerindra Desmond Mahesa kepada wartawan, Sabtu.

"Semoga almarhumah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan," sambungnya.

4 dari 7 halaman

3. Punya Riwayat Asma

Kabar meninggalnya ibunda Didi Mahardhika ini belum diketahui penyebabnya. Namun sekretaris pribadi (Sespri) Rachamawati Soekarnoputri yakni Eko Suryo mengatakan bahwa atasannya itu mempunyai penyakit asma.

"Saya kurang tahu (karena) Covid-19 bukan, tapi beliau punya asma," katanya kepada Liputan6.com, Sabtu (3/7/2021).

5 dari 7 halaman

4. Keluarga Masih Membahas Rencana Pemakaman

Saat ditemui Liputan6.com, Sekretaris pribadi Rachmawati juga mengatakan bahwa pihak keluarga tengah membahas soal rencana pemakaman putri Bung Karno itu. Sampai saat ini keluarga belum memutuskan kapan dan di mana Rachmawati akan dikebumikan.

"Masih dibahas di keluarga Mas, saat ini jenazah masih di RSPAD," tutur Eko.    

6 dari 7 halaman

5. Dekat dengan Beberapa Selebriti

Tak hanya di lingkup politik, Rachmawati Soekarnoputri juga dekat dengan beberapa selebriti Tanah Air seperti Anjasmara, Ricky Harun dan Vanessa Angel yang pernah menjalin hubungan dengan anaknya yakni Didi Mahardhika.

Ayahanda aktor Anjasmara menikah dengan Rachmawati Soekarnoputri. Kedekatan terjalin manis antara Rachma dan anak sambungnya itu. Jejak rekam terlihat saat pemakaman Benny Soemarno, di TPU Karet Bivak, awal April 2018 lalu.

Sementara Donna Harun, ibu kandung pesinetron Ricky Harun pernah menikah dengan DJ Rommy, anak sulung Racmawati Soekarnoputri.  Diketahui Rommy adalah suami kedua Donna Harun. 

7 dari 7 halaman

6. Vanessa Angel Sampaikan Belasungkawa

Pernah dekat dengan anak Rachmawati Soekarnoputri yakni Didi Mahardhika, Vanessa Angel tentunya dekat dengan Rachmawati. Kabar meninggalnya politisi berusia 70 tahun ini tentunya menyisakan duka mendalam bagi Vanessa.

Melalui laman Instagramnya, Vanessa Angel turut belasungakawa atas berpulangnya ibunda Didi Mahardhika tersebut.