Sukses

14 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Jarang Diketahui, Bisa Tingkatkan Imun

Ada beberapa manfaat susu kambing etawa yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat susu kambing etawa sangat baik untuk kesehatan tubuh. Susu kambing ini diambil dari jenis kambing etawa yang merupakan hasil persilangan antara kambing lokal Indonesia dan kambing Jamnapari dari India.

Di dunia peternakan kambing, etawa sudah sangat terkenal dengan kualitasnya. Bahkan, jika dirawat dengan benar, kambing ini bisa dijual dengan harga sampai ratusan juta. Dengan begitu, susu kambing etawa ini mempunyai nutrisi yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Susu kambing etawa diketahui mempunyai kandungan selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, dan berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh.

Berbagai kandungan susu kambing etawa ini pun dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan, hinga gangguan kesehatan tulang, bahkan cocok untuk orang diet.

Untuk lebih rinci mengenai penjelasan manfaat susu kambing etawa, berikut ini ulasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Melancarkan Produksi ASI dan Tingkatkan Kecerdasan Anak

1. Melancarkan Produksi ASI

Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah melancarkan produksi ASI. Kandungan kalsium dalam susu kambing etawa mencapai 6 kali lipat lebih banyak dibanding susu sapi biasa, kandungan kalsium ini merupakan asupan yang sangat penting bagi ibu hamil dan sedang menyusui. Dalam masa pembentukkan janin kalsium sangat dibutuhkan, apalagi memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Selain itu, susu kambing etawa juga dipercaya dapat melancarkan produksi air susu ibu (ASI). Untuk ibu hamil atau sedang dalam proses menyusui, susu kambing etawa bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk ibu dan juga janin dalam kandungan.

2. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah meningkatkan kecerdasan anak. Selain baik untuk pembentukan tulang janin, susu kambing ternyata juga bisa membantu perkembangan kecerdasan dan daya ingat anak. Susu kambing etawa mengandung Riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B3 yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak serta saraf. Tak hanya untuk anak-anak, kandungan dalam susu kambing etawa ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan sel otak pada janin.

3 dari 8 halaman

Baik untuk Kesehatan Jantung dan Mengobati Penyakit Pernapasan

3. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Kalium dalam susu kambing etawa dapat menetralkan tensi darah, sehingga secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung. Jika sirkulasi darah lancar dan kesehatan jantung terjaga, niscaya tubuh dapat terhindar dari potensi terkena penyakit stroke.

4. Mengobati Penyakit Pernafasan

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah mengobati penyakit pernapasan. Dalam dunia pengobatan alternatif, susu kambing etawa dikenal dengan kemampuannya untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan seperti asma, tuberkulosis (TBC), bahkan flek paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan flourin dan betakasein dalam susu kambing etawa merupakan zat-zat yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.

4 dari 8 halaman

Tingkatkan Antibodi dan Membantu Merawat Kecantikan

5. Perawatan Kecantikan

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah membantu merawat kecantikan kulit. Susu kambing termasuk ke dalam bahan yang mudah diserap oleh kulit, sehingga banyak produk kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utamanya. Susu kambing etawa sangat kaya akan kandungan yang dapat menyehatkan kulit, seperti asam laktat untuk regenerasi kulit mati, vitamin C, vitamin B, niacin, dan thiamin.

6. Meningkatkan Antibodi

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah meningkatkan antibodi. Kandungan flourin tidak hanya dapat mengobati penyakit saluran pernafasan, ternyata zat ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Pada susu kambing etawa, kandungan flourinnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi bisa mencapai 10 kali lipatnya. Untuk kamu yang sedang dalam masa penyembuhan dan ingin mengembalikan kekebalan tubuh seperti sebelum jatuh sakit, susu kambing etawa bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

5 dari 8 halaman

Menyehatkan Lambung dan Cocok untuk Diet

7. Menyehatkan Lambung

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah menyehatkan lambung. Susu kambing etawa dapat menetralkan asam lambung dan mencegah datangnya penyakit maag dengan kandungan mineral alkaline di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, susu kambing ini dapat dicerna dengan mudah oleh lambung.

8. Cocok Untuk Diet

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah cocok untuk diet. Sebab baik untuk pencernaan, susu kambing etawa cocok dimasukkan ke dalam daftar makanan atau minuman yang bisa Anda konsumsi ketika sedang diet. Kandungan lemak dan proteinnya dapat dicerna lambung, serta membakar lemak dengan cepat. Selain itu, susu kambing etawa juga dapat memuaskan rasa lapar, sehingga dapat digunakan untuk “memenuhi” perut agar tidak sering-sering mengudap.

6 dari 8 halaman

Mencegah Stres dan Diabetes

9. Mencegah Stres

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah mencegah stres. Jika diminum dalam keadaan hangat, susu kambing etawa dapat menenangkan tubuh dan menghilangkan stres atau penat yang sedang dirasakan. Susu kambing etawa juga mengandung zinc dan magnesium yang dapat memperkuat jaringan saraf. Sehingga jika meminum susu ini secara rutin, Anda bisa terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan saraf. Dianjurkan untuk meminum susu ini setelah selesai makan, agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

10. Baik Untuk Mencegah dan Pengobatan Diabetes

Manfaat susu kambing etawa yang selanjutnya adalah mencegah atau mengobati diabetes. Susu ini mengandung A2-Betakasein dan asam amino esensial yang dapat membantu proses pembentukan insulin yang sangat berguna untuk orang yang mengidap diabetes. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, penderita diabetes disarankan untuk meminum susu kambing etawa yang murni dari peternakan tanpa pemanis buatan dan bahan tambahan lain.

7 dari 8 halaman

Tinggi Nutrisi dan Cegah Osteoporosis

11. Tinggi Nutrisi

Susu kambing etawa mengandung beberapa mineral yang bermanfaat untuk tubuh, seperti kalsium, magnesium, potasium, tembaga dan seng. Susu kambing juga mengandung vitamin A, B, C, D, dan beberapa jenis vitamin B, serta karbohidrat, protein, gula, sodium, dan lain-lain. Dari segi jumlah kandungan nutrisi, susu kambing lebih unggul jika dibandingkan dengan susu sapi. Beberapa penelitian menemukan nutrisi dalam susu kambing seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor, mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh. Karena kandungan mineral yang banyak ini, susu kambing dapat direkomendasikan sebagai pengobatan seperti pada demineralisasi tulang. Manfaat susu kambing etawa untuk memenuhi kebutuhan mineral tidak sampai di situ saja. Susu kambing juga dapat memenuhi kekurangan zat besi dan magnesium. Konsumsi rutin susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan zat besi.

12. Mencegah Osteoporosis dan Anemia

Susu kambing juga membantu mempercepat regenerasi hemoglobin, membuatnya sebagai cara yang aman dan alami untuk mengatasi osteoporosis dan anemia. Tingginya level seng dan selenium juga membantu mencegah penyakit neurodegeneratif. Hal ini disebabkan oleh penyerapan zat besi yang lebih baik, sehingga membantu pergantian tulang lebih cepat.

8 dari 8 halaman

Membantu Melawan Peradangan dan Kurangi Kolesterol pada Darah

13. Membantu Melawan Peradangan

Manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan adalah membantu melawan peradangan. Mikrobiota dalam susu kambing mampu menormalisasi mikrobiota dalam usus manusia, juga memicu respon imun dalam tubuh untuk melawan peradangan.

14. Mengurangi Kolesterol dalam Darah

Mekanisme penurunan kadar kolesterol dipengaruhi adanya kandungan MCT (Medium Chain Triglycride) dalam susu kambing etawa. Asam lemak rantai sedang atau MCT ini akan langsung dibawa aliran darah melalui pembuluh darah vena dan dibawa ke organ hati untuk dimetabolisasi. Di dalam hati asam lemak ini hanya diproses untuk menjadi energi, bukan disimpan dalam bentuk cadangan lemak dan tidak diubah menjadi kolesterol. Energi yang dihasilkan digunakan untuk pembakaran seluler seluruh tubuh dan mengaktifkan semua kelenjar endokrin dan menstimulus sintesis insulin oleh pankreas. Perbaikan insulin dan hormon tiroid akan menurunkan kolesterol darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini