Sukses

6 Potret Ratusan Kastil Kosong di 'Kota Hantu' Turki, Bak Negeri Dongeng

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar kata kastil yang ada dipikiran seseorang tentu bangunan yang megah di sebuah kerajaan. Bahkan kastil sendiri sering dikaitkan dengan sejarah atau pada film-film dongeng. Namun bukan hanya ada di negeri dongeng, terdapat banyak kastil-kastil indah nan megah yang dapat dijumpai di berbagai belahan dunia.

Tak terkecuali dengan kastil yang ada di Turki. Selain memiliki wisata yang memikat, di Turki juga terdapat kastil yang unik. Pasalnya bukan karena keunikan bangunan, namun seseorang dapat melihat sekitar 732 kastil berjejer layaknya sebuah perumahan. Anehnya lagi, ratusan kastil itu kosong tidak berpenghuni.

Kastil yang terletak di Mudurnu, wilayah barat laut Turki ini disebut Burj Al Babas. Rupanya kastil Burj Al Babas itu merupakan sebuah perumahan yang terbengkalai. Proyek perumahan kastil Burj Al Babas ini terlantar sehinggga membuatnya tampak seperti komplek di negeri dongeng berhantu. Selain beberapa di antaranya sudah mulai rusak, bangunan itu terlihat seperti 'kota hantu'.

Padahal awalnya, kastil tersebut akan dijual dengan harga sekitar 400 ribu hingga 500 ribu dolar Amerika, atau sekitar Rp 6 miliar hingga Rp 7 miliar. Berikut 6 potret kasti kosong di kota hantu Turki, dirangkum Liputan6.com dari Oddity Centarl, Selasa (6/7/2021).

2 dari 7 halaman

1. Nah ini dia penampakan 732 kastil berjejer layaknya sebuah perumahan di Turki.

3 dari 7 halaman

2. Rupanya kastil Burj Al Babas ini merupakan proyek perumahan yang terbengkalai.

4 dari 7 halaman

3. Alhasil ratusan kastil itu kosong tak berpenghuni, bak sebuah kota hantu di negeri dongeng.

5 dari 7 halaman

4. Beberapa bangunannya tampak rusak dan tak bisa digunakan.

6 dari 7 halaman

5. Meski demikian, bangunan kastil di Turki ini terlihat megah dan luas seperti dalam sebuah kerajaan.

7 dari 7 halaman

6. Seperti kota hantu, jalanan di kastil ini terlihat mencekam dan membuat yang lewat merinding.