Sukses

Cara Bayar Pajak Motor Tahunan Online Terbaru, Anti Ribet

Bayar pajak motor menjadi agenda tahunan para pemilik kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta Cara bayar pajak motor menjadi agenda tahunan para pemilik kendaraan roda dua. Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak provinsi yang dikelola Dalam pelaksanaannya, cara bayar pajak motor dilakukan di kantor samsat.

Pajak kendaraan bermotor ada dua jenis, yaitu pajak yang dibayarkan secara tahunan, dan lima tahunan. Cara bayar pajak motor ini berbeda tiap jenisnya. Cara bayar pajak motor bisa dilakukan di samsat induk, samsat pembantu, samsat keliling, sampai samsat online.

Di masa pandemi, cara bayar pajak motor secara online bisa jadi alternatif. Cara bayar pajak motor kini jauh lebih efektif berkat layanan onlinenya. Berikut cara bayar pajak motor online terbaru, dirangkum LIputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(6/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara bayar pajak motor tahunan online

Cara bayar pajak motor tahunan online adalah dengan layanan e-Samsat. Layanan ini bisa diakses di situs e-Samsat yang ada di setiap provinsi. Tiap provinsi memiliki layanah e-Samsatnya sendiri. Layanan ini tidak berlakuk untuk antar-provinsi. Layanan ini hanya melayani kota dalam provinsi tersebut saja. Berikut caranya:

1. Pertama, buka situs e-Samsat provinsimu.

2. Kota: Pilih kota kendaraan kamu. Apabila pelat motor kamu Jakarta, maka pilihlah Jakarta.

3. Samsat: Setiap kota biasanya memiliki beberapa kantor Samsat. Pilihlah kantor Samsat di mana kendaraan kamu dulu diurus.

4. Nomor Polisi: Masukkan nomor polisi kendaraan kamu (Nomor Pelat Motor).

5. Kode: Tulis ulang kode captcha yang ada di kotak.

6. Lalu klik ‘Cari’.

Kalau data yang kamu masukkan benar, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman baru berupa data kendaraan, jumlah pajak yang harus dibayar, dan denda.

Cek kembali data yang telah diisi. Apabila seluruh data sudah dirasa benar dan sesuai, selanjutnya akan ada pertanyaan seperti ‘Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?’. Kemudian, klik kalimat tersebut.

Memilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak

Selanjutnya, pilih kota tempat pengambilan nota pajak. Jadi, sebelum kamu membayar lewat internet banking, kamu harus mengisi form kembali.

Form ini nantinya akan digunakan sebagai bukti untuk pengambilan nota pajak yang diserahkan ke Samsat kota di mana kamu tinggal. Ada beberapa data yang harus kamu masukkan, seperti:

1. Kota: Masukkan kota di mana kamu ingin mengambil nota pajak.

2. Samsat: Pilihlah Samsat terdekat dengan tempat tinggal kamu.

3. Bank: Pilihlah Bank apa yang ingin kamu gunakan untuk melakukan pembayaran.

4. Layanan: Jika menggunakan layanan internet banking, maka pilihlah internet banking.

5. Kode Bayar: Untuk mendapatkan kode bayar, kamu hanya perlu mengklik ‘Pengajuan Kode Bayar’ yang terletak di sebelahnya. Apabila kode bayar sudah muncul, klik print.

6. Apabila sudah selesai nantinya kamu akan melihat kode bayar, jumlah uang yang wajib dibayarkan, dan alamat Samsat di mana nantinya sebagai tempat untuk mengambil nota pajaknya.

dak sah secara operasional.

3 dari 6 halaman

Cara bayar pajak motor tahunan online Jawa Tengah

Bagi warga Jawa Tengah, kamu dapat membayar pajak motor melalui aplikasi SAKPOLE. SAKPOLE e-SAMSAT JATENG merupakan aplikasi yang dikelola oleh PSI - BPPD Provinsi Jawa Tengah. Berikut cara bayar pajak motor tahunan online Jawa Tengah:

1. Pendaftaran Data Wajib Pajak

Buka Aplikasi dan pilih icon Pendaftaran. Masukkan Nomor Polisi, e-KTP, dan Nomor Rangka (5 digit terakhir), pilih Daftar. Keluar tampilan Data KBM, jika sesuai pilih lanjut

2. Pembuatan kode bayar

Keluar tampilan data ketetapan. Jika sesuai pilih DAPATKAN KODE BAYAR. Kamu akan mendapatkan kode bayar.

4. Pembayaran

Lakukan pembayaran dengan memakai kode bayar ke kantor Bank Jateng melalui Teller atau ATM Bank Jateng atau Bank Jateng e-Money Apps. (Lihat informasi Layanan Pembayaran)

5. Pengesahan

Bawa bukti pembayaran ke lokasi SAMSAT terdekat. Tukarkan dengan SKPD asli (Maksimal 14 hari kerja).

4 dari 6 halaman

Cara bayar pajak motor tahunan online Jawa Barat

Bagi kamu warga Jawa Barat, kamu bisa melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi E-Samsat Sambara. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play. Berikut cara bayar pajak motor tahunan online Jawa Barat:

1. Unduh aplikasi Sambara di Play Store.

2. Pada menu Sambara pilih Info PKB lalu isikan Nomor Polisi Kendaraan, klik Cari, dan akan tertera besaran pajak yang harus dibayarkan,

3. Selanjutnya klik Lanjut Daftar Online,

4. Isikan No. KTP Pemilik kendaraan dan 5 digit terakhir No. Rangka Kendaraan (No. Rangka bisa dilihat di lembar STNK),

5. Lalu klik Proses

6. Setelah mendapatkan Kode Bayar silahkan kunjungi ATM terdekat untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan.

7. Untuk daerah hukum Polda Jabar, bawa Struk Pembayaran beserta E-KTP Asli dan STNK Asli ke seluruh Sentra Layanan Samsat Provinsi Jawa Barat Daerah Hukum Polda Jabar (Kantor Bersama Samsat, Samsat Keliling, Samsat Outlet dan Samsat Gendong), untuk dilakukan pengesahan STNK dan mendapatkan SKKP, selambat-lambatnya dalam waktu 30 (tiga puluh) hari, apabila tidak dilakukan pengesahan STNK, kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.

8. Untuk daerah hukum Polda Metro Jaya (Bekasi, Depok, Cinere & Cikarang), bawa Bukti Pembayaran beserta E-KTP Asli, STNK Asli dan BPKB Asli/Fotocopy ke seluruh Sentra Layanan Samsat Provinsi Jawa Barat Daerah Hukum Polda Metro Jaya (Kantor Bersama Samsat, Samsat Keliling, Samsat Outlet dan Samsat Gendong), untuk dilakukan pengesahan STNK dan mendapatkan SKKP, selambat-lambatnya dalam waktu 30 (tiga puluh) hari, apabila tidak dilakukan pengesahan STNK, kendaraan dinyatakan ti

5 dari 6 halaman

Cara bayar pajak motor tahunan online Jawa Timur

Di Jawa Timur, kamu juga bisa membayar pajak tahunan secara online. Berikut cara bayar pajak motor tahunan online Jawa Timur:

1. Buka situs https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/.

2. Pilih kota/kabupaten di mana kendaraan terdaftar.

3. Masukkan nomor polisi kendaraan bermotor.

4. Masukan kode captcha.

5. Sistem kemudian akan memverifikasi. Setelah diverifikasi, akan ditampilkan besaran pembayaran PKB yang harus dibayar oleh WP berupa besaran PKB ( Pokok, denda, bunga, progresif ), SWDKLLJ ( pokok dan denda ) serta Parkir berlangganan.

6. Jika bersedia membayar, situs akan meminta identifikasi kepemilikan dengan memasukkan Nomor Rangka dan Nomor BPKB.

7. Pilih samsat untuk pengesahan.

8. Pilih bank tempat pembayaran.

9. Jika verifikasi cocok, situs akan menampilkan kota dan samsat tempat pengambilan bukti pajak.

10. Jika sudah memilih lokasi pengambilan bukti, pilih metode pembayaran. Pilihannya ada: ATM, Teller, SMS Baking, PPOB, Internet Banking, dan lainnya sesuai dengan bank.

11. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode bayar.

12. Kode bayar digunakan untuk membayar pajak motor.

13. Bukti pembayaran bisa dibawa ke samsat yang telah dipilih untuk mengambil bukti pajak motor. Jangan lupa untuk bawa BPKB, STNK dan KTP Asli maksimal 7 (tujuh) hari setelah pembayaran di channel Bank.

 

6 dari 6 halaman

Cara bayar pajak motor 5 tahunan

Membayar pajak motor 5 tahunan berbeda dengan saat kita membayar pajak motor tahunan. Cara bayar pajak motor 5 tahunan tidak bisa dilakukan secara online, melainkan hanya ,melalui samsat pusat tempat kendaraan bermotor terdaftar. Berikut caranya:

- Bawa motor ke tempat cek fisik untuk dicek oleh petugas. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan hasil pengecekan.

- Selanjutnya, kamu menyerahkan formulir perpanjangan STNK beserta persyaratan yang telah dipersiapkan dan hasil cek fisik sebelumnya. Tunggu sampai kamu mendengar panggilan dari petugas.

- Selesai melewati tahap legalisasi, pergi menuju loket perpanjangan STNK, dan ambil nomor antrean.

- Bayar pajak sesuai dengan biaya yang telah ditentukan.

- Setelah melakukan pembayaran pajak, kamu dapat menunggu proses pencetakan STNK baru.

- Kamu juga perlu menunggu untuk mendapatkan plat nomor baru.

Proses cara membayar pajak motor 5 tahunan ini tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan membayar pajak motor tahunan. Jadi persiapkan persyaratan dengan teliti dan pilih waktu yang tepat agar tidak mengganggu aktivitas lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.