Sukses

25 Wisata Wonosobo yang Paling Indah dan Memesona, Surga Kecil di Kota Bunga

Liputan6.com, Jakarta Wonosobo terkenal sebagai daerah yang memiliki hawa sejuk. Hal ini tidaklah mengherankan karena memang secara geografis sebagian besar wilayah Wonosobo merupakan area pegunungan.

Tipografi daerah Wonosobo dikelilingi oleh gunung-gunung di bagian timur, dataran tinggi di bagian utara dan waduk di bagian selatan. Jadi, tidak mengherankan jika Wonosobo kaya akan keindahan alam pegunungan yang eksotis.

Tempat wisata Wonosobo menyajikan destinasi menarik dan rekomended dengan pesona alam yang luar biasa. Tidak hanya Dieng saja, namun kota yang dijuluki kota bunga ini juga menyajikan tempat wisata menarik. Mulai dari gunung, air terjun, kebun teh, dan masih banyak yang lainnya.

Tak heran jika daerah yang memiliki buah carica sebagai komoditas khas ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong baik dari dalam provinsi, luar provinsi, bahkan hingga luar negeri. Berikut ini daftar wisata Wonosobo yang paling indah dan memesona yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (7/7/2021).

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Wonosobo yang Paling Indah dan Memesona

1. Agrowisata Tambi

Tempat wisata Wonosobo yang pertama adalah Agrowisata Tambi. Tambi adalah agrowisata kebun teh. Begitu sampai ke ladang teh, harum semerbak wanginya bakal memanjakan hidungmu. Belum lagi suhu udaranya yang berkisar sekitar 15 derajat Celcius bikin kamu betah di sana.

2. Waduk Wadaslintang

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah waduk Wadaslintang. Waduk ini terkenal sebagai bangunan waduk tinggi di Indonesia. Bahkan ketinggian bangunannya mencapai 125 meter. Kecantikan panorama alamnya sungguh sangat menggoda, apalagi bagi yang memiliki hobi memancing, Waduk Wadaslintang adalah surga.

3. Curug Winong

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah curug Winong. Lokasi Curug Winong ada di Desa Winongsari. Air terjun ini memiliki sebuah fitur spesial yaitu kamu bisa menuruninya dari atas karena bebatuan tertata secara alami, seperti jalan atau tangga menurun.

4. Telaga Warna

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah telaga Warna. Nikmati pesona dan spot yang ada untuk menemani perjalanan wisata kamu dan keluarga di akhir pekan. Alamat dari wisata alam Telaga Warna sendiri berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kamu bisa menikmati keindahan dengan berkunjung kapan saja, karena Wisata Telaga Warna buka setiap hari. Untuk operasionalnya sendiri, tempat piknik di Wonosobo satu ini buka dari jam 08.00 – 16.00 WIB.

5. Telaga Merdada

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Telaga Merdada. Telaga ini merupakan telaga terluas di kawasan Dieng, dikelilingi oleh Bukit Pangonan dan Sumurup. Air telaga ini terbentuk dari tampungan air hujan dan memiliki luas 25 hektar. Destinasi ini menyediakan wisata kayak. Berbeda dengan suasana tempat wisata lainnya. Telaga ini memiliki pantulan awan dan langit, suasana telaga yang berkabut, serta tiupan angin dingin yang menjadi ciri khas dataran tinggi Dieng menyebabkan pengunjung merasakan sensasi mendayung di atas awan. Hal inilah yang menjadi suguhan yang menarik keingintahuan wisatawan.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Wonosobo yang Paling Indah dan Memesona

6. Telaga Menjer

Tempat wisata Wonosobo selanjutnya yaitu Telaga Menjer. Sajian alam yang indah di obyek wisata satu ini akan memanjakan perjalanan liburan kamu dan keluarga. Dapatkan sensasi liburan impian kamu di Wonosobo bersama keluarga dengan menikmati spot wahana yang ada di Telaga Menjer. Untuk lokasi dari Telaga Menjer sendiri berada di Desa Menjer, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

7. Bukit Sikunir

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Bukit Sikunir. Daya tarik utama dari obyek wisata alam di Wonosobo satu ini yaitu Golden Sunrise Sikunirnya. Pemandangan yang menakjubkan dari puncak Bukit Sikunir akan menghipnotis siapa saja yang menikmatinya. Panorama pegunungan Jawa Tengah bisa kamu saksikan dengan spot menarik. Untuk lokasi dari wisata Bukit Sikunir beralamat di Desa Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo Jawa Tengah. Kamu bisa menikmati dan mengunjungi Bukit Sikunir Dieng kapan saja karena buka setiap hari selama 24 jam.

8. Bukit Siloreng Indah

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Bukit Siloreng Indah. Nikmati keindahan alamnya untuk liburan keluarga di Wonosobo Jawa Tengah. Alamat dari wisata alam Bukit Siloreng Indah berada di Desa Somogede, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo Jawa Tengah. Untuk operasionalnya Bukit Siloreng Indah buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

9. Gunung Sumbing

Para pecinta alam, hobi mendaki gunung, survival life maupun berpetualang. Kawasan Wonosobo yang notabennya adalah kawasan pegunungan. Menyajikan banyak destinasi wisata mendaki gunung, salah satunya yaitu pendakian Gunung Sumbing Jawa Tengah. Nikmati keindahan alam Indonesia yang mengagumkan dengan sajian gunung satu ini. Untuk alamat dari Gunung Sumbing sendiri berlokasi di Butuh Lor, Garung, Butuh, Kec. Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Rasakan sensasi perjalanan liburan yang lebih menyenangkan bersama teman maupun orang tercinta dengan sajian alam Gunung Sumbing Jawa Tengah.

10. Gunung Sindoro

Selain pendakian Gunung Sumbing, alam dan pegunungan indah di Wonosobo menyajikan wisata pendakian lainnya. Salah satunya yaitu Gunung Sindoro dengan pesona keindahannya. Hobi mendaki ataupun pecinta alam, jangan lewatkan explore Gunung Sindoro ketika berwisata di Wonosobo Jawa Tengah. Dapatkan sensasi perjalanan liburan anti mainstream dengan sajian alam yang luar biasa di Wonosobo.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Wonosobo yang Paling Indah dan Memesona

11. Gunung Prau

Keindahan dan pesona Gunung Prau memang tiada habisnya, menyajikan spot pendakian dengan keindahan alam luar biasa. Sunrise kece dan track yang tidak terlalu berat membuat Gunung satu ini menjadi primadona para pendaki. Gunung Prau rekomended untuk kamu explore saat hari libur tiba. Pendakian kamu tidak akan lengkap ketika belum menikmati keindahan dan spot wisata di gunung satu ini. Rasakan atmosfer liburan yang anti mainstream di Wonosobo dengan aktivitas mendaki gunung. Destinasi alam Gunung Prau berlokasi di Dieng, Kec. Kejajar, Kab.Wonosobo, Jawa Tengah.

12. Batu Ratapan Angin

Namanya memang unik. Seolah menggambarkan bahwa hembusan udara bisa menangis. Sayangnya, nama itu didapatkan justru dari rasa kagum terhadap pemandangan di bawahnya. Batu Ratapan Angin adalah tempat terbaik untuk melihat Telaga Pengilon dan Telaga Warna.

13. Air Terjun Sikarim

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah air terjun Sikarim. Air Terjun Sikarim menawarkan sajian alam mempesona dengan air jenih, udara sejuk dan pemandangan pegunungan hijau. Tempat wisata alam di Wonosobo satu ini rekomended untuk merelaksasi jiwa serta pikiran yang penuh kejenuhan. Ketinggian Air Terjun Curug Sikarim kurang lebih 30 meter. Untuk lokasi dari Air Terjun Sikarim sendiri beralamat di Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kamu bisa mengunjungi wisata Wonosobo satu ini menggunakan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4. Sedangkan untuk operasional wisatanya, wisata air terjun di Wonosobo satu ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Nikmati sajian spot dan keindahan air terjun indah di Wonosobo satu ini sepuas hati.

14. Kebun Teh Tanjungsari

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Kebun Teh Tanjungsari dengan hamparan hijau mendamaikan jiwa. Selain kebun teh yang indah, kamu dan keluarga juga bisa menikmati berbagai macam wahana dan permainan seru. Obyek wisata menarik Kebun Teh Tanjungsari berada di Desa Sedayu, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kamu bisa puas menikmati sajian kebun teh sepuas hati karena buka selama 24 jam. Sedangkan untuk taman rekreasi Tanjungsari buka mulai dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

15. Lubang Sewu Erorejo

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Lubang Sewu Erorejo.  Dapatkan perjalanan liburan anda yang menyenangkan dengan menikmati keindahan Lubang Sewu Erorejo. Lokasi dari obyek wisata terbaru satu ini berada di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Untuk operasional wisatanya sendiri Lubang sewu erorejo buka hanya di musim kemarau untuk mendapatkan keindahannya.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Wonosobo yang Paling Indah dan Memesona

16. Candi Dieng

Obyek wisata Candi Dieng menjadi obyek wisata di Wonosobo dan sekitarnya. Berada di kawasan wisata Dieng Plateau, destinasi Candi Arjuna beralamat di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Berlibur ke Dieng Jawa Tengah tak akan lengkap ketika kamu melewatkan kunjungan wisata ke kompleks Candi Arjuna. Obyek wisata keluarga Candi Dieng Wonosobo rekomended untuk liburan bersama anak dan keluarga ketika hari libur tiba. Untuk operasional wisatanya, Candi Dieng buka setiap hari mulai dari jam 07.30 – 17.00 WIB.

17. Gardu Pandang Tieng

Tempat wisata Wonosobo terbaru yaitu Gardu Pandang Tieng dengan sajian panorama alam mempesona. Nikmati pemandangan alam yang indah di obyek wisata Wonosobo satu ini. Sebagai rest area menuju ke Dieng, Gardu Pandang Tieng cocok untuk beristirahat sejenak menikmati sajian panorama mempesona. Tempat wisata Gardu Pandang ini berlokasi di Jl. Dieng, Desa Tieng, Kec. Kejajar, Kab.n Wonosobo, Jawa Tengah.

18. Paralayang Wonosobo

Menikmati alam Wonosobo bisa kamu nikmati lebih maksimal dan mempesona dengan sajian paralayang. Rasakan sensasi adrenalin terbang di atas bumi Wonosobo dengan menikmati wahana paralayang. Lokasi dari wisata Paralayang Wonosobo berada di Desa Lengkong, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk operasional wisatanya, kamu bisa reservasi kepada pengelola, karena tergantung cuaca. Jika cuaca sedang tidak mendukung, maka tidak ada aktivitas paralayang di Bukit Kekep Wonosobo.

19. Batu Angkruk Dieng

Menjadi obyek wisata alam terbaru dan viral di Wonosobo Jawa Tengah. Batu Angkruk Dieng menyajikan spot foto anti mainstream dengan background pegunungan mempesona. Dapatkan foto instagenic untuk kebutuhan media sosial maupun hanya sekedar mengabadikan momen berlibur di Dieng Wonosobo. Alamat dari wisata Batu Angkruk berada di Jl. Dieng, Rejosari – Tambi, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Wisata Batu Angkruk buka setiap hari mulai dari jam 06.00 – 17.00 WIB. Nikmati sensasi liburan yang tak terlupakan di Wonosobo bersama keluarga dengan sajian wisata satu ini.

20. Jembatan Merah Putih Dieng

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Jembatan Merah Putih Dieng. Jembatan ini memiliki panjang 26 meter dan berada di ketinggian 2093 mdpl. Objek wisata ini di bangun pada tahun 2016, sehingga masih terbilang baru. Akan tetapi jangan khawatir, karena meskipun baru, jembatan ini aman dan dapat dilalui oleh semua usia. Kamu tidak perlu takut menaiki jembatan ini, karena jembatan ini dilengkapi dengan alat pengaman berupa tali pengaman, helm, dan tim penyelamat. Saat kamu menaiki jembatan, maka akan disuguhi oleh pemandangan yang indah. Paduan Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan panorama indah pegunungan, menjadi sensasi tersendiri yang tidak akan kamu lupakan.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Wonosobo yang Paling Indah dan Memesona

21. Kolam Renang Kalianget

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Kolam Renang Kalianget. Rasakan keseruan berendam air panas di obyek wisata Kolam Renang Kalianget. Jiwa yang penat dan badan yang lelah akan hilang dengan menikmati spot wisata air panas di Kolam Renang Kalianget. Lokasi dari taman rekreasi Kalianget berada di Jl. Dieng km.3, Kalianget, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Buka setiap hari dari jam 07.30 – 16.00 WIB, anda bisa menikmati spot dan wahana di tempat wisata Wonosobo ini.

22. Dieng Plateau Theater

Tempat wisata anak dan keluarga di Wonosobo selanjutnya yaitu Dieng Plateau Theater dengan sajian film sejarah dan budaya. Berlibur di Dieng, jangan lewatkan sensasi berlibur di obyek wisata menarik satu ini. Destinasi wisata menarik di Wonosobo satu ini berlokasi di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Operasional wisata Bioskop Dieng satu ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 – 18.00 WIB.

23. Wahana Wisata Petak 9 Dieng

Kawasan ini terletak di Bukit Sidengkeng, yang merupakan sebuah bukit di area kawasan wisata Telaga Warna. Lokasi bukit yang strategis akan menampilkan pemandangan menakjubkan berupa panorama Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Selain panorama telaga, latar belakang pegunungan dan perbukitan menambah keindahan kawasan ini. Selain itu, pada kawasan ini terdapat rumah pohon yang dapat digunakan sebagai spot lokasi foto dengan latar belakang berupa pemandangan Telaga Warna. Jika kamu belum puas menjelajah dalam sehari, maka tidak perlu khawatir, karena kawasan ini menyediakan area camping dengan dikelilingi beberapa bunga endemik yang indah.

24. Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng menjadi bagian dari wisata Dieng Plateau yang menawarkan keindahan padang ilalang eksotis dan menawan. Meskipun belum banyak wisatawan yang familiar dengan tempat ini, tapi pastikan kamu menjadi saksi keindahan panorama savana yang menawan. Untuk bisa sampai ke padang savana, kamu harus melakukan pendakian. Sepanjang jalur tracking kamu akan dimanjakan dengan lanskap alami yang menakjubkan. Saat musim kemarau tiba, tempat ini akan memberikan nuansa padang rumput Afrika dengan udara yang tetap sejuk.

25. Arung Jeram Serayu

Tempat wisata Wonosobo yang selanjutnya adalah Arung Jeram Serayu. Arung Jeram Serayu menyajikan sensasi explore sungai serayu dengan spot menarik. Rasa penat dan bosan akan hilang seketika dengan sajian spot wisata alam Arung Jeram Serayu Wonosobo satu ini. Lokasi dari Arung Jeram Serayu berada di Randegan, Kecamatan Sigaluh, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.