Sukses

Aksi Sosial 6 Seleb Bantu Lawan COVID-19, Ada yang Buat Mobil Darurat untuk Pasien

Para selebriti ini kembali turun tangan dalam melawan COVID-19 ditengah meningginya kasus.

Liputan6.com, Jakarta Selama lebih dari satu tahun masyarakat Indonesia masih harus berjuang melawan pandemi COVID-19. Berbagai upaya saling membantu antar warga pun sering kali terlihat dari awal pandemi COVID-19 muncul di Indonesia.

Tak hanya itu saja, pemerintah juga terus menggaungkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Ditambah lagi dengan adanya aturan baru PPKM Darurat Jawa-Bali yang diberlakukan mengingat tingginya angka pertumbuhan kasus positif COVID-19. 

Adanya peningkatan kasus COVID-19 yang cukup signifikan membuat banyak orang termasuk para selebriti Tanah Air ikut turun tangan. Beberapa selebriti Tanah Air bahkan membuat gerakan khusus untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19 hingga para tenaga kesehatan. Berbagai aksi sosial pun dilakukan oleh para selebriti ini demi meringankan sedikit beban bagi masyarakat dan tenaga medis.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini deretan aksi sosial yang dilakukan selebriti Tanah Air untuk membantu melawan COVID-19, Kamis (8/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anisa Bahar

Melalui akun Instagram pribadinya, pedangdut Anisa Bahar ikut serta dalam aksi membantu lawan COVID-19. Dalam salah satu video yang diunggah oleh Anisa Bahar, ia mengungkapkan berniat melelang rumah pribadinya seharga Rp 4 Miliar. Hasil lelang rumah tersebut nantinya akan ia sumbangkan dan alokasikan kepada para warga yang tidak mampu dan terdampak COVID-19.

3 dari 7 halaman

2. Rachel Vennya

Bukan kali ini saja Rachel Vennya ikut serta dalam aksi membantu melawan COVID-19. Pada awal munculnya COVID-19 di Indonesia 2020 lalu, Rachel membuat gerakan untuk membuka donasi bagi masyarakat luas yang ingin membantu melawan COVID-19. Bahkan, donasi yang buat oleh Rachel berhasil mencapai lebih Rp 2,1 miliar untuk pembelian APD rumah sakit rujukan, hand sanitizer, masker hingga sarung tangan.

Kini, Rachel Vennya juga kembali ikut dalam gerakan warga bantu warga dengan kembali membuka donasi. Dalam Instagram Stories pribadinya, donasi yang terkumpul pun telah digunakan untuk membeli sekitar 25 tabung oksiger. Karena dalam beberapa waktu terakhir krisis langkanya tabung oksigen mulai bermunculan di berbagai daerah.

4 dari 7 halaman

3. Melanie Subono

Melanie Subono dikenal sangat aktif membuat berbagai gerakan sosial bagi yang membutuhkan. Bahkan melalui akun Instagram pribadinya, ia kerap kali mengunggah meminta bantuan kepada masyarakat ataupun kalangan artis untuk bantu menyalurkan bantuan bagi warga terdampak COVID-19.

Baru-baru ini ia juga mengunggah video di akun Instagram pribadinya meminta bantuan kepada public figure atau masyarakat umum untuk ikut serta memberikan donasi terutama bagi ibu hamil serta anak-anak yang ikut terdampak COVID-19. Unggahan Melanie Subono ini pun diapresiasi banyak warga, bahkan tak jarang pula Melanie Subono mengunggah perkembangan dari donasi yang diberikan.

5 dari 7 halaman

4. Rano Karno

Rano Karno ikut turun tangan dalam membantu para tenaga kesehatan untuk melawan COVID-19. Melalui akun Instagram pribadinya baru-baru ini pria yang juga akrab disapa sebagai Si Doel ini pun memilih untuk membantu tenaga kesehatan dengan memberikan 400 kotak makan siang. Tak hanya satu kali saja, akan tetapi Rano Karno juga kembali membagikan 500 kotak makan siang dari tempat usahanya kepada para tenaga medis di rumah sakit.

6 dari 7 halaman

5. Ananda Omesh

Aksi sosial yang dibuat oleh Ananda Omesh mencuri perhatian netizen. Pasalnya, melalui akun Instagram pribadinya ia memilih untuk mengubah salah satu mobil kesayangannya menjadi mobil darurat untuk mengangkut pasien COVID-19.

Hal ini dilakukan oleh Omesh setelah adanya unggahan dari salah satu netizen yang menanyakan akan adanya seseorang yang bersedia mengubah mobil pribadinya menjadi mobil ambulan darurat. Bahkan netizen tersebut siap menawarkan menjadi driver khusus.

Gerakan pembuatan mobil darurat yang dilakukan oleh Ananda Omesh ini pun dilakukan dengan sangat serius. Bahkan usai merombak mobil Mercedes Vito yang dimiliki, ia bersama beberapa temannya langsung memenuhi berbagai keperluan alat kesehatan. Ia juga membuka donasi bagi masyarakat yang ingin turut serta membantu.

7 dari 7 halaman

6. Maia Estianty

Maia Estianty bersama Cathy Sharon bahkan membuat gerakan Anak Bangsa Peduli pada awal masa COVID-19 untuk membantu para tenaga kesehatan di 230 rumah sakit. Bahkan tim dari Maia dan Cathy serta beberapa sahabatnya yang juga berkoordinasi dengan Tim Mitigasi IDI memilih untuk turun langsung ke lapangan dalam membagikan APD untuk tenaga kesehatan serta vaksinasi bagi Warga.

Ia pun membuka donasi bagi masyarakat yang ingin turun tangan dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini