Sukses

Komersial adalah Suatu Hal Terkait Perdagangan, Pahami Definisi dan Tujuannya

Liputan6.com, Jakarta Komersial adalah suatu yang memiliki nilai niaga atau jual-beli yang tinggi. Hal ini sangat erat kaitannya dengan perdagangan dalam sebuah bisnis kecil maupun skala besar.

Dalam konteks seni dan budaya sendiri, dikenal istilah seni komersial yang artinya adalah seni yang tujuan utamanya menghasilkan karya untuk dijual. Selain itu juga masih banyak usaha yang membawa kata komersial dibelakangnya, seperti iklan, barter, maupun siaran. 

Dengan kata lain, komersial adalah sesuatu yang memungkinkan seseorang untuk menarik keuntungan dari produk si pencipta. Dengan begitu ada banyak produk saat ini yang dikatakan sebagai komersial.

Untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai definisi komersial dan tujuannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/7/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Definisi Komersial

Komersial adalah suatu hal yang terkait dengan pembelian dan penjualan barang maupun jasa yang mencakup semua kegiatan serta hubungan industri perdagangan. Secara umum, pengertian komersial adalah sesuatu yang berhubungan dengan perdagangan, bernilai niaga tiggi sehingga terkadang mengorbankan nilai-nilai sosial dan budaya.

Komersial dapat juga diartikan segala sesuatu yang bernilai ekonomis atau memiliki nilai lebih sehingga dapat diambil keuntungan darinya, apapun barangnya itu yang berpotensi dibuat menjadi komersial.

Misalnya bangunan berupa rumah, dapat dibuat komersial dengan cara direnovasi dan kemudian disewakan atau dibuat menjadi rumah kos, sehingga menghasilkan keuntungan. Namun lain halnya jika rumah tersebut hanya digunakan untuk keperluan pribadi, maka rumah tersebut tidak bersifat komersial.

3 dari 5 halaman

Tujuan Komersial

Ada beberapa tujuan komersial yang bisa Anda pahami, diantaranya:

1.    Membagi sebuah informasi kepada masyarakat tentang suatu produk, barang, jasa, merek, dan perusahaan yang bergerak di bidang tertentu.

2.    Mempengaruhi orang lain atau membujuk orang lain agar mereka mau membeli barang atau jasa yang telah kita iklankan untuk mereka.

3.    Mendapatkan keuntungan.

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis Komersial

Dalam dunia bisnis, ada beberapa jenis-jenis komersial yang perlu Anda ketahui. Berikut ini jenis-jenis komersial adalah:

1. Iklan Komersial

Adalah iklan yang menyamaikan pesan kepada audiens terkait suatu produk atau jasa. Iklan ini berupaya mempengaruhi audiens agar tertarik dan membeli produk yang diiklankan. Iklan komersial adalah suatu  iklan yang yang dibuat untuk memasarkan atau menawarkan sebuah produk dan jasa dari perusahaan atau produsen. Contoh iklan komersial adalah air mineral, produk susu, produk mi instan, dan masih banyak yang lainnya.

2. Barter Komersial

Adalah sesuatu hal yang berkaitan tentang uang, barang, jas, maupun sukarela yang menghasilkan keuntungan. Contoh barter komersial adalah bank, mall, dan masih banyak yang lainnya.

3. Siaran Komersial

Adalah kegiatan jual-beli atau sesuatu hal yang mengambil keuntungan dari sebuah saluran siaran media penyiaran. Contoh siaran komersial adalah TV, Radio, da masih banyak yang lainnya.

4. Perangkat Lunak Komersial

Adalah perangkat lunak komputer yang dijual secara komersial di mana untuk menginstal dan menggunakannya harus membeli lisensinya terlebih dahulu, contohnya software keluaran Microsoft. Jika tidak maka akan dianggao telah melakukan pembajakan dan pelanggaran hak cipta. Kebalikannya ada juga perangkat lunak yang bersifat open source yang dapat digunakan tanpa perlu membelu lisensinya, contohnya sistem operasi linux.

5. Paper Komersial

Adalah suatu sekuritas pasar yang berupa surat promise yang tanpa jaminan atau unsecured debt yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan besar yang mana sifat komersial paper ini adalah short term atau jangka waktu pendek. Komersial paper biasa disebut dengan CP (Commercial Paper). Pada umumnya tingkat return atau imbal balik dari CP ini cukup rendah. Contoh komersial paper adalah deposito, cek, surat sanggup bayar, bank draft, dan masih banyak yang lainnya.

6. Bank Komersial

Adalah nama lain dari bank umum yang orientasinya adalah untuk mencari laba dan menyediakan berbagai jasa keuangan seperti pembuatan deposito, tabungan, pinjaman kredit usaha dan produk-produk investasi dasar lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara Kerja Pemasaran Komersial

Pemasaran komersial adalah upaya untuk mempromosikan dan menjual produk secara menguntungkan. Keuntungan merupakan antitesis dari pemasaran sosial, yang mana memiliki motif nirlaba dan berusaha untuk mendidik konsumen tentang masalah sosial kolektif.

Untuk mendapatkan keuntungan, perusahaan mempelajari kebutuhan, permintaan pasar, dan persaingan pasar melalui riset pasar. Kemudian, mereka mengembangkan serangkaian bauran pemasaran yang sesuai. Dengan begitu, perusahan dapat menciptakan produk yang tepat pada harga yang tepat dengan mempromosikannya secara tepat dan menjualnya pada lokasi dan waktu yang tepat.

Cara kerja pemasaran komersial melibatkan beragam aspek dan aktivitas yang berbeda. Berikut ini cara kerja dari pemasaran komersial agar mendapatkan keutungan yang berlipat, diantaranya:

1. Melakukan Riset Pasar

Dengan cara mengenali profil pelanggan, ukuran pasar, trend pasar, profitabilitas pasar, hingga struktur biaya industri.

2. Bauran Pemasaran

Empat komponen bauran pemasaran adalah produk, harga, promosi, dan tempat (place). Keempat komeponen ini harus diperhatikan dalam memberikan sebuah produk untuk audience.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.