Sukses

Jenis-Jenis Cat Rambut Beserta Teknik Pewarnaannya yang Perlu Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis cat rambut beserta teknik pewarnaannya perlu kamu pahami jika ingin mewarnai rambut. Hal ini disebabkan karena berbagai teknik pewarnaan rambut tersebut akan menghasilkan gaya warna rambut yang berbeda pula.

Tentunya jenis-jenis cat rambut ini tidak digunakan hanya dengan mewarnai rambut secara keseluruhan saja. Ada juga teknik pewarnaan yang mewarnai beberapa bagian rambut saja sehingga menghasilkan warna yang keren dan sesuai keinginan.

Jenis-jenis cat rambut beserta teknik pewarnaannya harus kamu pahami agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Tentunya kamu tidak ingin warna rambut yang akan kamu gunakan terlihat tidak bagus hanya karena teknik pewarnaannya yang salah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/7/2021) tentang jenis-jenis cat rambut.

2 dari 4 halaman

Teknik Pewarnaan Rambut

Cat Rambut Permanen

Jenis-jenis cat rambut yang pertama adalah teknik cat rambut permanen. Cat rambut permanen ini meresap ke dalam batang rambut dan bertahan secara permanen. Hal ini berkat kandungan amonia dan hidrogen peroksida yang berfungsi mengangkat pigmen asli rambut.

Car tambut permanen ini bisa bertahan hingga 6 bulan. Warna rambut permanen ini biasanya tersedia warna yang lebih terang sedikit ataupun lebih gelap sedikit, contohnya warna cokelat.

Cat Rambut Temporer

Jenis-jenis cat rambut selanjutnya merupakan teknik cat rambut temporer. Cat rambut yang semi permanen ini biasanya hanya melapisi batang rambut bagian luar saja, sehingga menyebabkannya lebih mudah luntur. Namun, di sisi lain, teknik cat rambut temporer ini lebih aman untuk kesehatan rambut.

Cat rambut temporer ini biasanya akan mulai pudar setelah 6 kali keramas. Biasanya jenis-jenis cat rambut temporer ini hanya mengandung hidrogen preoksida tanpa kandungan amonia. Bahannya juga biasanya hanya berbentuk cairan dalam botol spray atau serbuk

Bleaching

Bleaching adalah istilah yang paling populer di antara teknik pewarnaan rambut lainnya. Namun, banyak orang belum memahami konsep dari jenis-jenis cat rambut bleaching ini. 

Bleaching adalah proses menghilangkan pigmen warna asli rambut supaya zat warna baru mudah masuk ke rambut dan menghasilkan warna yang diinginkan.

Biasanya teknik bleaching ini dilakukan bila kamu memilih warna rambut terang. Tanpa proses bleaching, biasanya warna rambut yang dihasilkan akan lebih gelap dibandingkan warna pilihanmu.

Namun, kamu harus mempertimbangkan efek dari teknik bleaching ini, karena rambut yang awalnya halus dan lembut dapat mendadak menjadi kering dan kusam.

3 dari 4 halaman

Teknik Pewarnaan Rambut

Highlight

Highlight adalah teknik mewarnai rambut dengan pilihan warna yang lebih terang daripada warna asli rambut. Biasanya jenis-jenis cat rambut ini tidak diaplikasikan pada seluruh bagian rambut karena tujuannya hanya untuk memperlihatkan perbedaan tekstur rambut saja.

Warna cat rambut terang hanya digunakan pada bagian tertentu saja supaya rambut dengan potongan layer tampak lebih bervolume.

Balayage

Balayage atau baliage merupakan salah satu jenis-jenis cat rambut atau teknik pewarnaan yang cukup populer. Teknik pewarnaan rambut ini akan menghasilkan pewarnaan bernuansa emas pada sisi rambut yang terkena cahaya sehingga menghasilkan efek gradasi natural.

Biasanya, setiap helai rambut diberi zat pewarna keemasan dengan jari tangan, tanpa aluminium foil atau hair cap. Warna ini akan terlihat lebih alami daripada highlight.

Foiling

Sesuai dengan namanya, jenis-jenis cat rambut dengan teknik foiling menggunakan media aluminium foil untuk memisahkan rambut berdasarkan warna-warna yang diinginkan. Beberapa helai rambut akan dibungkus dengan aluminium foil supaya warnanya tidak saling bercampur satu sama lain.

Teknik pewarnaan Foiling ini merupakan bagian dari teknik highlight yang bertujuan mewarna rambut pada bagian-bagian tertentu saja.

4 dari 4 halaman

Teknik Pewarnaan Rambut

Ombre

Jenis-jenis cat rambut beserta tekniknya berikutnya adalah ombre yang juga cukup populer. Ombre adalah teknik memberikan sapuan warna pada rambut, biasanya perpaduan gelap dan terang, hingga terbentuk gradasi warna yang lembut. Biasanya, warna rambut yang lebih terang diberikan di bagian ujungnya.

Splashlight

Jenis-jenis cat rambut yang populer setelah ombre dikenal dengan sebutan splashlight. Teknik pewarnaan rambut ini menggunakan warna-warna bernuansa cerah seperti pink, biru, hijau, atau blonde yang ditempatkan di tengah-tengah rambut dengan posisi horizontal.

Jika kamu ingin mewarnai rambut dengan teknik ini, sebenarnya warna dasar rambut adalah cokelat muda supaya warna splashlight di bagian tengahnya tampak lebih hidup.

Money Piece

Money piece adalah teknik pewarnaan rambut yang cukup populer juga digunakan. Apalagi jenis-jenis cat rambut ini juga mudah dilakukan, karena pewarnaan biasanya hanya pada bagian depan rambut saja.

Pewarnaan rambut Money Piece ini biasanya menggunakan warna yang kontras dengan warna asli rambut kamu. Money piece identik dengan gaya rambut yang hanya diwarnai di bagian depannya saja, sisanya dibiarkan seperti warna alami rambut. Oleh karena itu, kamu bisa dengan mudah menerapkan cara mewarnai rambut Money Piece ini di rumah.