Sukses

5 Cara Membuat Bawang Goreng Gurih Serta Tips Supaya Renyah Tahan Lama

Rasa gurih dan manisnya menambah cita rasa pada makanan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat bawang goreng cukup sederhana. Bawang goreng sering menjadi pelengkap makanan seperti soto, sup, bubur ayam, atau nasi uduk. Rasa gurih dan manisnya menambah cita rasa pada makanan.

Tak jarang, bawang goreng menjadi camilan tersendiri. Ini membuat banyak orang ingin mencoba cara membuat bawang goreng sendiri. Terkadang saat mencoba cara membuat bawang goreng sendiri, bawang lebih mudah melempem atau rasanya kurang gurih.

Cara membuat bawang goreng memerlukan trik tersendiri agar renyah tahan lama. Kamu bisa mencoba cara membuat bawang goreng dengan tips sederhana ini. Dengan cara membuat bawang goreng, kamu tak perlu lagi memberi bawang goreng siap saji dan tentunya jadi lebih hemat.

Berikut cara membuat bawang goreng dan tipsnya supaya renyah tahan lama, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(8/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tips cara membuat bawang goreng renyah dan gurih

Tepung tapioka

Cara membuat bawang goreng renyah dan gurih yang pertama adalah dengan menambahkan tepung tapioka. Bawang merah yang diiris tipis direndam dalam air garam. Setelah itu, bawang merah ditiriskan dan ditaburi dengan tepung tapioka sampai tercampur rata. Panaskan minyak, goreng bawang dengan api sedang sampai kecokelatan. Bawang goreng renyah bisa disimpan dalam wadah bertutup rapat untuk stok di rumah.

Tepung maizena dan tepung beras

Selain tapioka, kamu juga bisa mencoba menambahkan bawang dengan tepung maizena dan tepung beras. Bawang merah yang sudah dicuci bersih diiris tipis. Sementara itu, siapkan tepung maizena dan tepung beras yang dicampur rata. Taburkan tepung ke bawang merah iris sampai merata. Siapkan wajan, panaskan minyak dengan api sedang. Goreng bawang sambil sesekali diaduk supaya matangnya merata. Angkat dan tiriskan.

Tepung maizena dan baking powder

Cara lain agar bawang goreng renyah dan gurih, kamu bisa menambahkan maizena dan baking powder. Bawang merah yang sudah diiris direndam dengan air garam selama sekitar 10 menit. Lalu, cuci bersih supaya getahnya hilang. Siapkan tepung maizena dan baking powder (rasionya bisa 1 sdm tepung maizena dan 1 sdt baking powder). Taburkan ke bawang merah sampai rata. Goreng dengan api sedang hingga tampak kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Cuka

Tak cuma tepung, kamu juga bisa menambahkan cuka agar bawang jadi lebih renyah dan gurih. Bawang yang sudah dicuci, diiris tipis. Lalu tuangkan cuka, aduk rata dan diamkan selama 5 menit. Untuk 500 gram bawang goreng, bisa menggunakan 4 sdm cuka. Setelah itu, bilas dan cuci hingga bersih. Goreng bawang dengan minyak sedang sampai kekuningan.

 

3 dari 8 halaman

Bawang Goreng Renyah

Bahan:

200 gr bawang merah/ secukupnya

1 sdt garam/ secukupnya

minyak goreng

Cara membuat bawang goreng renyah:

1. Kupas bawang merah, iris tipis dan rendam dengan garam dan sedikit air.

2. Remas-remas bawang agar airnya keluar, buang airnya. Tiriskan hingga kering.

3. Panaskan minyak secukupnya. Goreng bawang sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Goreng hingga kekuningan, angkat dan tiriskan. Jangan menunggu sampai kecokelatan karena mudah sekali gosong.

4. Alasi tisu dan tiriskan bawang goreng di atasnya. Setelah kering dari minyak dan dingin, siap disimpan di dalam toples agar tetap renyah.

4 dari 8 halaman

Bawang Goreng Kriuk

Bahan:

250 gram bawang merah

1/2 sdt garam

1/2 sdt baking powder

1 sdt tepung maizena

minyak goreng secukupnya

Cara membuat bawang goreng super kriuk:

1. Kupas bawang merah, iris tipis-tipis lalu cuci bersih agar getahnya hilang dan tiriskan.

2. Tuang baking powder, garam, dan maizena lalu aduk hingga rata.

3. Panaskan minyak dengan api yang kecil dan goreng hingga menguning.

4. Angkat dan tiriskan.

5 dari 8 halaman

Bawang Goreng Krispi

Bahan:

1 kg bawang merah

Garam halus secukupnya

Tepung beras secukupnya

Cara membuat bawang goreng krispi:

1. Sebaiknya rendam bawang pada air selama beberapa menit. Kemudian kupas hingga bersih. Setelah itu, cuci bersih dengan air mengalir dan tiriskan.

2. Untuk mendapatkan bawang goreng yang krispi, sebaiknya potong-potong bawang setipis mungkin.

3. Setelah bawang sudah terpotong semua dengan rata. Taburi bawang merah dengan garam secukupnya.

4. Taburi pula tepung beras secukupnya.

5. Goreng bawang pada minyak panas dengan api sedang.

6. Saat menggoreng bawang, sebaiknya aduk terus, supaya matang merata. Jika bawang goreng sudah berwarna kuning keemesan segera angkat dan tiriskan.

6 dari 8 halaman

Bawang Goreng Pedas

Bahan:

500 gram bawang merah

50 gram cabe (sesuai selera)

150 gram tepung terigu

Garam secukupnya

Air secukupnya

Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat bawang goreng pedas:

1. Kupas bawang merah, lalu potong halus. Rendam dalam air yang sudah dicampur garam. Diamkan selama 30 menit.

2. Tiriskan bawang merah, lalu campur dengan cabe yang dipotong halus. Angin-anginkan, lalu simpan dalam kulkas selama 30 menit.

3. Setelah itu, taburi bawang merah dengan tepung terigu. Aduk hingga merata.

4. Goreng dalam minyak yang panas dengan api kecil.

5. Bawang goreng pedas siap dinikmati.

7 dari 8 halaman

Bawang Putih Goreng

Bahan:

150 gram bawang putih

1/3 sendok teh garam

1/3 sendok teh baking soda

1/2 sendok teh tepung maizena

Cara membuat bawang putih goreng:

1. Kupas bawang putih, lalu iris tipis-tipis.

2. Campur bawang putih bersama garam, baking soda, dan tepung maizena.

3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, kemudian bawang dengan api kecil.

4. Angkat dari penggorengan jika bawang goreng hingga sudah menguning. Jangan tunggu sampai warna bawang goreng berubah kecoklatan.

 

8 dari 8 halaman

Tips menyimpan bawang goreng agar renyah tahan lama

Agar tidak cepat melempem atau lembek, penyimpanan bawang goreng harus dilakukan dengan benar. Berikut tips menyimpan bawang goreng agar renyah tahan lama:

- Saat membuat bawang goreng, usahakan agar menggunakan bawang yang berkualitas bagus. Iris bawang dengan ukuran serupa agar bawang goreng matang dan renyah merata.

- Setelah bawang goreng jadi, jangan langsung menyimpannya di toples atau wadah tertutup lainnya. Angin-anginkan sebentar bawang goreng dan pastikan agar bawang goreng telah dingin. Menyimpan bawang goreng saat masih panas akan membuat bawang goreng lebih mudah melempem.

- Saat bawang goreng telah dingin, simpan bawang goreng di plastik atau toples yang tertutup rapat. Beri alas kertas atau tisu dapur di bawah plastik dan toples agar bawang goreng tidak terlalu berminyak.

- Simpan bawang goreng di tempat yang kering dan bersih. Hindari menyimpan bawang goreng di tempat lembab dan basah.

- Hindari juga menyimpan bawang goreng di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan dekat dengan bahan makanan lain berbau menyengat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.