Sukses

90 Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari, Tentramkan Pikiran dan Hati

Liputan6.com, Jakarta Menjalani kehidupan sehari-hari nampaknya mudah bagi manusia yang tak memiliki masalah. Dari kata mutiara Islami tentang kehidupan sehari-hari, dikupas bagaimana seharusnya umat muslim menghadapi hari-hari yang menyulitkan baginya.

Perkara sabar, tabah, dan qanaah diungkap dengan untaian kata mutiara indah. Dalam kata mutiara Islami tentang kehidupan sehari-hari pun dijelaskan bagaimana ketenangan jiwa bisa didapatkan. Menerima rezeki, musibah, dan duka yang sudah digariskan oleh Allah SWT.

Kumpulan kata mutiara Islami tentang kehidupan sehari-hari cocok dijadikan penenang hati. Ungkapannya murni dari Al-Qur’an, hadits, hingga tokoh-tokoh Islam yang paling berpengaruh di dunia. Berikut Liputan6.com ulas kata mutiara Islami tentang kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber, Jumat (9/7/2021).

2 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari

1. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan, karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan."

2. "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup, jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

3. "Sabar bukan berarti bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban. Akan tetapi, sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu. Kemudian, serahkan sisanya pada Allah SWT."

4. "Sabar terhadap orang lain adalah cinta, sabar terhadap diri sendiri adalah harapan, dan sabar terhadap Allah SWT adalah keyakinan."

5. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Maka bersabar dan tenanglah dalam menghadapi masalah, karena sebentar lagi dia kan jernih."

6. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah, karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

7. "Sebuah masalah merupakan tamu yang tak diundang didalam kehidupan kita, dan kita harus perlakukan dia sebaik mungkin, maka kita juga akan diperlakukan dengan baik olehnya."

8. "Jangan menyerah! Allah sedang melatih kesabaranmu. Tetaplah bersyukur atas segala cobaan yang menimpamu. Jika kamu sedang diuji, itu berarti kamu sedang disempurnakan."

9. "Allah menguji setiap orang dengan ujian yang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tingkat kesabaran, toleransi, dan keimanan yang berbeda."

10. "Jika Allah membawamu ke dalam suatu kondisi (cobaan), Dia juga akan memberimu jalan untuk melaluinya."

11. "Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan." – (Q.S Al-Insyirah: 5)

12. "Dan sungguh akan Kami berikan ujian atau cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar." – (Q.S Al-Baqarah: 155)

13. "Dan sungguh Kami benar-benar akan menguji kalian agar Kami mengetahui siapa orang-orang yang bersungguh-sungguh dan bersabar di antara kalian." – (Q.S Muhammad: 31)

14. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." – (Q.S Al-Baqarah: 286)

15. "Dan kami jadikan sebagian kalian cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kalian bersabar?" – (Q.S Al-Furqan: 20)

3 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari

16. “Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai.”

17. “Ciri dari kelalaian manusia ialah ketika ia seringkali mengeluh ketika menerima ujian pun jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat yang luar biasa.”

18. “Dunia hanyalah satu tetes nikmat Allah di antara lautan nikmat-Nya. Jadi, apakah kamu puas hanya dengan memiliki dunia?”

19. "Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam kata, Kusimpan kasih-Mu dalam dada." - Jalaluddin Rumi

20. “Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi maka senangilah apa yang terjadi.” – Ali bin Abi Thalib

21. “Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk.” - Abu Bakar

22. “Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain.” - Jalaludin Rumi

23. “Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang.” –Ali bin Abi Thalib

24. “Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.” – Ali bin Abi Thalib

25. “Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar.” (Nabi Muhammad SAW)

26. “Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik.” - Ali bin Abi Thalib

27. “Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.” (Ali bin Abi Thalib)

28. “Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.” - Abu Hamid Al Ghazali

29. “Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.” – Ali bin Husein

30. “Saat masalahmu jadi terlalu berat untuk ditangani, beristirahatlah dan hitung berkah yang sudah kau dapatkan.”

4 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari

31. "Hubungkan semua urusan hanya pada Allah agar semua yang susah menjadi mudah; semua urusan berkah, berkah, berkah."

32. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

33. "Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah."

34. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." –Ali bin Abi Thalib.

35. "Jadikan pagi hari sebagai puncak semangat kerjamu. Malam hari sebagai puncak dari doa-doamu."

36. "Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja)." - QS. An-Naba: 11.

37. "Sebaik-baik pekerjaan ialah usahanya seseorang pekerja apabila ia berbuat sebaik-baiknya (profesional)." -HR. Ahmad.

38. "Jika benar kalian bertawakal pada Allah, Ia akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung yang pergi dalam keadaan lapar dan pulang dengan perut kenyang." - HR. Tirmidzi.

39. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

40. "Setiap napas baru yang Allah izinkan untuk kamu ambil bukan hanya berkah, tetapi juga tanggung jawab."

41. "Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih."

42. "Bersyukur atas segala nikmat Tuhan. Nikmat yang tampak pun nikmat yang tidak tampak. Nikmat lahir pun nikmat batin."

43. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." – QS. Ibrahim: 7

44. "Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

45. "Jalan terindah dari kehidupan adalah mensyukuri apa yang telah kita jalani setiap hari, tanpa ada penyesalan diri."

5 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari

46. Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya. - Abdullah Gymnastiar

47. Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang. –Ali bin Abi Thalib

48. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. – (Q.S At-Talaq: 4)

49. Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. HR. Ahmad

50. Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu. (HR Muslim)

51. Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan. (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)

52. Jangan sekali-kali merasa malu memberi walaupun sedikit, sebab tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilainya.

53. Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok. (HR. Ibnu Asakir)

54. Orang yang cerdas adalah orang yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian. (HR. Tirmidzi)

55. Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya.

56. Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam. (Abu Hamid Al Ghazali)

57. Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

58. Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. (Ali bin Abi Thalib)

59. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Al Insyirah 5)

60. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.

6 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari

61. "Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." – Aa Gym.

62. "Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang Kau benci." – Imam Ghazali.

63. "Takutlah kamu akan perbuatan dosa di saat sendirian, di saat inilah saksimu adalah juga hakimmu." - Ali bin Abi Tholib.

64. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

65. "Keadaan yang paling aku senangi setelah berjihad di jalan Allah adalah maut datang menjemputku ketika aku sedang mencari karunia Allah (bekerja)." - HR. Sa’id bin Manshur.

66. "Sebaik-baik pekerjaan ialah usahanya seseorang pekerja apabila ia berbuat sebaik-baiknya (profesional)." -HR. Ahmad.

67. "Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan, maka kita akan menjadi penghuni neraka." -Abu Hamid Al Ghazali.

68. "Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan." –Hasan Al-Bashri.

69. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." –Ali bin Abi Thalib.

70. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." -Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

71. Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.

72. Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah.

73. Allah tahu apa yang terbaik buat kamu dan kapan waktu yang tepat untuk kamu memilikinya.

74. Keimanan membuat seseorang cinta dengan kematian. Kekufuran membuat seseorang takut terhadapnya.

75. "Jangan biarkan cintamu menjadi keterikatan atau kebencianmu menjadi kehancuran." - Umar bin Khattab

7 dari 7 halaman

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari

76. Ikhlas adalah kunci mendapatkan banyak harta di dunia dan di surga.

77. Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian.

78. Pemberian yang tidak diberikan dengan ikhlas hanya akan menyumbat saluran rezeki.

79. Jika hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu.

80. Hati yang ikhlas menuntun dunia dan akherat bergerak membantumu.

81. Tidak ada cara menjadi ikhlas kecuali dengan selalu mendekatkan diri pada Allah.

82. Harta duniawi jika tidak dipandu oleh agama akan membuatmu kehilangan arah.

83. Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya.

84. Seseorang takkan pernah kehabisan rezeki asalkan ia mau mencarinya dengan niat baik dan sungguh-sungguh.

85. Bersihkanlah hartamu dengan zakat dan sedekah agar kelak tidak menjadi penghalang bagimu.

86. Rezeki Allah datang pada siapa saja yang mencarinya dengan niat mencari rezeki halal.

87. Pintakan harta yang halal bagimu agar hidupmu berkah.

88. Hati yang serakah tidak akan pernah merasa puas mengumpulkan harta sebanyak apapun itu.

89. Allah senang dengan manusia yang mengusahakan rezeki halal, meski di sekitarnya banyak harta tidak halal bergelimpangan.

90. Harta yang tidak berkah ibarat minum air laut, jika diminum takkan pernah mengobati rasa hausmu.