Sukses

18 Jenis-Jenis Ikan Ternak untuk Konsumsi, dari Air Tawar, Asin, sampai Payau

Ikan ternak merupakan ikan yang bisa dibudidayakan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis ikan ternak merupakan ikan yang bisa dibudidayakan. Budidaya ikan atau pisciculture melibatkan pengembangbiakan ikan komersial. Biasanya jenis-jenis ikan ternak dibudidayakan untuk dimakan.

Budidaya ikan adalah bentuk budidaya di mana ikan dibesarkan di suatu tempat untuk dijual sebagai makanan. Jenis-jenis ikan ternak bisa berupa ikan air tawar, asin, atau payau. Jenis-jenis ikan ternak ini dibudidayakan di keramba, kolam, atau tambak. Lokasi budidaya tergantung dari jenis-jenis ikan ternak itu sendiri.

Jenis-jenis ikan ternak yang dikembangkan akan membangun kembali populasi spesies di habitat air tawar, asin, atau payau. Berikut jenis-jenis ikan ternak yang biasa dibudidayakan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(8/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jenis-jenis ikan ternak: air tawar

Nila

Ikan nila termasuk jenis-jenis ikan ternak air tawar yang sering dikonsumsi. Ikan nila menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di sungai dan danau. Selain dijual dalam keadaan segar, daging ikan nila sering dijadikan filet.

Gurame

Gurame atau Osphronemus goramy merupakan jenis ikan air tawar yang populer sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan ini juga sering menjadi peliharaan di kolam atau akuarium. Dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih.

Gabus

Ikan gabus merupakan ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini juga banyak dibudidayakan untuk kepentingan komersial. Ikan gabus yang dibesarkan dari ukuran 5-7 cm dalam waktu 5-6 bulan akan menghasilkan ukuran panen 5 ekor/kg

3 dari 7 halaman

Jenis-jenis ikan ternak: air tawar

Patin

Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis yang termasuk dalam genus Pangasius. Versi ikan fillet dari patin sering disalah artikan sebagai ikan dori. Ikan patin dianggap sebagai pilihan pengganti ikan dori yang lebih ekonomis dan mudah dijangkau. Ikan ini mudah didapat di pasaran dengan kisaran harga puluhan ribu rupiah per kilogramnya.

Mas

Ikan mas atau Ikan karper adalah ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis sehingga sering dibudidayakan. Jenis-jenis ikan ternak ini populer sebagai ikan peliharaan sekaligus ikan konsumsi. Saat ini, banyak sekali jenis ikan mas yang beredar di kalangan peternak, baik jenis yang berkualitas tidak terlalu tinggi hingga jenis unggul. Setiap daerah memiliki jenis ikan mas favorit, misalnya di Jawa Barat, ikan mas yang paling digemari adalah jenis "ikan mas majalaya".

Lele

Lele termasuk jenis ikan air tawar yang paling sering ditemukan. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya. Budidaya lele bahkan banyak dilakukan di rumah dengan kolam atau drum kecil.

4 dari 7 halaman

Jenis-jenis ikan ternak: air asin

Tongkol

Tongkol adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Tongkol biasanya menjadi jenis ikan tangkapan nelayan. Tapi ikan ini juga bisa dibudidayakan di pesisir pantai. Tongkol dijual dalam bentuk ikan segar, ikan beku, dan dikalengkan.

Cakalang

Cakalang atau skipjack tuna merupakan jenis ikan laut yang bisa diternakkan. Budidaya cakalang bisa dilakukan di keramba apung sekitar laut. Cakalang dibudidayakan sebagai salah satu sumber bagi masyarakat pesisir Indonesia.

Tuna

TUna termasuk salah satu jenis ikan ternak air asin yang populer di seluruh dunia. Tuna merupakan salah satu komoditas ikan tertinggi di sektor perikanan. Budidaya tuna bisa menggunakan keramba jaring apung di lepas pantai dengan kedalaman mencapai 15 hingga 30 meter.

5 dari 7 halaman

Jenis-jenis ikan ternak: air asin

Kembung

Ikan kembung merupakan jenis ikan ternak air asin dengan ukuran kecil. Ikan yang masih berkerabat dengan tenggiri, tongkol, dan tuna ini memiliki nilai ekonomis menengah. Ikan kembung yang masih kecil juga sering digunakan sebagai umpan hidup untuk memancing cakalang.

Sarden

Sarden termasuk jenis ikan air asin yang paling banyak dikomersialkan. Ikan ini kerap dijual dalam bentuk kaleng. Sarden ternyata juga bisa dibudidayakan.

Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. Budidaya ikan ini juga cukup banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan olahan lainnya.

6 dari 7 halaman

Jenis-jenis ikan ternak: air payau

Bandeng

Sebagai ikan air payau, bandeng banyak disukai karena rasanya yang netral dan cenderung gurih. Bandeng bisa hidup di laut lalu berpindah ke rawa air payau. Ini membuat ikan ini banyak dibudidayakan di keramba atau tambak dekat laut.

Mujair

Mujair merupakan ikan asli perairan air tawar dan air payau di wilayah tenggara Afrika. Di Indonesia, ikan ini pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Ikan ini merupakan ikan yang mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi lingkungan. Mujair dapat hidup di semua jenis ekosistem perairan tawar, serta daerah pesisir laut.

Bawal

Ikan bawal atau Pomfret termasuk jenis ikan predator yang bisa dibudidayakan di air payau. Habitat asli ikan bawal air tawar hidup di perairan tawar, seperti danau, waduk, sungai, rawa. Ikan ini dapat hidup dan berkembang biak di air payau.

7 dari 7 halaman

Jenis-jenis ikan ternak: air laut

Kerapu

Ikan kerapu adalah salah satu komoditas ekspor di Indonesia. Jenis-jenis ikan ternak ini merupakan bagian dari budidaya ikan air payau. Kerapu banyak ditemukan di Sumatera, Jawa, Pulau Buru dan Ambon. Meski tergolong ikan air payau, kerapu dikenal senang hidup di karang. Karena itu, kerapu lebih banyak dijumpai di perairan dangkal dan dengan jumlah karang yang sangat luas.

Kakap putih

Ikan yang bisa dibudidayakan di air payau selanjutnya adalah kakap putih. Jenis ikan ini tersebar luas di wilayah Hindia-Pasifik Barat mulai dari Asia Tenggara sampai Papua New guninea dan Australia Utara. Kakap putih merupakan ikan demersal (menghuni dasar sungai/laut) dimana ikan ini bisa ditemukan di perairan pesisir, muara sungai, laguna dan sungai, baik di perairan bersih maupun keruh, biasanya dalam rentang suhu 26−30 °C.

Belanak

Belanak adalah sejenis ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Ikan ini kerap dibudidayakan di air payau. Belanak juga dapat dipelihara bersama dengan ikan bandeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.