Sukses

Cara Investasi Emas bagi Pemula, Pasti Aman dan Menguntungkan

Emas adalah bentuk investasi jangka panjang maka jangan terburu-buru untuk keberhasilan cara investasi emas bagi pemula.

Liputan6.com, Jakarta Cara investasi emas bagi pemula bisa dilakukan dengan sistem online dan konvensional di pegadaian. Mengenai cara investasi emas online merupakan instrumen investasi baru di bidang teknologi yang memudahkan anak muda memikirkan pensiun keuangan lebih dini.

Sementara cara investasi emas konvensional di pegadaian dapat dilakukan dengan banyak jalan. Layanan di pegadaian jauh lebih banyak, mulai dari menabung, arisan, hingga cicilan bisa dijadikan pilihan cara investasi emas bagi pemula.

Meski demikian, cara investasi emas bagi pemula untuk fisik maupun digital sama-sama aman dan pasti memberikan keuntungan. Satu hal yang perlu dipahami bahwa emas adalah bentuk investasi jangka panjang maka jangan terburu-buru untuk keberhasilan cara investasi emas bagi pemula.

Berikut Liputan6.com ulas cara investasi emas online dan pegadaian bagi pemula dari berbagai sumber, Sabtu (10/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Investasi Emas Online bagi Pemula

1. Cara Investasi Emas dengan Memperhatikan Tujuan

Ingin keuntungan cepat dan besar dalam waktu singkat? Bila tujuan investasi emas seperti itu maka kamu salah. Cara investasi emas online bagi pemula adalah mulai pahami emas tergolong investasi jangka menengah dan panjang. Setiap hari harganya memang bisa meningkat, tapi nilainya tidak signifikan, terlebih bila investasi emas kamu masih tergolong kecil.

Bila ingin melindungi nilai kekayaan kamu dan berinvestasi dalam waktu yang relatif lama, maka cara investasi emas online bagi pemula jadi pilihan terbaik. Instrumen ini tahan terhadap gejolak inflasi dan memberikan keuntungan besar seiring waktu yang berlalu.

2. Cara Investasi Emas dengan Selalu Memantau Harga

Emas online atau digital bisa dibeli kapanpun dan di manapun kamu berada, selama ponsel kamu terhubung ke internet. Tidak ada batasan jam operasional. Meskipun mudah, cara investasi emas online bagi pemula tetap harus memantau harga emas karena memang nilainya juga bisa fluktuatif.

Belilah emas saat di harga yang rendah dan menjualnya saat harga naik. Cara investasi emas online bagi pemula, jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat kamu malah jadi merugi. Pastikan untuk meluangkan waktu melihat perkembangan harga emas. Sebab bila salah dalam memilih momentum beli dan jual, risiko investasi menjadi tanggung jawab investor.

3. Cara Investasi Emas dengan Membandingkan Harga

Tidak berhenti di pantau harga emas, cara investasi emas online bagi pemula juga perlu membandingkan emas dari platform satu dengan platform yang lain. Bila begitu cara investasi emas online bagi pemula akan memiliki pertimbangan, pas tidaknya membeli emas atau menjual sehingga bisa mendapatkan harga terbaik.

3 dari 6 halaman

Cara Investasi Emas Online bagi Pemula

4. Cara Investasi Emas dengan Tidak Buru-Buru

Dalam cara investasi emas online bagi pemula diperlukan kesabaran dan kejelian, tidak harus buru-buru beli atau bahkan jual emas dalam jumlah banyak sekaligus. Ingat, cara investasi emas online bagi pemula tergolong investasi jangka menengah dan panjang, bila ingin dapat untung besar, maka jangan berpikir untuk jual langsung banyak. Bila telah melakukan riset dan harganya sesuai, mungkin kamu baru bisa putuskan untuk beli atau jual banyak.

5. Cara Investasi Emas dengan Memilih Tempat yang Tepat

Banyak platform penyedia investasi emas dan tabungan emas digital, maka dari itu cara investasi emas online bagi pemula jangan sampai salah memilih tempat investasi. Perhatikan betul perusahaan yang menjalankan platform investasi dan track recordnya. Hal ini membuat cara investasi emas online bagi pemula, maka kamu perlu memastikan keamanan dan sejauh mana jaminan atau garansi investasi kamu.

4 dari 6 halaman

Cara Investasi Emas di Pegadaian bagi Pemula

1. Cara Investasi Emas dengan Menabung

Tabungan emas merupakan produk yang dikeluarkan Pegadaian untuk investasi emas dengan mudah. Cara investasi emas di Pegadaian mirip seperti menabung di bank. Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Dari cara investasi emas di pegadaian bagi pemula, kamu bisa menyetorkan uang yang akan dikonversi ke dalam bentuk gram emas. Kamu bisa mulai setoran awal mulai dari 0,01 Gram atau Rp 50.000,- Biaya administrasi tabungan ini juga cukup ringan. Kamu hanya dibebankan Rp 30.000,- per tahun untuk biaya penitipan emas.

Syarat membuka tabungan emas Pegadaian juga tak rumit. Kamu cukup menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku, mengisi formulir, dan membayar transaksi tabungan. Pembukaan dan transaksi tabungan juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi digital yang disediakan Pegadaian.

2. Cara Investasi Emas dengan Emasku

Emasku merupakan produk investasi emas Pegadaian lainnya yang juga perlu dipertimbangkan. Layanan Emasku merupakan cara investasi emas di pegadaian bagi pemula yang memberikan kemudahan investasi dengan sistem angsuran sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi jiwa.

Kamu bisa mulai cara investasi emas di pegadaian bagi pemula dalam produk ini mulai dari nominal Rp 150.000. Dengan menyertakan fotokopi KTP atau identitas diri yang masih berlaku serta memiliki paket layanan, kamu akan memperoleh emas murni 24 karat bersertifikat mulai dari berat 1 sampai dengan 25 gram. Nantinya emas bisa diangsur selama 12 kali dan pembayaran angsurannya bisa melalui Pegadaian atau bank.

Selain itu, produk cara investasi emas di pegadaian bagi pemula dengan Emasku juga memberikan keuntungan tambahan berupa perlindungan asurasni kecelakaan diri, meninggal dunia, dan cacat tetap karena kecelakaan. Nantinya nasabah bisa memperoleh biaya pertanggungan sampai dengan Rp 30.000.000 serta polis berbentuk voucher yang dapat diaktivasi melalui SMS.

3. Cara Investasi Emas dengan Konsinyasi Emas

Konsinyasi Emas adalah layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian. Cara investasi emas di pegadaian bagi pemula akan lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada nasabah, ini membuat emas yang dimiliki lebih produktif.

Sebagai contoh, cara investasi emas di pegadaian bagi pemula jika menitipkan emas di Pegadaian lewat layanan Konsinyasi Emas, maka emas akan dijual kembali oleh pihak Pegadaian untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lain.

Kemudian, jika dari penjualan tersebut ada keuntungan yang didapat, maka keuntungan tadi akan diperuntukkan bagi nasabah. Lalu, emas akan diganti oleh pihak Pegadaian dengan kadar dan berat yang sama. Sehingga, emas tetap utuh seperti sedia kala.

5 dari 6 halaman

Cara Investasi Emas di Pegadaian bagi Pemula

4. Cara Investasi Emas dengan Membeli Tunai

Cara investasi emas di Pegadaian selanjutnya adalah membeli langsung emas. Kamu bisa membeli emas batangan secara tunai melalui program Mulia Emas yang dimiliki pegadaian. MULIA adalah cara investasi emas di pegadaian bagi pemula dengan layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.

Emas yang dimiliki Pegadaian pastinya akan lebih terjamin dan terpercaya. Kamu bisa cara investasi emas di pegadaian bagi pemula dengan datang langsung untuk membeli emas secara tunai. Emas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari berat 5 gram hingga 1 kilogram.

5. Cara Investasi Emas dengan Mencicil

Selain membeli tunai, cara investasi emas di Pegadaian lainnnya adalah dengan mencicilnya. Jangka waktu angsuran bisa dipilih mulai dari 3 bulan sampai dengan 36 bulan. Sebelumnya kamu harus membayar uang muka (DP) yang besarannya antara 10-90 persen dari nilai emas.

Bila sudah menentukan semua itu dan cicilan dilunasi, cara investasi emas di pegadaian bagi pemula bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan. Untuk pelunasan dipercepat, kamu akan mendapatkan diskon margin dan emas bisa langsung diterima setelah melakukan konfirmasi.

6 dari 6 halaman

Cara Investasi Emas di Pegadaian bagi Pemula

6. Cara Investasi Emas dengan Arisan

Arisan emas merupakan salah satu program Mulia Emas yang dimiliki Pegadaian. Cara investasi emas di Pegadaian ini berkonsep seperti arisan. Dalam program ini akan dilakukan pengundian setiap bulan untuk mendapat satu keping emas. Adapun pemesanan dalam satu kali undian minimal sebesar 1 gram dan maksimal tak terbatas.

Selain itu, cara investasi emas di pegadaian bagi pemula ini tidak perlu khawatir mengenai fluktuatifnya harga karena Pegadaian menerapkan harga flat, sehingga naik atau turunnya harga emas tidak akan memengaruhi harga emas di program ini karena tidak akan berubah sejak awal perjanjian.

Untuk Mulia Arisan, syaratnya kamu wajib memiliki perangkat identitas yang berlaku untuk masing-masing anggota. Nantinya, pembayaran uang muka bisa dimulai dari 10%.

7. Cara Investasi Emas dengan Menitip

Pegadaian membuka layanan jasa penitipan emas bagi masyarakat. Jika kamu memiliki emas, cara investasi emas di pegadaian bagi pemula kamu bisa menitipkannya agar lebih aman. Emas yang kamu simpan di Pegadaian diasuransikan, jadi kamu tidak perlu khawatir emasmu akan hilang.

Adapun biaya cara investasi emas di pegadaian bagi pemula dengan jasa penitipan emas di Pegadaian cukup terjangkau, hanya Rp 20.000 per 100 gram tiap bulan. Kamu cukup datang langsung ke outlet Pegadaian membawa emas yang ingin dititipkan.

8. Cara Investasi Emas dengan Menggadai

Cara investasi emas di Pegadaian yang terakhir adalah gadai emas. Sebagai penyedia jasa gadai, Pegadaian menerima penggadaian emas dari masyarakat. Adapun nilai peminjaman yang bisa kamu dapatkan dari gadai emas ini sebesar 85% dari harga emas.

Penitipan emas sebagai cara investasi emas di pegadaian bagi pemula bisa dilakukan selama empat bulan, namun dapat diperpanjang dengan tambahan biaya sewa. Biaya gadai dihitung per 10 hari masa pinjaman di Pegadaian syariah, sedangkan Pegadaian konvensional per 15 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.